Patut Diapresiasi! SMP Karang Arum Melaksanakan Ujian Sekolah (US) Secara Online dengan CBT -->
Cari Berita

Advertisement

Patut Diapresiasi! SMP Karang Arum Melaksanakan Ujian Sekolah (US) Secara Online dengan CBT

Monday, April 13, 2020


Cilengkrang, BIbisnis.com – Di tengah wabah Covid-19 atau Corona, SMP Karang Arum yang terletak di Desa Jatiendah, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung ini telah melaksanakan Ujian Sekolah (US) secara online yang dimulai Senin tadi (13/04/2020). 

Pelaksanaan US ini tentu saja sebagai wujud melaksanakan penilaian hasil belajar yang selama ini telah dilaksanakan, namun terkendala wabah. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa UNBK dibatalkan, namun pelaksaan US tetap dilaksanakan. US pun mengalami penundaan jadwal menyesuaikan dengan edaran yang diberikan oleh dinas Pendidikan.



Pelaksanaan US di SMP Karang Arum dimulai pukul 8.00 dan selesai pukul 11.30 untuk 2 mata pelajaran yaitu Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Indonesia.

Menurut kepala sekolah Ibu Ati Novianti Fatonah, “sebenarnya pembuatan soal US jauh hari sebelumnya telah selesai dilaksanakan. Karena memang kami awalnya juga akan mengunakan android. Jadi, saat ada wabah Corona dan pembelajaran harus menggunakan metode jarak jauh, sekolah kami sudah siap 100%. Pelaksanaan US ini sebenarnya tidak ada permasalahan bagi siswa kami. Bahkan, siswa kami sejak awal semester sudah melaksanakan simulasi, sehingga siswa kami memang sudah terbiasa menggunakan aplikasi. Hanya jadwalnya saja yang dimundurkan mengikuti arahan dari dinas,” tuturnya.

Ditanya jenis aplikasi apa yang digunakan untuk US online, Ivan Masdudin selaku operator di sekolah tersebut menjelaskan bahwa mereka menggunakan hosting mandiri, sehingga dapat diakses dari berbagai perangkat dan dapat diakses dimanapun sepanjang ada jaringan internet.

“Kami telah melakukan ujicoba berbagai perangkat, dan akhirnya pilihannya adalah dengan menggunakan hosting mandiri dengan aplikasi CBT di halaman www.ujian.smpkarangarum.com, sehingga siswa dapat diakses dimana saja dengan berbagai perangkat seperti andoid, tablet, netbook, laptop, ataupun komputer. Ini menjadi kelebihan tersendiri karena selain hemat biaya, dari segi kemampuan lebih power full jika dibandingkan dengan menggunakan edubox dan sejenisnya”.

Bersamaan dengan US yang dilaksanakan oleh kelas 9, adik kelasnya yakni kelas 7 dan 8 melaksanakan pembelajaran dengan mengikuti jadwal yang dikeluarkan oleh pemerintah, yakni melakukan analisis di media TVRI, sebagai pengganti pembelajaran jarak jauh yang selama ini mengunakan zoom meeting dan aplikasi lainnya.


Jadi, menurutnya tidak benar bahwa siswa selama wabah corona tidak ada pembelajaran. Justru dengan adanya wabah ini sekolah semakin giat melakukan pembelajaran dan pengajaran, dan pastinya semua sekolah berupaya untuk tetap memberikan pelayanan dengan berbagai sumberdaya yang ada. 

“Semua ada hikmahnya, dan kini semua orang harus pandai menyesuaikan dan dengan tuntuan zaman” kata Ivan saat ditemui di rumah kediamannya yang saat itu tengah merekap hasil US untuk diberikan kepada wakasek kurikulum.



Tag: smp karangarum, karang, arum, smp di cilengkrang, smp di kawasan cilengkrang, smp di ujung berung, smp swasta di cilengkrang, ppdb di cilengkrang, smp swasta terbaik di cilengkrang, cara daftar online ke smp karang arum, cari smp di jatiendah, giri mekar, cipanjalu, cigending, pasir jati, pasir wangi, malati wangi, cinangka, cijambe