7 Peluang Usaha Saat Pandemi Korona, tetap Berusaha untuk Sukses -->
Cari Berita

Advertisement

7 Peluang Usaha Saat Pandemi Korona, tetap Berusaha untuk Sukses

Saturday, April 25, 2020

Ilustrasi, sumber; pexels.com

7 Peluang Usaha Saat Pandemi Korona, tetap Berusaha untuk Sukses--Jagat dunia saat ini sedang dihebohkan dengan wabah corona. Sampai saat ini, virus mematikan ini telah merenggut ribuan orang di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Wabah corona merupakan wabah bencana nasional, bahkan termasuk wabah hampir di seluruh dunia. Setiap negara saat ini sedang berperang agar wabah di negaranya cepat segera diatasi.

Wabah corona atau disebut juga dengan covid-19 merupakan virus yang awalnya berkembang di kota Wuhan, China. Selanjutnya virus ini menyebar hampir di seluruh dunia. Yang menjadikan virus ini sangat berbahaya adalah karena penularannya yang sangat cepat, bahkan bisa dengan sentuhan. Untuk itu, negara-negara menerapkan sistem lock down. Di Indonesia sendiri, istilahnya menggunakan kata PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). 

Dalam masa ini, semua tempat umum seperti sekolah, mall, wahana rekreasi dan lain-lain ditutup. Semua hal yang menyangkut tempat berkumpulnya masyarakat harus segera ditutup dan menerapkan aktivitas dari rumah atau work from home.

Imbas dari virus ini tentu saja sangat berpengaruh bagi segi ekonomi. Para pedagang kini tidak bisa lagi menjajakan dagangannya. Mereka hanya bisa menjual barang melalui online. Barang dagangan yang masih bisa diperdagangkan antara lain yang menjual makanan.

Tak dapat dipungkiri, saat ini semua aktivitas bisa dikatakan serba sulit. Beruntunglah mereka yang mempunyai sumber penghasilan berupa gaji negara. Karena urusan ekonominya masih bisa terkaver. Namun lain lagi dengan mereka yang berpenghasilan harian. Kejadian ini benar-benar telah memukul pintu rejekinya.

Namun bagaimanapun keadaannya kita harus tetap berusaha. Semoga setelah berusaha itu, kita mendapatkan hasilnya. Marilahpadai dalam mencari peluang usaha. Berikut merupan beberapa sumber usaha yang cocok dilakukan pada masa pandemi corona.

1. Berjualan Online, Cara teraman Jualan di masa pandemi Corona


Bukan hanya soal virus corona, penjualan online memang saat ini sedang gencar. Pengusaha yang mengesampingkan bisnis online pasti lambat laun akan merasakan dampaknya. Saat ini kita sedang menuju teknologi 4.0 yang mana semua harus dilakukan secara online. Maka beruntunglah mereka yang telah melakukan bisnis secara online. Terbukti saat kejadian wabah corona, jualan online merupakan bisnis yang tidak terpengaruh oleh pandemi corona.

Akan tetapi, yang harus diingat bahwa saat ini kebutuhan masyarakat menjadi cenderung, mengecil. Saat ini orang-orang lebih mengutamakan kebutuhan pokok. Maka dalam hal ini, pilihlah barang yang akan kita jual tersebut yang benar-benar saat ini sedang dibutuhkan oleh masyarakat seperti alat kebersihan, hand sanitizer, alat kesehatan, atau kebutuhan pokok.

2. Jualan Masker, mungpung diwajibkan oleh pemerintah


Masker saat ini berubah menjadi kebutuhan yang sangat penting. Kelangkaan masker seharusnya menjadi peluang usaha yang potensial bagi pebisnis dadakan ini. Adanya himbauan dari pemerintah yang mengajak untuk memproduksi masker kain, tentunya harus menjadi peluang yang secepatnya direalisasikan. 

Pengusaha yang biasanya bermain di pakaian tentu bukan perkara yang sulit untuk membuat ribuan ratusan masker dalam sehari. Jualan masker menjadi peluang yang paling potensial di saat ini.

3. Menjadi Youtuber, pekerjaan sambilan untuk masa depan


Menjadi youtuber, tentunya tidak akan langsung menghasilkan, tetapi peluang usaha menjadi youtuber sangat cocok bagi mereka yang telah mempunyai pekerjaan. Misalnya seorang PNS tidak ada salahnya menjadi seorang youtuber. Karena tentu saja hasilnya akan dirasakan kelak ketika persyaratan monetisasi telah dipenuhi

4. Menjadi penulis artikel, Anugerah yang tidak ada batas 


Beruntunglah bagi mereka yang senang dan mempunyai kemampuan menulis. Sebab bisnis dari menulis artikel ini akan senantiasa dibutuhkan sepanjang waktu. Sepanjang sebuah perusahaan memerlukan promosi, maka kebutuhan akan tulisan akan terus mengalir.

Jadi bagi kalian yang senang akan menulis. Segera promosikan perusahaan anda untuk menjadi rekan pengiklan perusahaan-peruahaan lain yang membutuhkan artikel-artikel terbaik anda. 

5. Sayur keliling, semua tempat ditutup tapi semua orang pasti memerlukan makanan


Sayur-sayuran termasuk dalam ketegori kebutuhan pokok. Sayuran termasuk kebutuhan sehari-hari yang murah. Menjual sayuran merupakan peluang usaha yang sangat potensial, mengingat untuk urusan kebutuhan pokok, tidak ada batasan saat pandemi corona ini. 

6. Makanan Beku, bekerja di rumah pasti memerlukan persediaan makanan yang tahan lama


Aktivitas masyarakat di dalam rumah, ternyata membutuhkan makan yang bisa jadi dua kali lipat pada saat sebelum wabah. Kebutuhan akan work from home ternyata membuat konsumsi makanan menjadi meningkat. Bisa dibayangkan apabila dalam satu rumah terdapat 5 kelompok keluarga. Kebutuhan akan makanan akan semakin meningkat.

Berjualan makanan beku akan sangat berpotensi mengingat jenis makanan ini akan tahan lama dimana orang-orang cenderung takut untuk keluar rumah.

7. Sewa mainan anak-anak


Lama tinggal di rumah tentu saja menjadikan anak-anak bosan. Orang tua akan cenderung berusaha supaya aktivitas di rumah tetap disa dinikmati oleh anak-anak. Maka berbisnis menyewakan mainan anak-anak merupakan peluang bisnis yang sangat berpeluang menghasilkan dengan cepat.

Itualah beberapa peluang usaha yang saat ini sangat cocok dilakukan di tengah pandemi corona. Semoga kita senantiasa diberi kesehatan, dan tetap optimis bahwa masa pandemi corona ini akan segera berlalu.