Cara menggabungkan File PDF -- Mudah dan Cepat

Cara menggabungkan file PDF
Menggabungkan beberapa file PDF
Hallo sobat BIbisnis... Cara menggabungkan File PDF dengan mudah dan cepat-- Dalam kesempatan kali ini kita saya akan membahas tentang bagaimana cara menggabungkan beberapa File PDF. 

File PDF merupakan file final yang dibuat dengan kebutuhan agar file tersebut bisa dibaca, tetapi tidak bisa diubah kembali. Dengan file ini maka apa yang kita kerjakan tidak akan berubah kembali karena semua teks maupun gambar sudah dikunci.

Di dalam dunia penerbitan atau percetakan misalnya, file PDF biasanya dibuat untuk proses akhir sebelum diberikan kepada bagian pembuatan flat cetakan.

Sementara di perkantoran, file PDF biasanya digunakan untuk kebutuhan print yang mudah untuk dikirim kepada rekan kerja tanpa khawatir adanya perubahan.

Beberapa surat dokumen penting biasanya berbentuk PDF dengan alasan keamanan. Agar orang lain tidak bisa menambah atau mengurangi isi file.

Meskipun begitu sebetulnya file PDF masih bisa diubah dengan sofware tertentu. Nah untuk kesempatan kali ini saya akan mempraktikkan salah satu pengeditan file PDF dengan cara menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu file. Misalnya bagian cover buku dengan isi buku.

Berikut langkah-langkah cara menggabungkan file PDF:

  1. Buka sofware adobe akrobat reader versi 7 atau versi 9. Ingat! Sofware Adobe Akrobat ya, buka adobe reader. Karena adobe reader hanya berfungsi sebagai pembaca saja, tidak bisa melakukan editing.
  2. Jika sofware akrobat sudah terbuka, maka klik bagian “Page” yang berada di bagian kiri atas. 
  3. Kemudian klik bagian halaman yang dingin ditambahkan.
  4. Setelah itu klik kanan, kemudian pilih Inser Page, pilih from file.
  5. Buka file yang akan kita sisipkan, kemudian kilik “Pilih”.
  6. Pilih before atau after. Artinya jika kita memilih before, maka posisi file sisipan akan berada sebelum file yang utama. Sebaliknya jika kita memlilih after, maka posisi file sisipan akan berada setelah halaman utama.
  7. Jika sudah, klik oke, maka file tersebut telah bergabung menjadi satu file, dan pekerjaan selsesai. Jangan lupa klik save untuk menyimpan dan mengamankan file.

Oke sobat itulan langkah-langkah untuk menggabungkan file PDF secara sepat. Sekarang dengan cara tersebut, kalian bisa menggabungkan file-file pdf hasil download-an atau file yang tercecer menjadi satu file.

Dengan begitu anda tidak perlu lagi repot untuk memilah-milah file yang tercecer tersebut. Cukup satu file yang telah digabungkan menjadi satu file PDF.

Oh ya tambahan, file PDF juga bisa kita kunci agar orang lain tidak bisa melakukan pencetakan dokumen. Jadi, orang lain hanya bisa melihat secara digital saja, tidak bisa mengeprin. File bisa dibukan kunciannya dengan menggunakan kata sandi atau pasword yang kita buat sebelumnya.

Nah bagaimana cara melakukannya? Mungkin itu akan dibahas dalam artikel saya lainnya.
Oke sobat, itulah tutorial saya mudah-mudahan bermanfaat. Jika ada saran dan ide lainnya silahkan berikan komentar anda di kolom komentar blog ini.


No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Langganan Artikel Baru

Masukkan Email Anda untuk Berlangganan Artikel Terbaru Kami, Gratis dan no spam:

Delivered by FeedBurner