Tips Membeli Bahan Bangunan Murah Berkualitas

Anda sedang merenovasi rumah, atau sedang membangun rumah? 

Saat proses pembuatan rumah, bahan bangunan termasuk salah satu hal yang seringkali menguras pendapatan anda. Keinginan membuat rumah impian biasanya berbanding lurus dengan seberapa besar dana di dalam dompet anda.

tips membeli bahan bangunan murah berkualitas
Penjual bahan bangunan bekas

Namun bagi anda yang ingin membuat atau merenovasi rumah, ada baiknya memperhatikan hal berikut ini. Barang kali tips ini bisa membantu anda. Ya bagaimana caranya mendapatkan bahan bangunan dengan dana “ngirit” tetapi mendapatkan kualitas yang sempurna. Mendapatkan bahan yang murah tetapi berkualitas. 

Tips membeli Bahan Bangunan Murah Berkualitas


1. Pelajari Jenis Bahan Bangunan


Mempelajari jenis bahan bangunan merupakan hal yang sangat penting, sebab dengan mengetahui segala hal yang berkaitan dengan bahan bangunan, menjadikan anda tahu bahan mana yang berkualitas baik, dan bahan mana yang berkualitas jelek.

Beberapa hal yang berkaitan dengan bahan banginan misalnya adalah kualitas besi, pasir, kayu dan sebagainya. 
  • Besi, misalnya yang harus anda ketahui bahwa kualitas besi itu berbagai macam, kualitas SNI (premium) bergaransi, Kualitas SNI tak bergaransi, kualitas KW. 
  • Pasir, yang baik adalah pasir yang tidak banyak mengandung unsure tanah, caranya adalah dengan menyimpan contoh pasir pada telapak anda, kepalkan. Jika lengket ada kemungkinan kadar tanahnya besar. Pengetesan lainnya adalah dengan merendam di dalam air. Jika banyak warna berubah menjadi coklat dan banyak material yang terapung, kemungkinan banyak tercampur dengan tanah dan bahan lainnya. Pasir yang baik adalah pasir yang sangat sedikit campuran tanah, atau sama sekali tidak ada material tanah nya. 
  • Kayu, memang banyak memiliki jenisnya. Tetapi, setidaknya pilihlah kayu yang standar kualitasnya sedang jika anda tidak memiliki dana yang banyak. Kayu yang baik misalnya adalah kayu kamper, borneo, jati dan lain-lain. Jangan sekali-kali membeli jenis kayu albasiah, sebab kayu ini tidak tanah lama. Jika anda menginginkan kayu yang relative sedang dengan dana alakadarnya, anda bisa menggunakan kayu mahoni.


2. Membeli dari tempat yang murah


Untuk mendapatkan harga yang murah, ya tentu membeli dari tempat yang murah. Maksud saya adalah bagaimana cara mengetahui tempat yang murah. 

Pertama, lakukan survey ke berbagai tempat penjualan material bangunan. Jika sudah mendapatkan estimasi harga, caranya adalah dengan mencari agen atau distributor bahan bangunan. 

Membeli langsung dari distributor bahan bangunan tentunya akan jauh lebih murah daripada membeli di toko-toko material bangunan yang menjual secara eceran. Caranya adalah dengan menyatukan bahan bangunan yang kita pesan ke dalam satu pesanan.

Cara lainnya adalah dengan membeli di tempat penjualan bahan bangunan bekas. Memang membeli di tempat ini tidak akan memenuhi semua kebutuhan material bangunan anda. Namun setidaknya membeli bahan-bahan bekas akan mengurangi biaya anda dengan syarat anda harus mengetahui kualitas dari bahan bangunan tersebut.

Beberapa bahan bangunan yang biasaya dijual secara bekas misalnya, genting, pagar rumah, kanopi, pintu, papan cor, kusen, bata, dan sebagainya. 

Dengan mempelajari berbagai kualitas bangunan, mestinya saat anda membeli bahan bangunan secara bekas akan mendapatkan barang yang berkualitas dengan harga yang super miring.

Itulah sobat, tips membeli bahan bangunan yang murah meriah dengan dana yang seadanya. Meskipun tidak semua bahan bangunan dapat diatasi, setidaknya bisa menjadi bahan pertimbangan, agar dana yang digunakan bisa membantu proses pembuatan atau renovasi rumah anda sampai selesai.

Jika ada hal yang dirasa kurang, silahkan tambahkan material bangunan lainnya dan cara mengatasinya pada kolom komentar di bawah artikel ini. Untuk melengkapi artikel ini menjadi lebih baik lagi. 


1 comment:

  1. Anda butuh suplay untuk proyek pembangunan Anda, hubungi kami, kami adalah produsen berbagai jenis dan ukuran Palu Bodem martil dan bahan material lainnya

    ReplyDelete