Cara Buat Septic Tank paling Benar dan Sehat

Cara Buat Septic Tank paling Benar dan Sehat--- Cara membuat septic tank yang benar dan sehat perlu pemahaman yang benar sesuai standar yang ada di Indonesia (SNI). 

Perlu diketahui bahwa setiap rumah pasti memerlukan sertic tank. Septic tank adalah tempat khusus untuk menimbun kotoran atau buangan dari sampah yang dikeluarkan oleh penghuni rumah.  

Jadi, jangan sekali-kali membuang sampah lainnya ke saluran septic tank, sebab bisa menimbulkan saluran tersebut mampet.

Membuat septic tank itu sendiri tak bisa asal-asalan. Pembuatan yang sembrono bisa menimbulkan masalah dikemudian hari, bahkan bisa mengganggu kesehatan penghuni rumah itu sendiri.

Beberapa pembuatan septic tank yang tidak benar dapat menyebabkan seperti berikut:

  1. Ukuran yang kurang (terlalu kecil). Hal ini biasa terjadi di perumahan yang dibuat oleh pengembang ala kadarnya sehingga daya tampung septic tank menjadi cepat penuh.
  2. Kurang kuat, sehingga suatu saat mengalami roboh.
  3. Terlalu dekat dengan sumber air (sumur bor/ pantek), menjadikan sumber air tersebut tercemar.

Dari kasus di atas kiranya kita dapat menyimpulkan bahwa hal yang penting dalam pembuatan septic tank biasanya menyangkut berapa kedalaman Septic tank yang sesuai setandar SNI, bagaimana membuat desain septic tank yang benar, bagaimana agar septic tank kuat, dan berapa jarak aman septic tank dari sumber air.

Oke sobat berikut Cara Buat Septic Tank paling benar dan Sehat


Perhatikan Ukuran dan hal yang berkitan dengan kesehatan Septic Tank yang Benar


Standar SNI merupakan standar yang diterapkan oleh pemerintah, sehingga standar ini bisa menjadi acuan bagi kita dalam menentukan ukuran septic tank. Berikut ukuran yang tepat.

Ukuran :

Kedalaman Tinggi : minimal 1, 5 meter
Lembar : Minimal 1 meter
Panjang : minimal 1 meter

Langkah dalam membuat Septic Tank


Membuat septic tank bisa saja dengan cara standar seperti menggali dengan ukuran yang sesuai dengan SNI di atas. Tetapi alangkah baiknya jika membuat desain yang maksimal agar bisa mengurangi berbagai masalah seperti cepat penuh.

Ukuran  di atas bisa dikembangkan menjadi berikut.
  1. Buatlah septic tank sedalam 1, 5 meter. 
  2. Ukuran Panjangnya buat 2 meter, dengan memberi sekatan. Artinya kita membuat dua kolom septic tank yang berdempetan. Tujuannya adalah untuk memisahkan antara kotoran padatan dan kotoran cair.
  3. Buat penghubung antara sekatan dengan menggunakan peralon menggunakan 4 inci.
  4. Diusahakan peralon dari WC arahnya menurun sejajar sampai arah pembuangan. Contoh, jika ukuran ketinggian peralon dari WC 90, maka ketinggian peralon sekatan 85, dan ketinggian peralon pembuangan 80.
  5. Dinding septic tank bisa menggunakan bata merah yang diplester atau menggunakan hong (goronggorong). 
  6. Beberapa tukang ada yang menembok alasnya, namun ada juga yang tidak (tidak ditembok).
  7. Tutup menggunakan papan. Papan ini sebagai alas untuk coran.
  8. Jangan lupa, pada sekatan padatan. Beri lubang angin yang berguna sebagai pembuangan gas juga untuk akses jika suatu saat akan melakukan penyedotan.
  9. Gunakan peralon 4 inchi agar selang sedot WC bisa masuk ke dalam septic tank.


Cara Menutup Mengecor Septic tank Agar Kuat


Setelah septic tank dibuat dengan desain seperti gambar di atas, maka langkah selanjutnya adalah menutup bagian atas Supaya ruangan septic tank terlindungi dan bagian atasnya masih bisa dipergunakan seperti untuk taman, garasi rumah dan sebagainya. Berikut langkah menutup septic tank agar kuat.
  1. Buatlah balok kayu panjangnya seukuran dengan lebar septic tank. Jika septic tank anda dua sekat, minimal empat balok harus anda siapkan. Setiap sekat disangga dengan 2 balok kayu.
  2. Tutup septic tank dengan papan dengan menempelkannya di atas balok tersebut. Papan kayu berfungsi sebagai penyangga coran.
  3. Buat anyaman coran dengan menggunakan besi 8mm. Lebih besar lebih, lebih kuat. Untuk besi 8 mm saya rasa cukup kuat jika dilalui oleh parkiran mobil.
  4. Simpan anyaman besi tersebut tepat di atas papan tadi.
  5. Buatlah papan penyangga coran untuk setiap pinggir septic tank.
  6. Buat adukan dengan komposisi 1 : 2 : 3. Anda bisa menggunakan takaran ember semen dengan komposisi 1 untuk semen, 2 untuk split, dan 3 untuk pasir. Aduk dengan menggunakan air yang agak encer. Tujuannya agar coran memenuhi ruang penutup septic tank.
  7. Tuangkan coran tersebut, tusuk dengan besi agar coran meresap sampai ke bawah.
  8. Jika septic tank telah terisi oleh coran. Tunggu sampai coran kering.
  9. Selesai.


Demikian cara membuat septic tank yang benar dan sehat. Tulisan ini murni merupakan pengalaman pribadi saam merenovasi rumah dan alhamdulillah sampai saat ini septic tank buatan saya kokok sampai saat ini.

No comments:

Post a Comment