Bisnis Parkiran, Usaha yang Gurih Sekali

Cara Bisnis Parkiran --- Di Indonesia, perkembangan kendaraan dari tahun ke tahun mengalami kenaikan yang tak terkendali. Walhasil hampir di setiap kota-kota besar terjadi kemacetan yang susah untuk diatasi. 

Banyaknya pengguna kendaraan baik motor maupun mobil tak lepas dari aktivitas terutama para pekerja kantoran yang mengisi berbagai instansi di perkotaan.


Fenomena ini tentu saja menjadikan anugerah bahkan menjadi lahan bisnis yang cukup menggiurkan. Ya dengan menyediakan jasa parkiran. Bagaimana tidak, dari bisnis parkiran menjadikan seseorang menjadi jutawan dalam hitungan bulan.

Bisnis parkiran yang dimaksud adalah dengan menyediakan lahan parkiran untuk berbagai jenis kendaran, dan ini tentu saja berbeda dengan pengelola parkiran di pinggir jalan yang seringkali menjadi permasalahan, seperti parkir liar.

Bisnis parkiran termasuk bisnis yang menggiurkan bisa dibilang “gurih-gurih sedap”. Sebab dalam parkiran ini kita tidak membutuhkan modal yang akan mengacu pada kebangkrutan.

Artinya kita hanya menyediakan tempat yang berepresentatif, jikalau tempat tersebut tidak laku, tidak akan menyebabkan kerugian. Nah apalagi jika laku, untungnya bisa berkali lipat.

Namun, Apa benar bisnis ini menguntungkan? Mari kita lihat simulasi.

“DI kota Bandung misalnya, untuk jasa penyimpanan kendaraan harganya sekitar 7000. Jika menginap harganya sekitar 10.000. Jika dalam sehari ada 50 kendaraan, berarti ia akan mendapatkan keuntungan sebesar 350 dalam sehari, dalam sebulan akan mendapatkan keuntungan sebesar 10.500.000. Tentu menguntunkan kan?”

Nah jika anda ingin mencoba cara berbisnis parkiran, perhatikan hal-hal berikut ini.

1. Lokasi


Hal yang paling utama dalam bisnis parkiran adalah lokasi. Jika anda adalah pemilik lahan di sekitar lokasi yang strategis, maka itu merupakan modal yang sangat baik. Beberapa lahan yang strategis misalnya dekat dengan lokasi terminal, stasiun, perkantoran, ataupun sekolah. 

Namun faktanya tempat-tempat strategis ini biasanya dimiliki oleh orang tajir. Namun, jika dirasa untuk membeli lahan susah, kita bisa menyewanya seperti menyewa rumah yang ada sedikit lahan parkirannya yang penting bisa muat dalam hitungan puluhan sepeda motor. 

Seiring dengan perkembangan usaha, kita bisa meingkatkannya dengan menyewa lahan yang lebih besar lagi.

2. Jaminan Keamanan


Selain tempat, hal lainnya yang penting dalam bisnis parkiran adalah jaminan keamanan. Untuk memenuhi standar keamanan ada hal-hal yang perlu kita lakukan seperti pemasangan CCTV, penggunaan kartu sebagai tiket, ataupun pemeriksaan STNK kendaraan.

Dengan adanya jaminan keamanan, maka secara langsung akan menjadikan tempat usaha kita semakin dipercaya. Ke depannya upayakan untuk membuat asuransi. Hal ini untuk mengatasi jika suatu saat terjadi kejadian yang mengharuskan kita mengganti rugi.

3. Layanan Kartu Anggota (member)


Pengguna bisnis parkiran biasanya adalah mereka yang telah terbiasa atau berulangkali datang ke tempat anda. Artinya bisnis ini secara tidak langsung akan menjadikan anggotanya mereka adalah pengguna atau langgganan anda. 

Maka untuk memudahkan identifikasi, ada baiknya dengan menggunakan system kartu member. Dengan begitu, mereka harus mengisi formulir sesuai dengan KTP. Dengan begitu, kita akan lebih mengetahui konsumen jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Layanan Lainnya


Selain hal-hal di atas, ada baiknya juga dengan mengadakan layanan ekstra seperti layanan cuci motor, atau layanan cuci helm. Dengan begitu, akan menjadikan tambahan dari bisnis parkiran anda.

Demikian sobat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam berbisnis parkiran. Intinya semua hal perlu dipelajari dengan seksama termasuk dalam berbisnis parkiran. Selamat berwirausaha…

No comments:

Post a Comment