Tips Mudik Aman Sampai Tujuan


Tips Mudik Aman Sampai Tujuan -- Banyaknya lapangan pekerjaan di daerah perkotaan menyebabkan setiap tahun kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung dan kota lainnya menjadi magnet tersendiri. Mereka datang ke perkotaan tujuannya yaitu untuk mengadu nasib dengan menjadi pegawai negeri, pegawai swasta, buruh, ataupun wiraswasta. 

Kondisi ini menyebabkan kota-kota besar selalu padat dengan berbagai aktivitas. Namun, adakalanya kota besar tersebut tiba-tiba sepi aktivitas, ya manakala menjelang hari raya, dan orang-orang mudik untuk ke kampung halaman masing-masing.

Di Indonesia mudik merupakan tradisi yang selalu menjadi kondisi yang sangat unik dimana orang berduyun-duyun pulang ke kampung halamannya dengan maksud untuk berkumpul sambil merayakan hari besar bersama keluarganya masing-masing seperti Idul fitri (lebaran), idul adha, Natal, ataupun tahun baru. 

Dapat dibayangkan hanya dalam beberapa hari, Ratusan ribu orang memadati jalanan dengan berbagai jenis kendaraan. Akibatnya sering terjadi antrian macet yang sangat parah. Terkadang juga terjadi insiden yang bahkan bisa menyebabkan Korban jiwa. Sampai saat ini pengguna kendaraan motor merupakan penyumbang kecelakaan terbesar.

Untuk itu, pihak kepolisian selalu mewanti-wanti untuk selalu menaati semua peraturan lalu lintas, tujuannya, agar pemudik bisa sampai tujuan dengan aman. 

Mudik bersama keluarga memang ada kenikmatan tersendiri, terutama bagi anda yang menggunakan kendaraan bermotor. Nah berikut merupakan Tips Mudik Aman Sampai Tujuan semoga bisa membantu anda yang akan melakukan perjalanan mudik.

1. Persiapan yang Matang


Mudik bagaimanapun harus direncanakan jauh hari sebelumnya, tidak hanya barang bawaan dan oleh-oleh untuk keluarga. Yang paling utama adalah persiapan si pengendara itu sendiri. 

Jangan sampai tergesa-gesa melakukan mudik tanpa perencanaan, apalagi secara sepontan. Banyaknya kecelaan lalulintas, seringkali diakibatkan kurangnya persiapan seperti tubuh yang kurang fit dan terlalu dipaksakan. 

Sebelum melakukan perjalanan, pemudik diharuskan untuk persiapan badan seperti beristirahat dengan cukup, makan yang cukup serta pastikan bahwa badan dalam keadaan sehat. Tidak hanya pengendara, tetapi semua anggota lainnya juga diharuskan dalam kondisi fit.

Selain kondisi tubuh, persiapan lainnya adalah jangan terlalu memaksakan membawa barang terlalu penuh. Di jalanan seringkali kita melihat pemudik memodifikasi kendaraannya dengan menambah space dengan maksud untuk menyimban barang. Ini sangat salah, selain melanggar aturan, juga dapat menyebabkan kecelakaan, sebab beban yang tidak seimbang akan menyebabkan pengendara menjadi tidak stabil. Ingat masing-masing kendaraan diciptakan dengan standar aturan beban angkutan.

Bawalah bawang sesuai berat yang dianjurkan, yang paling utama, bawa alat P3K.

2. Cek Kendaraan


Tugas selanjutnya adalah pastikan bahwa kendaraan anda layak pakai dan semua bagian kendaraan anda berfungsi dengan benar. Sebaiknya, bawalah kendaraan anda terlebih dahulu ke tempat service. Cek semua kelengkapan baik yang berhubungan dengan mesin ataupun dengan kelengkapan lainnya, seperti kondisi ban, rem, oli, keseimbangan stang, janganlupa untuk selalu membawa alat dan kunci-kunci kendaraan, dan lain-lain.

Jika kondisi kendaraan anda tidak memungkinkan untuk dipakai mudik, jangan paksakan. Pilihlah alternative lain seperti memilih menggunakan jasa angkutan umum.

3. Petakan Perjalanan


Setelah berbagai persiapan anda lakukan, selanjutnya adalah membuat peta perjalanan anda. Tujuannya agar saat berkendaraan arah tujuan anda sudah benar-benar terprogram dengan baik, sehingga anda akan lebih focus dalam perjalanan.

Selain peta perjalanan, jangan lupa juga untuk memetakan waktu yang tepat untuk istirahat. Pemetaan ini sebenarnya hanya sebagai acuan secara umum. Meskipun saat di perjalanan ada kemungkinan melenceng sesuai dengan kondisi di lapangan. 

4. Patuhi Rambu Lalu Lintas


Oke saatnya anda melakukan perjalanan mudik, harus tetap diingat bahwa anda harus mematuhi semua aturan di perjalanan seperti menggunakan helm standar, memakai jaket pengaman, membawa dokumen seperti KTP, SIM, STNK, ataupun BPJS.

Lalukan doa keselamatan dan Paculan kendaraan anda dengan standar kecepatan sesuai dengan kondisi di jalan. Selalu patuhi semua rambu-rambu lalulintas dengan selalu membaca papan rambu dan selalu berhenti manakala lampu merah di persimpangan jalan. 

Jangan terbawa arus atau terpropokasi manakala ada pengendara lain yang ugal-ugalan. Tetap saling mengingatkan dan jangan lupa untuk selalu beristirahat manakala tubuh dirasakan mengalami tidak fit seperti pegal ataupun ngantuk.

Oke sobat itulah tips mudik aman agar sampai tujuan dengan selamat. Ingat jangan tergesa-gesa agar ingin sampai tujuan secepatnya, lakukan perjalanan sesuai standar,  nikmati perjalanan mudik anda supaya perjalanan mudik anda menjadi pengalaman manis yang tak terlupakan.
Selamat mudik kawan… semoga selamat sampai tujuan.

No comments:

Post a Comment