Merayakan Acara Ulang Tahun Anak agar Meriah dengan Harga Terjangkau


Haloo BIbisnis…
Setiap orang pasti pernah merayakan ulang tahun. Ya saat kita bertemu dengan tanggal dimana kita dilahirkan. Untuk itu mereka seringkali merayakannya. Ada kepuasan tersendiri saat kita merayakan ulang tahun terutama yang dirayakan adalah diri kita sendiri atau orang-orang yang sangat kita sayangi seperti merayakan ulang tahun anak kita. Tentunya dengan konsep yang  meriah namun dengan harga yang terjangkau.

Maksud merayakan ulang tahun  tentu saja berbeda-beda. Tetapi umumnya adalah sebagai rasa syukur karena kita masih bisa diberi kesempatan hidup oleh Sang Maha Kuasa. Untuk itulah di akhir acara selalu diadakan doa bersama.

Namun kadang kala menjelang ulang tahun anak, kita seringkali bingung apa yang harus dilakukan. Dan Persiapan apa agar anak kita tersayang merasa bahagia. Tentunya dengan tidak mengumbar sisi pestanya. Dalam artian meriah tetapi dengan harga terjangkau.

Berikut Tips Merayakan Acara Ulang Tahun Anak agar Meriah dengan Harga Terjangkau, semoga bisa menjadi


1. Desain Kreatifitas Ulang Tahun


Tempat untuk merayakan ulang tahun agar terasa meriah haruslah dirias. Nah supaya tidak menghamburkan uang dan mendidik anak, diupayakan merias ruangan dengan konsep kreatifitas. Dengan kreatifitas kita tetap akan menyuguhkan suasana meriah, harga terjangkau, dan mendidik anak.

Caranya dengan menggunakan barang-barang seperperti kertas, ballon, dan pewarna. Buatlah beberapa tulisan dengan kertas yang digunting yang berisi nama anak kita yang berulang tahun, harapan-harapan, dan beberapa gambar kesukaan anak misalnya ikan, buah-buahan, atau suasana kerajaan. 

Tempelkan juga balon yang telah ditulisi dan dihias di beberapa tempat seperti pintu depan sebagai penyambutan dan di tempat utama. Di raung utama dan arena sekitar ruang utama. Jang lupa buatlah semua pernak pernik dengan memakai pewarnaan yang mencolok tujuannya agar anak terasa ceria dan meriah.

2. Usahakan ada MC atau pembawa acara


Acara ulang tahun dengan adanya mc memang sangat perlu, meskipun dalam konsep kesederhanaan. Tidak usah menyewa atau membayar, cukup meminta keihlasan dari beberapa teman atau saudara yang sekiranya bisa memandu jalannya acara. Yang terpenting pembawa acara bisa selalu membuat suasana ceria dan tidak membeda-bedakan anak. 

Untuk itu diusahakan pembawa acaranya adalah mereka yang biasa dengan dunia anak. Seperti teman-teman guru PAUD atau saudara yang memang senang dengan anak-anak. Dengan begitu rangkaian acara akan tersusun rapi, tidak asal asalan, dan tidak membuat bingung tamu undangan harus berbuat apa. 



Dengan adanya pembawa acara, diharapkan acara lancar dari awal sampai akhir sesuai dengan konsep yang direncanakan.

3. Adanya permainan dan Kuis


Agar acara tambah seru, anak-anak umumnya senang dengan tantangan. Maka sebelum kepada acara inti biasanya selalu diadakan kuis tentunya dengan hadiah yang alakadarnya, yang terpenting hadiahnya dikemas dengan kreatifitas anak-anak pasti senang. Secara, yang membuat anak senang biasanya bukan hal hadiahnya tetapi pada pujian, bisa terlihat oleh temannya bahwa mereka yang dapat hadiah. Itu sudah menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi mereka.

Permainan yang biasa dilakukan misalnya tentang tebak-tebakan, menjawab paling cepat. Yang terpenting semua game atau pertanyaan, sifat soal-nya yang sederhana dan mudah dijawab oleh anak. 


4. Adanya Tukar Kado


Jauh hari sebelum hari H diusakan diberitahu kepada teman-teman anak kita untuk membawa kado yang sederhana. Ingat kado yang “Sederhana”. Tujuannya agar anak kita dan teman-temannya bisa menjalin rasa kebersamaan. 

Dengan adanya tukar kado biasanya si anak ada sedikit ketegangan dan menebak-nebak kado apa dan dari siapa hadiahnya yang ia akan dapatkan. Dalam hal ini si pembawa acara harus selalu mengingatkan agar bersyukur, misalnya saat si anak mendapatkan kado dari temannya, maka pembawa acara selalu memandu dengan mengucapkan kata “Alhamdulillah” atau “Wah terima kasih”.

Dengan begitu si anak akan merasa senang, meskipun apa yang ia dapatkan mungkin tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

5. Doa Bersama


Puncak acaranya sebetulnya adalah doa bersama. Diusahakan untuk acara doa selain pembacaan ayat-ayat doa, yang paling penting adalah nasehat kepada anak-anak untuk selalu bersyukur atas nikmat yang kita terima dari Yang Maha Kuasa, tetap sederhana, sayang pada orang tua, sayang pada sesame, dan selalu giat belajar. 

Doa bersama biasanya terkesan kaku, nah dalam hal ini buatlah seolah-olah tidak digurui tetapi buat konsepnya semenarik mungkin misalnya si anak yang berulang tahun ditanya harapan dan keinginannya. Jangan lupa teman-temannya juga ditanya apa harapannya. Lalu harapan-harapan itu bisa dituangkan dalam doa. Dengan begitu, doanya terasa khusus (disebutkan) nama anak-anaknya sesuai dengan keinginannya.

6. Makan bersama


Sebagai bentuk kebersamaan dan keceriaan ulang tahun tentu tak pas jika tanpa adanya makan bersama. Makan bersama memang biasanya selalu di akhir acara tujuannya agar semua orang santai menyantap hidangan sambil menikmati suasana ulang tahun dengan suasana keakraban dan keceriaan.


Itulah tips Merayakan Acara Ulang Tahun Anak Meriah dengan Harga Terjangkau. Semoga keceriaan anak kita menjadi kebahagiaan kita. Tentunya semua hal yang kita kerjakan bukanlah hal yang memberatkan kita, tetapi semuanya didasarkan atas keceriaan dan kasih sayang kita pada anak-anak kita. 

Semoga acaranya lancar dan bahagia ya...










No comments:

Post a Comment