12 Makanan atau Minuman yang Cocok Dijual Malam Hari

Makanan atau minuman yang cocok dijual pada malam hari

Halo BIbisnis...

Sebagaimana kita ketahui berjualan makanan atau minuman erat kaitannya dengan selera atau mood dari pembeli. Ada makanan atau minuman yang cocok dijual pada pagi hari, siang hari, dan malam hari. Mengapa demikian? 

Umumnya sifat barang tersebut (makanan atau minuman) terbagi dua. Ada yang panas dan ada pula yang dingin. Makanan atau minuman yang panas sangat cocok dijual pada saat kondisi lingkungan dingin. Begitupun makanan atau minuman yang dingin sangat cocok dijual pada saat kondisi lingkungan panas, seperti pada siang hari.

Untuk itu, jika kita akan berbisnis atau jualan. Haruslah disesuaikan dengan kondisi tersebut, tujuannya supaya ada yang membeli atau laku, ya kan? 
Dalam hal ini penulis ingin share beberapa jenis makanan dan minuman yang cocok pada malam hari. Mengapa? 

Pertama, sebab malam hari sangat strategis terutama jika anda ingin berbisnis sambilan. Siangnya untuk bekerja, malamnya anda bisa melakukan bisnis tambahan.

Kedua, saat malam hari semua orang dalam keadaan bebas (berkumpul dengan keluarga) tidak dalam ikatan kerja, sehingga potensi penjualan sangat besar.

Anda mau berbisnis atau mau berjualan makanan atau minuman pada malam hari? Berikut 12 Makanan atau minuman yang cocok dijual pada malam hari.

1. Nasi Goreng


Siapa yang tak mengenal makanan yang satu ini. Nasi goreng sangat terkenal terutama di negara tercinta ini. Dimanapun anda berada, tukang nasi goreng selalu ada terutama pada malam hari. Namun anehnya, meskipun banyak penjual nasi goreng, tetapi penjual tak terpengaruh oleh persaingan. Untuk itu jualan nasi goreng sangat cocok untuk dicoba.

Sebenarnya konsep nasi goreng adalah memanfaatkan nasi yang hampir tak terpakai. Dahulu orang membuat nasi goreng pada pagi hari dengan alasan nasi kemain hampir basi. Maka untuk menyelamatkannya yaitu dengan cara digoreng supaya tidak mubajir. Jadi sebenarnya nasi goreng awalnya dilakukan pada pagi hari. 

Namun entah mengapa nasi goreng kini sangat populer pada malam hari. Dan memang menyantap nasi goreng pada malam hari sangat nikmat sekali.

2. Soto Ayam


Soto ayam termasuk makanan yang cocok untuk dijual pada malam hari. Kuah dan taburan ayam yang panas sangat enak terutama saat malam hari. Soto ayam termasuk makanan yang selalu ada di setiap jalanan di negeri ini.

3. Ayam Goreng


Ayam goreng termasuk makanan yang bisa direkomendasikan untuk dijual pada malam hari. Bahkan Ayam goreng biasanya bisa “star” jualan pada sore hari. 

Sebagaimana namanya, ayam goreng yaitu makanan berupa ayam yang digoreng seperti bagian-bagian kepada, dada, paha, bahkan bagian jeroan juga termasuk barang yang sering dijual. 
Untuk menambah cita rasa, biasanya penjual ayam goreng selalu disertakan dengan sambal dan lalapan. Ayam goreng termasuk makanan yang umum, sebab bisa disandingkan dengan nasi dan makanan lainnya, sehingga ayam goreng termasuk makanan yang sangat cocok untuk dijadikan bisnis anda.

4. Wedang Jahe


Bagi anda yang ingin berjualan pada malam hari, wedang jahe sangat direkomendasikan. Rasanya yang panas sangat terasa nikmat jika dikonsumsi pada malam hari. Wedang jahe merupakan makanan tradisional khas negeri ini, sebab bahan-bahan yang digunakan terutama jahe merupakan tanaman yang banyak terdapat di negara kita. 

Penjual wedang jahe banyak kita jumpai di daerah dengan cuaca dingin, misalnya daerah pegunungan. Beberapa tempat wisata pegunungan banyak kita jumpai pedagang wedang jahe, seperti daerah Puncak Bogor, Lembang Bandung, dan lain-lain.

Namun jika anda tinggal di pekotaan, wedang jahe sangat cocok dijual terutama pada malam hari. 

5. Roti Bakar


Di kota-kota besar penjual Roti bakar sangat gampang kita jumpai, terutama pada malam hari. Sebagaimana namanya makanan ini berbahan dasar roti yang dipanggang dengan olesan selai, susu, kacang, mentega, dan lainnya. 

Roti yang dibakar menjadikan makanan ini sangat enak terutama disantap pada saat kondisi dingin (malam hari)

6. Surabi


Di daerah Setiabudi, Bandung anda tentu akan mengenal sebuah surabi unik yang sangat terkenal. Ya café tersebut menjual surabi yang umumnya mereka membuka kedainya pada malam hari. 
Surabi sangat wajib dimakan pada saat panas, sebab aroma dan rasanya yang khas membuat makanan ini sangat enak terutama untuk disantap pada malam hari. 

7. Susu Murni


Bisnis susu murni biasanya berupa café-café untuk anak muda. Beberapa penjual susu murni bahkan banyak yang sukses menjadi enterprener dengan meraup jutaan rupiah setiap harinya. Jika anda bisa mendesain suasan dan membuat produk susu murni yang bagus, ini adalah peluang usaha yang sangat cocok terutama bagi anak muda yang sedang dengan kreatifitas.

8. Sate


Ya sate merupakan makanan yang berbahan dasar daging kamping atau daging ayam. Sate dibuat dengan cara daging dipotong-potong, ditusuk dan dibakar. 
Sate sangat populer di wilayah kita terutama beberapa jenis sate seperti sate Madura dan Sate Maranggi. Penjual sate kini tidak hanya pedagang kaki lima, tetapi hotel dan restoran besar pun banyak yang menyuguhkan menu sate sebagai menu andalannya.

9. Kue Balok


Kue balok sebenarnya merupakan makanan camilan. Makanan ini sangat digemari terutama para konsumen yang senang dengan nuansa nongkrong. Ya nongkrong sambil makan kue balok pada malam hari akan memberikan sensasi tersendiri. 

Jika anda ingin berbisnis bernuasa tongkrongan, makanan ini bisa menjadi pilihan anda.

10. Jagung Bakar


Sebagaimana konsep “bakar”, Jagung Bakar termasuk rekomendasi bagi anda yang ingin membuka usaha pada malam hari. Bisnis atau jualan jagung bakar sangat praktis dan tidak terlalu ribet, murah meriah, dan pastinya menguntungkan terutama jika anda mempunyai kenalan petani jagung. Sehingga anda akan mendapatkan bahan yang murah.

Jualan Jagung bakar sangat praktis karena bahan-bahan yang digunakan tergolong murah yaitu jagung, alat bakar, mentega dan tempat atau gerobak. Untuk lebih jelasnya silahkan anda perdalam apa saja yang dibutuhkan untuk berbisnis jagung bakar.

11. Bakso


Bakso termasuk makanan yang cocok dijual pada malam hari. Sebenarnya bakso termasuk makanan yang bisa dijual diberbagai suasana. Karena sangat enak dikonsumsi pada malam hari, jadi saya memasukkan makanan ini dalam daftar makanan yang cocok dijual pada malam hari.

12. Bandrek


Yang terakhir adalah bandrek. Minuman ini mempunyai aroma yang khas yaitu agak pedas dan panas. Karena berbahan dasar jahe yang berbahan dasar hangat yang ditambah dengan rebusan air panas dan rempah rempah. Menjadikan Bandrek sangat cocok untuk disantap pada malam hari.

Itulah sobat beberapa makanan dan minuman yang cocok untuk dijual pada malam hari. Sebenarnya makanan atau minuman bisa dikonsumsi kapan saja. Namun karena sifatnya jualan atau bisnis, jadi makanan tersebut mau tidak mau harus menyesuaikan dengan kondisi lingkungan agar ada kesesuaianan antara kebutuhan tubuh dengan lingkungannya. Sehingga dagangan anda akan laris manis. Selamat menjalankan usaha anda semoga lancar…





No comments:

Post a Comment