10 Bakat Keterampilan Ini menjadikan Kamu Mandiri secara Ekonomi

10 Bakat Keterampilan Ini menjadikan Kamu Mandiri secara Ekonomi -- Tuhan, menganugerahkan manusia dengan kelebihan, yaitu pikiran. Pikiran inilah yang membedakan dengan makhluk lainnya. Pikiran inilah yang menjadikan manusia mampu belajar dan terampil dalam beradaptasi di lingkungannya sehingga manusia bisa hidup dan bahkan menguasai dunia.

Dengan pikiran, manusia dapat belajar termasuk dalam hal mencukupi hidupnya secara ekonomi. Seseorang yang mampu belajar dengan baik akan menghasilkan manusia yang unggul dan terampil. 
Maka asahlah ketetampilan itu, sebab dengan keterampilan, kamu tidak akan risau dalam mencukupi kehidupanmu. 

10 Keterampilan yang akan menjadikan kamu mandiri secara ekomomi


1. Terampil Teknik


Percayalah jika kamu salah satu orang yang terampil dalam hal teknik, maka hidupmu tidak akan susah. Bahkan anda tak perlu menjadi karyawan. Dengan keterampilan teknikmu, kamu bisa membuat lapangan usaha sendiri.

Beberapa keterampilan teknik yang tersebut misalnya teknik mesin atau elektronik. Bidang yang bisa kamu kembangkan misalnya membuka kursus otomotif, baik mesin mobil ataupun motordengan cara mendirikan bengkel ataupun menjadi montir panggilan. Sementara jika anda jago dalam hal elektronik anda bisa membuka kursus atau counter service barang-barang elektronik.

2. Terampil Menjahit


Jangan remehkan seseorang yang mempunyai keterampilan menjahit. Sebab dengan keterampilan tersebut  banyak orang yang menjadi jutawan. Seorang penjahit erat kaitannya dengan dunia fashion dimana dengan keterampilannya telah tercipta berbagai jenis pakaian yang berharga selangit. 

Keterampilan menjahit juga bisa kamu tularkan dengan cara membuka sekolah menjahit, kursus menjahit ataupun membuka jasa jahitan. Di kota Bandung misalnya, ada seseorang yang sukses dengan membuka sekolah menjahit, anak didiknya hingga mencapai ratusan, dengan membuka cabang di setiap tempat. Asik kan?

3. Terampil Memasak


Jika anda orang yang hobi memasak, jangan anggap remeh keterampilanmu, kembangkan terus! Sebab dengan keterampilan itu, bisa jadi merupakan anugerah dari Tuhan sebagai modal dalam mencukupi kebutuhan hidupmu secara ekonomi. 

Tak perlu dijelaskan lagi, bahwa dengan keterampilan memasak telah terbukti banyak menjadikan seorang pengusaha kuliner yang kaya raya, menjadi selebriti, atau bahkan menjadi pendiri dari sebuah sekolah memasak.

Mempunyai keterampilan memasak yang mumpuni tidak akan susah hidup dimanapun. Sebab sepanjang manusia membutuhkan makanan, maka orang yang terampil dalam memasak akan selalu dibutuhkan.

4. Terampil Berbicara


Jika anak kita senang berbicara, bersyukurlah dan kembangkan terus. Sebab siapa tahu itu merupakan bakat yang diberikan kepada anak kita. Keterampilan berbicara merupakan bahan yang bisa menjangkau bidang secara luas. 

Keterampilan berbicara harus dibedakan dengan orang yang banyak omong. Keterampilan yang dimaksud adalah keterampilan sebagai seni dalam berbicara sehingga dengan keterampilan tersebut akan tercipta suatu hal yang menarik.

Beberapa bidang yang membutuhkan orang-orang yang mempunyai keterampilan berbicara misalnya, seorang markting, public relation, humas, master ceremonial, pendakwah, pendongeng, aktor, dan lain-lain.

5. Terampil Menulis


Sejak berabad-abad lamanya, seseorang yang terampil dalam menulis selalu ditinggikan derajatnya. Merekalah yang menciptakan dan mengabadikan sebuah peradaban dan sejarah kepada generasi seterusnya. 

Bahkan di zamana modern ini, keterampilan menulis sedang mengalami masa “booming”. Lihatlah, hampir semua perusahaan membutuhkan orang-orang yang terampil dalam hal menulis. Rasanya tak ada satupun jenis usaha yang tidak ditopang dengan orang-orang yang mempunyai keterampilan menulis.

Perusahaan yang maju dan besar adalah mereka yang mempunyai para ahli dalam hal menulis, bahkan dengan keterampilannya, seseorang penulis bisa menghidupi dirinya hanya dengan bekerja di rumah. Jika anda salah seorang yang hobi dalam menulis, teruslah asah keterampilanmu sebab itulah anugerah yang akan menjadi penopang kehidupanmu.

6. Terampil Kerajinan


Hanya orang tertentu yang mempunyai keterampilan ini. Orang ini biasanya mempunyai daya imajinasi yang unik dimana dengan kejeniusannya akan tercipta sebuah kreasi yang mungkin tidak pernah terpikirlan oleh orang lain. 

Orang-orang ini sekilas mungkin seringkali kita sepelekan, tetapi jika sudah tercipta sebuah kerajinan yang bernilai tinggi. Barulah orang-orang di sekelilingnya akan sadar betapa dengan keterapilannya seseungguhnya orang ini adalah orang yang berguna dan berkualitas.

Tak perlu diceritakan lagi, orang yang mempunyai seni dalam hal kerajinan banyak yang menjadikan seorang pengusaha yang tak hanya dikenal di dalam negeri saja, tetapi mencakup dunia. Seorang pengusaha kerajinan biasanya adalah seorang eksportir yang mensuplai hasil seni ke seluruh negara.

7. Terampil Melukis


Tahukan anda bahwa dari sebuah lukisan, anda bisa menghasilkan milyaran rupiah? Ya pelukis yang bisa menghasilkan karya-karya yang fenomenal tidak hanya akan menjadi jutawan tetapi namanya akan selalu dikenang dalam sebuah peradaban. Contohnya lukisan monalisa.

8. Terampil Desain


Sebuah produk yang ada dipasaran atau yang ada dirumah kita semuanya tak lepas dari orang-orang desain. Dengan desain, apapun akan terlihat menarik, sehingga barang tersebut mempunyai daya jual yang tinggi. 

Tak percaya, lihatlah beberapa barang mewah anda: mobil, motor, pakaian, rumah, dan semua peralatan rumah, apakah itu semua terlepas dari seorang desain? Tidak mungkin, semunya didesain sedemikian rupa.

9. Terampil Bermain Musik


Tak perlu diragukan lagi, seorang yang terampil bermain musik erat kaitannya dengan kekayaan dan ketenaran. Sebuah group band terkenal berapa menghasilkan uang dalam sekali konsernya? Jawabanya sangat fantastis.

Bahkan jika album musiknya meledak di pasaran, orang tersebut rasanya tidak perlu lagi untuk bekerja, cukup dengan uang royalty yang selangit. Maka jika anak kita hobi bermain gitar atau piano, jangan anda larang, lihatlah potensinya sebab bisa jadi dengan keterampilannya  itulah kelak ia akan menjadi seorang yang akan meninggikan derajatmu. 

Itulah sobat BIbisnis, 10 Bakat Keterampilan Ini menjadikan Kamu Mandiri secara Ekonomi. Sebenarnya ini adalah sebagian dari dari berbagai jenis keterampilan yang ada, sebab pada dasarnya semua keterampilan jika diasah dan dikembangkan akan menjadikan anda seorang yang ahli dalam bidang tersebut. 

Teruslah kembangkan bakatmu, apapun itu, sepanjang menjadikan hidupmu positif. Karena dengan keterampilan itulah kamu akan ditinggikan derajatnya. Ilmu akan menjadikan kita sebagai manusia yang sesungguhnya… 

No comments:

Post a Comment