Cara Membongkar dan Memasang Keramik Lantai Rumah secara Manual


Cara Membongkar dan Memasang Keramik Lantai Rumah secara Manual -- Memiliki rumah tidak akan lepas dari perawatan, salah satunya adalah membongkar dan memasang keramik lantai anda. Alasan memutuskan untuk membongkar keramik misalnya, keramik anda pecah sehingga harus diganti. Atau karena anda ingin mengganti saluran peralon yang ditanam di bawah lantai rumah anda, dan sebagainya.

Namun tidak sedikit dari anda yang kesulitan dalam membongkar keramik lantai rumah. Mengapa? Sebab, membongkar keramik cukup susah terutama jika dilakukan oleh sendiri. Tetapi bukan berarti tidak bisa. Sangat bisa asal tahu caranya. 

Lalu bagaimana cara membongkar dan memasang keramik lantai rumah anda secara manual? Persiapkan alat-alat berikut dan ikuti langkah-langkahnya.

Alat yang diperlukan yaitu kape, palu, cangkul, dan seblang atau tutugar (bahasa Sunda), waterpass batang. Jangan lupa persiapkan bahan-bahan seperti pasir, semen, dan keramik itu sendiri.

Cara Bongkar Keramik Secara Manual

Langkah pertama adalah anda harus menyadari bahwa membongkar keramik tidak akan 100% mulus tetapi jangan sampai melebihi 70%.  Pemahaman tersebut sangat penting karena kondisi di lapangan sangat berbeda dengan teori. Misalnya adukan semen yang bagus, menyebabkan daya rekat keramik sangat susah untuk dibongkar. 

Maka, penting untuk dipahami biasanya ada hal yang harus dikorbankan. Misalnya bagian pertama keramik yang akan dibongkar biasanya mengalami pecah. Untuk selanjutnya keramik diusahakan jangan sampai pecah. Tapi, jika tahap pertama anda sukses membuka keramik, maka itu jauh lebih baik.

Cara yang harus anda lakukan saat membuka keramik andalah pergunakan kape untuk mengorek bagian pinggir keramik (nut). Lakukan dengan hati-hati. Pergunakan palu untuk mengetuk-ngetuk bagian pinggir keramik sehingga korekan kape anda sampai pada k edalaman adukan semen dasar keramik. 

Jika semua sisi keramik sudah anda korek, angkat pelan-pelan kape tersebut, sehingga keramik bisa terangkat. Jika keramik pertama sudah anda bongkar. Maka pekerjaan selanjutnya jauh lebih mudah sebab anda bisa melakukan penyodokan dari bagian bawah keramik.

Langkah selanjutnya, sama dengan langkah pertaman yaitu pengorekan dengan kafe pada sisi nut keramik. Hanya di tahap selanjutnya anda bisa juga melakukan pencungkilan dari dasar keramik. Lakukan sampai keramik yang anda inginkan terbongkar. 

Jika anda akan membongkar peralon saluran air, misalnya, pergunakan cangkul dan seblang untuk melakukan pembongkaran sampai ke dalam tanah. Seblang berguna untuk membobok adukan dasar lantai. Dan cangkul untuk menggali dan mengambil tanah.

Cara pemasangan Keramik.


Sebelum memasang keramik, ada baiknya  anda menghancurkan adukan dasar, dan jangan langsung memasang di atasnya dengan acian semen. Mengapa? Sebab permukaan adukan dasar sangat tidak rata dan seringkali menyebabkan permukaan keramik kopong dan tidak rata dengan keramik di sekitarnya.

Perlu diketahui, memasang keramik dengan membuat adukan dasar yang baru, jauh lebih mudah, bagus dan kuat. Sebab permukaan yang lembek menyebabkan keramik mudah untuk disetel dengan keramik di sekitarnya.

Setelah adukan dasar disimpan, oleskan acian semen kepada permukaan bawah keramik yang baru dengan menggunakan kape. Selanjutnya simpan keramik pada adukan dasar. Gunanya acian semen adalah sebagai penguat. 

Ketuk dengan menggunakan gagang palu (jangan palunya ya) pada bagian tengah atau area yang masih termasuk tengah keramik. Fungsinya agar keramik tidak pecah dan posisi keramik menurun secara keseluruhan. 

Jika dirasa pengetukan sudah cukup dan dirasa sejajar dengan keramik yang lama, lakukan pengecekan dengan menggunakan waterpass. Caranya simpan waterpass tepat diantara pinggir yang baru dengan yang lama. Jika gelembung waterpass menunjukan posisi tengah, berarti keramik yang anda pasang telah benar. Namun jika waterpass masih menunjukkan posisi keramik tidak rata. Lakukan pengetukan sampai waterpass menunjukkan permukaan keramik datar.

Itulah sobat cara membongkar dan memasang keramik secara manual. Semoga tutorial ini bisa memudahkan anda dalam menyelesaikan permasalahan keramik lantai rumah anda. Selamat berkreativitas dan semoga anda berhasil.

Sebagai tambahan, untuk memudahkan pengerjaan pembongkaran keramik anda juga bisa menggunakan mesin slave. Hanya kelemahannya, alatnya cukup mahal.

No comments:

Post a Comment