Cara Memasang, Pengecoran Sloof pada Pondasi Rumah

pengecoran sloof
Sloof pondasi rumah

Cara Memasang, Pengecoran Sloof pada Pondasi Rumah -- Apa itu sloof dan mengapa harus memasang sloof? Sloof adalah rangka besi kea rah horizontal yang dipasang setelah pondasi batu selesai. Tepatnya di atas pondasi batu kali. Sloof biasanya menyambungkan antara kolom yang satu dengan yang lainnya.

Fungsi sloof adalah untuk mengikat dan menyalurkan beban secara merata yang dipikul oleh kolom. Sloof akan mengikat kolom dan menambah kekuatan pada pada bangunan anda, sehingga bangunan akan menjadi stabil. Sloof biasanya dipasang berdasarkan lantai yang akan dibangun. Jikan rumah berupa satu tingkat berarti sloof nya ada satu, sebaliknya jika rumah berlantai dua, maka sloofnya ada dua.

Bagaimanca cara memasang sloof dan melakukan pengecoran?


Setelah pondasi batu kali selesai dan kolom cakar ayam telah dicor, selanjutnya buatlah anyaman sloof langsung diatas pondasi. Mengapa, sebab besi sloof harus masuk kepada tiang kolom sehingga membentuk ayaman. Besi yang biasa digunakan untuk sloof biasanya berukuran 8 mm ke atas. Semakin besar, semakin kuat.
pengecoran sloof
Pondasi batu kali tempat menyimpan sloof

Setelah anyaman sloof berhasil dibuat, buatlah papan bekisting untuk sloof. Cara pembuatannya adalah ambil dua buah papan bekisting dan satukan dengan kayu kaso. Jarak lebar antara papan bekisting  adalah sebesar bata yang akan digunakan. Bahkan para tukang biasanya langsung mengambil bata saat pemakuan papan beskisting.

pengecoran sloof pondasi rumah
Besi sloof dan papan bekisting telah diletakkan


Jika papan bekisting telah dibuat, simpanlah papan bekisting diatas pondasi batu kali. Posisi besi sloof harus ditengah papan bekisting, sehingga coran bisa menutupi besi sloof.

Pergunakan juga papan kaso untuk menyetel posisi papan bekisting sloof dan gunakan pula kertas bekas pembungkus semen untuk menutup celah sehingga coran sloof tidak keluar.

Setelah papan bekisting dipasang, selanjutnya adalah membuat coran. Takarannya adalah 1 : 2 : 3 . Satu untuk semen, dua untuk split dan 3 untuk pasir. Pergunakan air secukupnya. Di lapangan takaran air biasanya cukup encer, dengan maksud beton yang encer akan bisa mengisi ruang-ruang sloof sehingga hasilnya akan lebih mulus.

pengecoran sloof pondasi rumah
Coran dimasukkan ke papan bekisting sloof

Saat coran masuk kepada papan beksiting sloof pergunakan palu dari kayu untuk diketuk-ketuk. Pergunakan pula besi untuk ditusuk-tusuk gunanya agar coran memasuki setiap ruang dari sloof.

Diamkan selama satu sampai 3 hari dan papan bekisting sloof bisa dibuka dan hasilnya bisa anda lihat sendiri. 

pengecoran sloof pondasi rumah
Cor-an sloof yang telah mengeras dibuka

Begitulah sobat cara memasang sloof rumah anda. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment