Tanaman Penyokong Ekonomi Keluarga: Alternatif saat Keuangan Morat Marit

tanaman ekonomi keluarga

Tanaman Penyokong Ekonomi Keluarga: Alternatif saat Keuangan Morat Marit -- Bingung dengan harga-harga kebutuhan pokok yang terus naik? Sebagai pengatur keluarga, terjadinya kenaikan kebutuhan pokok, tentunya menyebabkan kecemasan tersendiri. Bagaimana tidak, rasa-rasanya pendapatan yang diterima seakan tak bisa mencukupi apa yang dibutuhkan keluarga. 

Jangankan untuk berbagai kebutuhan yang sifatnya khusus seperti daging, gula, minyak, beras, dan sebagainya. Bahkan saat ini kenaikan harga telah terjadi pada harga-harga yang sifatnya sebagai bumbu. 

Sangat aneh bukan? Mungkin karena itulah sebagian konsumen beralih dari menggunakan bumbu alami dengan menggunakan bumbu instan? Namun pertanyaannya apakah bumbu tersebut dapat menjamin kesehatan anda?

Mulai sekarang, sebaiknya sekarang kita bersikap sedikit kreatif, karena untuk beberapa kebutuhan tersebut ternyata bisa kita sediakan dengan gratis. Ya dengan menanamnya di pekarangan rumah kita. 

Bersyukurlah bagi yang masih mempunyai lahan yang cukup. Namun, jangan khawatir, kalaupun rumah pekarangan kita sempit, kita bisa menanam tanaman tersebut dengan menggunakan teknik hidroponik. Teknik ini yaitu teknik menanam dimada media penyimpanan tanahnya menggunakannya bahan dari bahan yang tak terpakai seperti  peralon, platik bekas minyak sayur, kaleng susu, dan sebagainya. Sangat mudah kan?

Oke sudah siap dengan tanaman kreasi anda? Berikut Tanaman Penyokong Ekonomi Keluarga sebagai tanaman Alternatif saat Keuangan anda Morat Marit.

1. Kangkung

Penolong kebutuhan ekonomi keluarga yang pertama, yaitu kangkung. Siapa yang tak kenal dengan tanaman ini. Tanaman kangkung biasa dioleh dengan cara ditumis. Rasanya yang khas membuat hampir orang meyukai tanaman tersebut.

Untuk mendapatkannya, biasanya tanaman kangkung selalu ada di setiap toko sayuran di dekat perumahan anda. Ada banyak alasan orang membeli tanaman ini. Selain karena harganya murah meriah, tanaman kangkung juga terbukti bisa memenuhi kebutuhan akan zat besi, vitamin A dalam tubuh kita. 

Menanam tumbuhan kangkung sangat gampang. Benih kangkung yang sudah kita beli tinggal ditaburkan di tanah yang sudah digemburkan. Maka kangkung akan tumbuh dengan sendirinya. Yang menjadikan tanaman ini sedikit unik adalah sifatnya yang terus tumbuh, menjadikan tanaman kangkung sangat dianjurkan untuk di tanam di pekarangan rumah anda. 

2. Bayam

Anda ingat dengan film kartun popaye? Ya film tersebut selalu menginspirasi kita untuk selalu mengkonsumsi sayuran yang satu ini. Bayam merupakan sayuran yang kaya akan vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata anda. Sebetulnya, ada banyak kandungan lainnya pada sebuah tanaman kanggung yang tentunya bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Sama seperti kangkung, tanaman bayam juga sangat murah meriah sehingga selalu diburu oleh para ibu-ibu untuk dijadikan sup.

Jadi jangan lupa tanamlah bayam di pekarangan rumah anda. Sebab bayam terbukti bisa membantu perekonomian anda sebagai makanan sehat yang murah meriah.

3. Bawang

Jika anda seorang chep atau tukang masak, tentu mengetahui betul fungsi dari bawang. Bawang merupakan bumbu yang hampir dipergunakan dalam setiap masakan baik itu bawang merah, bawang putih, ataupun bawang daun. 

Kenaikan harga pada bawang, tentu akan sangat terasa sekali. Meskipun harganya tidak begitu mahal, tetapi jika anda cermat dengan kondisi harga bawang di tahun-tahun sebelumnya, pastinya anda akan terhenyak karena ternyata harga bawang tersebut telah mengalami kenaikan yang luar biasa. Dengan begitu tidak ada salahnya anda untuk mempertimbangkan menanam tanaman tersebut. 

4. Cabai

Masyarakat Indonesia umumnya menyukai rasa pedas. Tak percaya, lihatlah hampir semua hidangan di restoran kecil maupun besar umumnya mereka menjajakan makanan berasa pedas. Kita tahu bahwa rasa pedas berasal dari cabe, maka kebutuhan akan cabe sudah tidak bisa diganggu gugat lagi. Harga tersebut akan terasa tinggi terutama saat musim hujan. Menurut para petani, air hujan menjadikan buah cabai rontok.

Kekurangan dari tanaman cabe tersebut adalah cara menanamnya yang agak memerlukan perhatian khsusu. Jika anda ingin menanamnya, sebaiknya pelajari terlebih dahulu cara-cara menanamnya agar hasilnya maksimal.

5. Tomat

Dalam bumbu masakan, teman cabai adalah tomat. Tomat biasanya dipergunakan untuk berbagai keperluan seperti sambal, penyegar masakan, dan juga sebagai jus. Seperti bumbu lainnya, tomat termasuk bumbu yang wajib dipergunakan dalam setiap masakan. Untuk itulah, segeralah menanam tanaman tersebut sebab tanaman tomat sangat mudah untuk ditanam, dengan begitu kebutuhan akan tomat sedikitnya akan menyelamatkan ekonomi anda saat keuangan anda morat marit.

Itulah Tanaman Penyokong Ekonomi Keluarga sebagai Alternatif saat Keuangan kita Morat Marit. Mudah-mudahan bermanfaat, dan yang pasti seperti apapun keadaan ekonomi berlangsung di negeri kita, tidaklah lantas membuat kita putus asa. Jadikan segala sesuatunya menjadikan kita akan terus kreatif dan berpikir positif. 

No comments:

Post a Comment