Sumbangsih Bisnis Online Bagi Perkembangan Bangsa

bisnis online
Komputer sebagai Sarana Bisnis Online

Sumbangsih Bisnis Online Bagi Perkembangan Bangsa -- Di Indonesia, fenomena bisnis online saat ini menunjukkan peningkatan yang signifikan. Hampir setiap saat kita melihat para penjual online terus membanjiri dengan situs-situs pribadi ataupun situs member jasa online. Tak hanya itu, beberapa bisnis online lainnya pun semakin menjamur seperti perusahaan media portal, blog, sampai perusahaan aplikasi jasa angkutan pribadi maupun kargo. 

Banyaknya produk online yang tidak terbatas ruang dan waktu menjadikan bisnis online menjadi magnet tersendiri, terutama kalangan muda dengan penguasaan IT-nya. Bisnis online menjadi perilaku masal perubahan perilaku dan kepercayaan masyarakat dari bisnis offline ke bisnis online.

Memang, bisnis online pada awalnya kurang diminati mengingat kurang ada kepercayaan masyarakat terutama yang terbiasa dengan system penjualan offline, namun seriring dengan perbaikan di berbagai system penjualan tersebut manjadikan kini masyarakat Indonesia banyak yang melakukan transaksi via online.

Transaksi secara online, tentu mempunyai kelebihan tersendiri daripada bisnis offline, utamanya dari segi keefektifan, misalnya kita tidak perlu harus bermacet ria untuk datang ke toko. Selain itu kita juga bisa membandingkan produk-produk sejenis untuk membandingkan kualitas dan harga dengan tidak perlu mengeluarkan energy seperti halnya kita mencari di mall-mall.

Namun terlepas dari itu semua fenomenta tersebut tentunya memberikan nilai positif bagi pembangunan bangsa. Berikut merupakan sumbangsih bisnis online bagi perkembangan bangsa berikut ini.

1. Ikut Memberantas Pengangguran

Keutamaan bisnis online adalah bisnis ini bisa dilakukan oleh siapapun tanpa harus mengeluarkan modal besar. Tidak seperti bisnis offline yang harus memajang produk secara real, produk bisnis online bisa dilakukan karena hanya memajang catalog yang berupa gambar atau contoh produk. 

Dengan kemudahan-kemudahan tersebut menjadikan bisnis online secara tidak langsung dapat mengurangi pengangguran. Dengan adanya perkemabangan tersebut seharusnya pemerintah lebih bisa memahami fenomena tersebut sebagai gejala positif dengan mendukung setiap usaha yang bisa menciptakan kemandirian rakyatnya.

2. Melahirkan Jiwa Mandiri

Kebanyakan impian dari seseorang adalah menjadi karyawan di perusahaan besar dengan segudang prestasinya. Tapi tahukan bahwa menciptakan sendiri lapangan usaha jauh lebih baik daripada menjadi karyawan, karena selain ia menjadi pribadi yang mandiri juga bisa menyerap tenaga kerja yang lainnya. 

Banyaknya pebisnis online merupakan indikasi bahwa masyarakat lambat laun bisa mendidik jiwa yang mandiri. Jiwa yang tak mengandalkan perusahaan untuk selalu menjadi karyawan, tetapi pribadi pengusaha yang mandiri berdiri di atas kaki sendiri.

3. Menyokong Bidang lain Ikut maju

Banyaknya transaksi yang terjadi secara online menjadikan anugerah bagi usaha pendukung lainnya seperti jasa pengiriman atau logistik. Kita bisa melihat saat ini bagaimana sibuknya jasa pengiriman seperti JNE, POS, TIKI di setiap titik yang tersebar di seluruh nusantara. Aktivitas online yang tidak terikat ruang dan waktu menjadikan beberapa perusahaan pengiriman melayani pengiriman barang hampir 24 jam. 

Perusahaan lainnya yang ikut menikmati dari perkembangan bisnis online yaitu perusahaan kargo, perusahaan penerbangan, bahkan perusahaan bank. Perusahaan kargo umumnya melayani pengiriman barang yang berupa paket dengan ukuran berat yang lebih besar dengan jalur darat. Perusahaan penerbangan umumnya mendukung pengiriman paket dalam hal kecepatan pengiriman. Bagi beberapa perusahaan online yang menginginkan pengiriman kurang dari satu hari yang melayani antar pulau atau antar negara (impor ekspor) umumya menggunakan jasa penerbangan. 

Pun tak ketinggalan dengan metode pembayaran yang disediakan perusahaan bank menjadikan bisnis online memberikan sumbangsih transaksi pendapatan. Banyaknya proses transfer menjadikan bank-bank baik swasta maupun negeri memberikan layanan yang support terhadap berbagai macam metode pembayaran baik melalui transfer via ATM, transfer via Internet Banking, Maupun transfer via Mobile banking.

4. Mendidik untuk Selalu Maju

Siapapun yang ingin bergelut dalam dunia bisnis online diperlukan rasa ingin maju. Mereka harus membekali dengan berbagai kemampuan terutama dalam hal internet marketing. Untuk itu, para pebisnis online umumnya mereka adalah para internet marketing yang terbiasa berurusan dengan programming, desain, SEO dan sebagainya. 

Maka siapapun yang ingin sukses dibisnis online, mereka harus bisa mengupgrade pengetahuan dan keterampilan dalam berbagai ilmu yang berhubungan dengan dunia internet. Misalnya dalam hal mencari pengunjung, mau tidak mau mereka harus mempunyai posisi webnya di secarch engine seperti google, yahoo, bing, altavist, yandex dan lain-lain sebab dengan menempati page satu potensi keuntungan akan lebih besar.

5. Mitos Pengusaha Modal Mesar

Kini dengan adanya bisnis online secara tidak langsung mengajarkan pada kita bahwa untuk menjadi pengusaha tidaklah harus menggunakan modal yang besar. Tapi yang digunakan benar-benar pengetahuan. Hal itu berbanding terbalik dengan bisnis offline dimana seorang pengusaha untuk menjual barang tentu membutuhkan ruang, tempat, dan juga karyawan yang tentunya akan menghabiskan modal sebelum kita benar-benar bertransaksi sebagai proses jual beli.

Itulah Sumbangsih Bisnis Online Bagi Perkembangan Bangsa. Semoga dengan adanya perkembangan di dunia internet, kita bisa memanfaatkan sebaik-baiknya dengan nilai-nilai yang positif seperti menjadikan internet sebagai penyokong kehidupan kita, sumber pendapatan, menjadi lahan bisnis yang menjanjikan. 

Memang internet bisa saja membawa petaka, tetapi jika dikelola dengan baik keberadaan internet dapat menjadikan modal besar untuk kehidupan yang lebih baik. Semoga artikel ini bermanfaat…



No comments:

Post a Comment