Keamanan, Prioritas Utama Bloger untuk Monetisasi

Keamanan, Prioritas Utama Bloger untuk Monetisasi -- Terkadang dalam segala hal kita seringkali mengabaikan pentingnya sisi keamanan. Padahal, di negara maju, apapun yang dikerjakan baik itu berupa produk ataupun teknis, keamanan merupakan kunci utama yang diprioritaskan. Beberapa perusahaan, misalnya pembuat pesawa terbang, hal yang utama mereka antisipasi adalah sisi keamana baik untuk pilot ataupun bagi penumpangnya. Pun termasuk bagi para bloger dalam kegiatan ngeblog-nya. 

Bukan tanpa alasan, setiap bloger tentu mempunyai tujuan tertentu, yang umumnya berharap dari hasil blog tersebut bisa dimonetisasi sehingga bisa menambah penghasilan. 

Apa jadinya jika blog yang kita kelola tiba-tiba rusak hanya karena tindakan orang yang tidak bertanggung jawab. Banyak berbagai alasan mengapa orang bisa melakukan hal yang tidak terpuji, seperti kurang pemahaman akan pentingnya hak cipta intelektual; malas tetapi ingin cepat mempunyai blog ramai pengunjung; karena, iseng padahal membahayakan orang lain; atau bisa juga karena merasa iri dengan prestasi yang kita perbuat. 

Sebagai pemilik blog, tentunya kita merasa sedih, karena untuk memajukan blog hingga menjadi ramai pengunjung bukanlah perkara yang mudah. Selain waktu dan ide, banyak hal lainnya yang telah kita korbankan. Perjuangan kita bisa saja menjadi sia-sia. 

Jangan copas blogku

Sebelum segala sesuatunya terlambat alangkah baiknya kita melindungi diri sebagai upaya mengamankan blog kita. Untuk itu, berikut langkah yang bisa kerjakan guna mengamankan blog kita

Cara atau langkah Pengamanan Blog bagi blogger untuk Monetisasi


1. Pengamanan dari Tukang Copas

Aktivitas plagiat yang dilakukan dengan cara tindakan copas merupakan hal yang sangat menjengkelkan, siapapun tahu itu. Di dunia nyata, sebenarnya tindakan tersebut termasuk kejahatan intelektual yang bisa dipersidangkan. 

Contoh kasus, jika ada seorang mahasiswa yang membuat skripsinya melalui tindakan copas dari skripsi orang lain, maka gelar kesarjananya atau doctor-nya akan dihapus oleh pihak kampus sebagai pengeluar kebijakan. Andai saja, si tukang copas tersebut telah menempati posisi penting di perusahaan atau pemerintahan, dan ketahuan hasil skripsinya dari hasil copas, maka ia pun akan dipecat dari pekerjaannya tersebut. Sungguh sangat mengerikan.

Ini dunia bloger, tentu hukumannya tidak akan menyangkut pidana. Tapi setidaknya bisa membuat bloger si tukang copas akan merasa jera dengan tindakannya. Hal yang harus anda lakukan untuk langkah pengamanan adalah dengan memasang anti copas dan mendaftarkan sebagai anggota DMCA. 

Dengan pemasangan anti copas, maka blog anda tidak bisa diklik kanan dan lakukan copy. Dengan anti copas, fasilitas tersebut dihilangkan sehingga apabila mereka (tukang copas) akan melakukan aksinya, mereka tidak bisa berbuat banyak. Ya mereka harus mengetik ulang secara manual, pastinya tukang copas gak akan mau kan? (wong pegel jari dan mata mereka jadinya rabun he…). 

Sedangkan, apabila artikel anda sudah terlanjur dicopy paste, maka langkah yang anda bisa lakukan adalah dengan melaporkan kepada pihak DMCA bahwa artikel kita telah dicopy. Maka pihak DMCA akan menurunkan posisi artikel mereka, bahkan bisa sampai menghapus artikel ataupun website copas dari mesin pencari google. 

2. Pengamanan dari Pencurian Artikel

Selain pencurian dengan tindakan copas, tindakan lainnya yang sungguh tidak terpuji adalah dengan melakukan pencurian artikel dari RSS kita. 

Jika kita mengetik di browser nama blog kita dengan penulisan seperti ini www.(namablogkita).com/ RSS, maka semua artikel kita akan terlihat secara gamblang. Ini tentunya bisa saja digunakan oleh orang yang tak bertanggung jawab sebagai akses untuk mencuri artikel kita. 

Langkah yang bisa bisa lakukan adalah dengan menyingkat RSS kita. Caranya dengan melakukan penyetingan di dasboard blogspot kita menjadi penyingkatan. 

Dengan begitu, artikel di RSS feed kita tidak akan terlihat secara utuh, tetapi hanya terlihat sebagian, mirip fasilitas read more. Si tukang copas pun akan berpikir ulang untuk melakukan pencurian dengan fasilitas RSS feed.

3. Keamanan dari Tindakan Spam

Selain dengan tindakan pencurian konten, upaya tindakan yang tidak terpuji lainnya adalah dengan melakukan tindakan spam. Yang paling banyak dilakukan misalnya dalam cara mengisi kolom komentar dengan tindakan spam. 

Kita tentu tahu, bahwa backlink bagi sebuah blog itu sangat penting. Dan salah satunya dengan melakukan blogwalking dengan memberi komentar pada blog yang berpage rank tinggi. Tetapi kebanyak cara mengisi kolom komentar tersebut dengan tindakan yang salah. Seharusnya kolom komentar, adalah alat berkomunikasi tentang hal yang dibahas di artikel tersebut, saling menguatkan data, menambahkan ide, dan upaya diskusi lainnya yang bersifat positif. 

Kenyataannya, banyak komentar di blog yang dijadikan alat untuk promosi seperti menyertakan link aktif, berjualan, bahkan memasang banner yang tidak pantas. Ini tentu merugikan. Banyaknya tindakan spam yang terjadi pada blog kita akan menyebabkan pihak google memandang rendah kualitas blog kita, yang akhirnya blog kita akan diturunkan rankingnya di mesin pencari.

Langkah yang bisa kita lakukan adalah dengan melakukan pemilteran dengan mengaktifkan fasilitas moderasi di dashboard blog kita. Jadi, setiap orang yang melakukan komentar, akan masuk ke moderasi. Apabila komentar tersebut baik dan sesuai dengan yang kita harapkan maka, komentar mereka akan muncul. Fasilitas tersebut sangat membantu bagi blogger untuk mencegah komentar spam, jadi pertimbangkan untuk mengaturnya mulai dari sekarang.

4. Pengamanan Ancaman Malware

Blogger dari blogspot merupakan bagian dari blogger yang tentunya memiliki pengamanan yang super ketat. Namun terkadang kita melakukan kecerobohan penyetingan yang menydebabkan masuknya malware. Tindakan yang paling umum masuknya malware karena mengganti template. 

Template bawaan blogspot tentu template standar, dan kebanyakan blogger kurang begitu menyukainya. Maka merekapun biasanya mencari dengan mendowload template gratis yang berserakan di mesin pencari dengan harapan ingin mempercantik tampilan dengan template yang super keren 

Tahukah kamu, bisa saja  dalam template tersebut terkandung malware yang menyebabkan blog kurang sehat. Jika kita ingin mengganti template, diusahakan pastikan terlebih dahulu bahwa template tersebut benar-benar tidak mengandung malware. 

Jika anda tetap ingin mengubah tampilan template dengan template yang bagus, sebaiknya belilah template premium. Template premium dipastikan aman karena memang kita mempunyai hak penuh atas template tersebut.

Bagaimana cara mengecek ada atau tidak adanya ancaman? Kita bisa menggunakan fasilitas webmaster google. Disana akan terlihat seberapa besar keamanan dan kebersihan blog kita. Jika ada sesuatu yang mencurigakan biasanya webmaster akan memberitahu kepada kita, hingga kita bisa melakukan upaya pembersihan dengan mengikuti langkah-langkah dari webmaster itu sendiri. 

5. Pengamanan dengan Backup Data

Lankah terakhir sebagai upaya pengamanan blog kita adalah dengan melakukan backup rutin. Bisa setiap minggu atau setiap bulan. Dengan upaya backup maka segala kesalahan seperti tindakan kecerobohan dalam penyetingan akan teratas. Selain itu hal yang paling penting adalah penyelamatan data dari blog andai sesuatu hal terjadi pada blog kita. Kita bisa melakukannya melalui menu dashboard blospot kita.

Demikian Cara mengamankan Blog kita untuk Monetisasi. Semoga dengan adanya upaya ini kita lebih memantapkan diri untuk menjadi bloger dengan tujuan yang positif. Dari paparan diatas kita dapat menyimpulkan bahwa pada dasarnya keamanan mutlak diperlukan sepagai upaya prioritas, guna meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. Tetap waspada dan teruslah berkarya. 

No comments:

Post a Comment