8 Langkah Memulai Bisnis ATK: Tips dan Cara Sukses jadi Jutawan

Binsis Alat Tulis Kantor
Alat Tulis Kantor

8 Langkah Memulai Bisnis ATK sebetulnya merupakan Tips dan Cara sukses seorang wirausahawan untuk menjadi Jutawan dari sekian lahan bisnis  yang ada. 

Nama ATK pastinya setiap orang sudah mengetahuinya. ATK merupakan kependekan dari Alat Tulis Kantor, orang sering menyebutnya dengan ATK. Entah siapa yang memulai yang pasti segala hal yang ada di negeri ini selalu saja ada singkatannya. Padahal jika disebutkan secara utuh, orang pasti akan mengenalnya dengan segera. 

Sejak kita mengenal dunia pendidikan, sebetulnya sejak saat itulah kita selalu berdampingan dengan barang-barang ATK. Pulpen dan kertas adalah salah satu dari banyaknya produk ATK yang membanjiri negeri ini, termasuk saat kita belajar menulis dan membaca. 

Hingga saat ini pun, kebutuhan akan ATK cenderung stabil bahkan meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini bisa dimaklumi karena media pembelajaran dan kebutuhan instansi yang terus berkembang menjadikan lahirnya produk-produk ATK lainnya. 

ATK kini merupakan kebutuhan wajib di semua instansi, baik swasta maupun negeri. Itulah mengapa bisnis Alat Tulis Kantor merupakan celah yang sangat strategis untuk digarap secara maksimal. 

Jika anda tertarik untuk berbisnis di bidang ini, tak ada salahnya bisnis ini untuk ditekuni dengan sungguh-sungguh. Telah banyak para jutawan yang berhasil dalam mengembangkan bisnis ini. 

Namun anda tak perlu cemas akan sempitnya lahan bisnis ini, sebab pemain ATK ternyata hanya itu-itu saja. Mereka umumnya merupakan pemain di beberapa wilayah perkotaan. 

Hal ini tentunya menjadi angin segar bagi pelaku bisnis lainnya. Luasnya wilayah nusantara menjadikan bisnis ATK termasuk hal yang paling menggiurkan. 

Memang, untuk sukses dalam berbisnis ATK tentu tidaklah mudah, perlu suatu pemahaman dan keuletan tersendiri. Nah Jika anda tertarik, ada baiknya perhatikan langkah berikut ini, agar bisnis Alat Tulis Kantor anda mengalami perkembangan yang pesat. 

1. Kenali Produk ATK (Alat Tulis Kantor)

ATK merupakan alat yang dibutuhkan untuk keperluan kantor, barang-barangnya pun sangat beragam. Keberagaman inilah yang terkadang membingungkan pembeli dan penjual. Untuk itulah diperlukan pemahaman akan macam-macam ATK itu sendiri. Di lapangan, terdapat banyak perbedaan nama dengan nama yang sesungguhnya. 

Memang, ada orang yang menamakan berdasarkan kebiasaan di masyarakat, ada yang menyebutnya dengan nama bahasa Indonesia, bahkan ada yang menyebutnya dengan nama bahasa inggris. 

Sebagai pebisnis ATK tentunya kita harus mengetahui semua penamaan tersebut, misalnya kata stip, punch holder, ordner, atau sciosor tentunya tak banyak orang mengetahuinya. Padahal apabila diperlihatkan barangnya, tentu semua akan mengerti dan tahu barang yang dimaksud.

Untuk itu, pemahaman produk, dalam hal ini mutlak harus kita kuasai. Kita bisa memualainya dengan membuat catalog lengkap dengan gambarnya, sehingga seiring dengan perkembangan waktu kita akan semakin mengetahui barang tersebut secara jelas.

2. Temukan Distributor

Menemukan Distributor ATK merupakan hal yang wajib untuk anda ketahui. Sebab dari sinilah cikal bakal kuat atau tidaknya bisnis ATK anda. Dengan mengetahui distributor, maka kita akan mendapatkan harga yang sangat kompetitif. Dengan mendapatkan harga yang murah, kita bisa mengolah harga agar bisa masuk dalam segala persaingan harga di pasaran. Kita bisa menemukan distributor tentu saja di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, ataupun Bandung. Di Jakarta misalnya, yang menjadi pusat distributor ATK biasanya sekitar wilayah Pasar Pagi Asemka, atau kawasan Jatinegara.

Untuk mendapatkan harga murah dari distributor memang tidaklah mudah, sebab para distributor tidak akan memberikan harga tanpa adanya “kepercayaan” dari pembeli. Pihak distributor biasanya akan mempercayai kita jika memang sering membeli dalam jumlah besar. Harga distributor yang murah, tentunya berbeda dengan harga murah yang hanya sekali beli. Harga langganan biasanya jauh lebih murah dari harga biasa meskipun sama-sama dari distributor.

Disinilah letak dilemanya, di satu sisi kita harus mendapatkan harga murah, tetapi di sisi lain untuk mendapatkan harga murah kita harus sering melakukan transaksi. Solusinya adalah pada awal-awal, kita harus bisa mencari orderan, walaupun dengan tidak mengambil margin yang terlalu besar. Sasaran kita adalah mendapatkan kepercayaan dari distributor untuk mendapatkan harga murah. 

Seiring dengan waktu, karena seringnya bertransaksi dengan distributor, maka kita pun akan mendapatkan harga jauh lebih murah dari harga biasanya. 

Cara lain agar kita bisa mendapatkan harga murah dari distributor adalah dengan mencari orang yang bisa berhubungan langsung dengan distributor ATK. Kalau ada saudara, itu lebih baik, jikalau bukan kita bisa menyewa jasa untuk sekedar mempertemukan dengan distributor tersebut. 

3. Tips Pemenang: Temukan Importir

Jika ingin menjadi pemenang dalam bisnis ATK, menjadi importer langsung adalah kuncinya. Namun untuk menjadi importer sangat sulit bagi perusahaan pemula. Selain kelengkapan dokumen, dana yang besar, dan kepercayaan produsen, jalur impor yang cukup rumit juga seringkali menjadi penghalang dalam suksesnya mengimpor barang.

Negara yang paling sering dijadikan acuan untuk impor adalah negara China. Seperti yang kita ketahui negara China adalah negara yang maju dalam segala hal, termasuk berbagai jenis ATK. Di China harga ATK tentu sangat jauh lebih murah daripada di dalam negeri, hal ini dikarenakan China adalah sebagai negara produsen. 

Siapa yang diuntungkan? Ya tentu saja orang China di perantauan. Bagi mereka melakukan impor tentu sangat mudah, sebab seperti “membeli pada keluarganya”. Berbagai tahapan yang biasanya rumit akan terasa lebih mudah, sebab ada persamaan andara orang China asli dengan ornag China di perantauan seperti bahasa dan kebudayaan. 

Jadi jangan heran jika pemain ATK untuk “jalur atas” dikuasai oleh orang-orang China. Namun seiring dengan semakin terbukanya dunia perdagangan bebas dan dunia internet, akses impor bagi sebagian orang sudah semakin difahami (tidak hanya orang China). Saat ini banyak orang pribumi pun yang telah mampu mengimpor barang langsung kepada negara China.

Jika kita sungguh-sungguh dan di dukung dengan modal yang cukup besar, ada baiknya untuk mempertimbangkan menjadi seorang pemain ATK dengan cara mengimpor langsung. Dengan mengimpor kita akan mendapatkan modal untuk bersaing dalam dunia ATK yaitu harga murah. 

Sebab dalam dunia dagang, mendapatkan harga yang murah merupakn rumus untuk sebuah kemenangan.

4. Buka Outlet Copy Center dan Toko Buku

Setelah kita mendapatkan harga yang murah baik dari distributor ataupun dari impor. Maka langkah selanjutnya adalah membuka outlet.

Outlet sebenarnya mempunyai dua kegunaan yakni sebagai tempat menyimpan sekaligus sebagai tempat menjual barang. 

Untuk barang yang disimpan dioutlet dapat kita jual dengan harga eceran. Sementara barang yang masih berada di belakang outlet dapat disalurkan kepada pengecer dengan harga yang sedikit lebih murah. 

Agar outlet lebih ramai sediakan juga fotocopy centernya untuk menarik pengunjung. Dengan begitu perputaran barang akan semakin cepat. 

5. Perkuat Legalitas untuk Lelang Tender

Usaha apapun agar lebih kuat haruslah ditopang dengan legalitasnya. Kita bisa membuatnya dalam bentuk CV atau PT. Dengan adanya legalitas perusahaan, perusahaan lain, dinas, atau instanso lain akan percaya bahwa perusahaan kita memang ada dan legal. Untuk keperluan yang berhubungan dengan pemerintah pasti legalitas perusahaan dibutuhkan.

Legalitas perusahaan harus diurus sampai berstatus sebagai PKP (Pengusaha Kena Pajak) dimana perusahaan tersebut dapat mengeluarkan faktur pajak. Faktur pajak sangat berguna terutama apabila kita menjadi rekan instansi tertentu. 

Perlu diketahui bahwa proyek-proyek besar biasanya didapat dengan cara tender, terutama jenis tender terbuka. Syarat untuk bisa mengikuti lelang tender adalah dengan melengkapi dokumen perusahaannya dengan lengkap,  termasuk juga dalam hal pajak (tidak bermasalah dengan pajak).

Bagaimana cara mengikuti lelang tender? Informasi terkait lelang bisa kita akses yang biasanya dimuat di sarat kabar nasional, Web Lembaga LPSE, atau situs-situs dinas terkait.

Ikutilah proses lelang dengan cara sportif dan sebenar-benarnya. Jika kita benar-benar dapat memberikan harga termurah, maka perusahaan kita besar kemungkinan akan memenangkan tender tersebut. Nilai tender terbuka biasanya ratusan juta atau milyaran. Karena biasanya kebutuhan ATK untuk jenis lelang tender ini untuk keperluan kantor atau sekolah dalam satu wilayah tertentu, misalnya kabupaten atau provinsi. 

Dapat kita prediksi berapa besar keuntungan yang kita dapat dalam sekali tender. Ini sungguh menggiurkan.

6. Perkuat dengan Online

Saat ini, bisnis online tumbuh dengan pesatnya. Untuk itu memperkuat bisnis ATK kita juga dengan membuat toko online. Memang, pengaruh toko online tidak sedahsyat dengan tender, tetapi efek branding perusahaan yang dihasilkan sangat luar biasa. 

Lagi-lagi jika perusahaan kita bisa mengalahkan harga pesaing dengan harga yang murah, tentunya nama perusahaan kita akan semakin berkibar setidaknya di dalam negeri.

Untuk pembelian dalam jumlah besar biasanya konsumen akan datang dengan sendiri ke tempat kita, tetapi untuk mengetahui keberadaan perusahaan kita pastinya saat ini adalah dengan menemukannya di media internet.

Agar hasilnya maksimal, sebaiknya perkuat bisnis ATK secara online dengan merekrut para pakar di bidang internet marketing dan ahli SEO sehingga di setiap mesin pencari, nama perusahaan kita menjadi yang terdepan. 

Sebagaimana yang sudah kita ketahui bersama, apabila nama perusahaan kita bisa mampu menjadi yang pertama di mesin pencari, besar kemungkinan bisnis ATK kita akan sukses berkali lipat. 

7. Franchise

Kedepannya, jika usaha kita benar-benar sudah besar bisa juga membuka franchaise di beberapa wilayah. Alasan franchaise harus diperhitungkan yaitu sifatnya yang memudahkan kita untuk berkoordinasi dan kepastian pengiriman barang secara konstan, menjadikan model franchaise dilakukan seiring dengan perkembangan suatu perusahaan, termasuk juga dalam bisnis ATK.

8. Promosi Setiap Saat

Hal terakhir dalam memajukan usaha ATK kita adalah dengan selalu promosi setiap saat. Karena selama perusahaan kita berjalan, sepanjang itu kita harus tetap melakukan promosi melalui berbagai media. Baik yang sifatnya gratisan ataupun yang berbayar.

Promosi bisa juga dilakukan seperti menjadi sponsor atau menjadi donator. Intinya jika perusahaan besar jangan lupa untuk membuat hal yang bermanfaat kepada masyarakat sekitar, seperti kegiatan CSR.

Semoga artikel ini bermanfaat. Intinya dari berbisnis ATK adalah bagaimana caranya kita mencari distributor atau produsen ATK sehingga kita mendapatkan harga murah yang tentunya bisa bersaing dengan siapapun. Harga murah menyebabkan kita bisa menyesuaikan berbagai jenis transaksi baik secara eceran, lembaga dengan lembaga, pun termasuk dengan pemerintah dengan lelang tendernya.

Tag: Distributor, Suplier ATK, Grosir,toko online ATK, Harga, Produk, Franchise, Macam-macam, daftar harga, nama ATK

No comments:

Post a Comment