7 Hal Mengapa Jualan Bakso Sangat Menguntungkan: [Cara Sukses Berbisnis Makanan serba Mie]


Anda suka bakso? Bakso tentunya sudah tidak asing lagi di pendengaran kita. Bakso merupakan salah satu makanan yang popular bagi masyarakat Indonesia. Di luar negeri namanya meatball, karena ciri khasnya adalah bulatan daging.

Teman bakso yaitu mie, masyarakat Indonesia sering menyebutnya mie bakso. Jadi bakso termasuk salah satu produk dari varian mie yang saat ini banyak di pasaran seperti mie ayam, mie ramen, mie kocok, mie instan, dan sebagainya.

Entah siapa yang pertama membuat resep bakso. Faktanya kini bakso menjadi trend makanan masyarakat Indonesia. Wajar, jika bakso menjadi incaran pebisnis kuliner, sebab berbisnis makanan ini cukup menjanjikan.

Bagaimana tidak, berjualan bakso banyak yang mengantarkan para pengusaha untuk menjadi jutawan. Tapi jangan terlalu ngiler, banyak pula pengusaha bakso mengalami kerugian.Ya, kesuksesan tidaklah menghampiri setiap orang. Hanya orang tertentulah yang akan diberi kesuksesan, termasuk anda, jika ingin memulai bisnis makanan ini. Intinya kenali dan pelajari terlebih dahulu.

Banyak orang bertanya apakah benar berbisnis bakso itu menggiurkan? Jika ya, apa yang menjadi alasan dari argument tersebut. 

Sederhananya gampang, jawablah pertanyaan ini: 
Apakah anda suka bakso? 
Apakah keluarga anda suka bakso?
Apakah teman anda suka bakso? 

Pasti jawabannya ya. Tapi belum tentu, ada juga yang tidak terlalu suka bakso. Namanya juga selera pasti berbeda-beda.  

Pada intinya, semua bisnis berpotensi mengalami dua opsi, yakni kesuksesan dan kerugian. Jika Anda memilih jawaban pertama artinya anda harus bekerja ekstra termasuk memperlajari  apa yang menjadi alasan seorang pengusaha sukses, apa yang menjadi alasan mengapa bisnis tersebut layak untuk kita jalankan.

Namun Jika anda menjawab jawaban kedua silahkan tekan tombol close sekarang juga. Karena hanya akan membuang waktu dan uang (kuota internet) anda. Tetapi jika anda ingin sebuah proses untuk menggeluti bisnis ini, saya tekankan silahkan baca artikel ini sampai tamat, setidaknya bisa menjadi gambaran dan alasan mengapa bisnis ini patut anda perhitungkan. Mengapa berbisnis bakso bisa menjadi pilihan usaha anda.

7 Hal Mengapa Jualan Bakso Bisa Menguntungkan: [Tips dan Cara Sukses Berbisnis Makanan serba Mie]


Bagi pebisnis, kata “Untung” merupakan sebuah kata keramat. Sebab kata untung menyimbolkan keringat, ide, konsistensi, dan usaha yang pantang menyerah. 

Tetapi ada label yang lebih tinggi dari kata untung, yakni Sukses. Karena untuk menjadi pengusaha yang sukses tidakah hanya mendapat keuntungan sekali saja. 

Misalnya, ada seorang pengusaha bisa meng-goal-kan sebuah peroyek tender dengan nilai proyek yang fantastic. Apakah mereka untung? Ya tentu saja, tetapi belum tentu menjadi pengusaha sukses. 
Untuk bisa sukses tidak bisa dikategorikan dengan keuntungan yang sekali atau dua kali, tetapi diperlukan konsistensi secara menyeluruh. Pun dengan kerugian, para pengusaha sukses bukan tidak pernah mengalami kerugian, bisa jadi mereka mengalaminya, bahkan bisa berkali-kali. 

Tetapi mereka percaya proses, dimana setiap usahanya, diperlukan pemahaman dan praktik dari tangga dasar sampai ke level paling atas. Memahami dengan cara seksama, hal apa saja yang bisa berpotensi menjadi sebuah kesuksesan termasuk dalam upaya mencari keuntungan dari berbisnis bakso. Ini alasannya.

1. Potensi Keuntungan Melipat


Melihat potensi keuntungan, intinya, ada keinginan untuk berupaya supaya tidak rugi, dan berusaha untuk selalu untung. Sebab, buat apa kita berbicara terlalu jauh kalau toh bisnis ini tidak berpotensi menguntungkan, ya kan? Jadi potensi keuntungan sangat penting untuk dikalkulasi dengan baik bukan diandai-andai.
Untuk melihat seberapa besar potensi keuntung dari jualan bakso, tidak ada jalan kecuali dengan merinci semua kebutuhan dari semua biaya dengan membandingkan dengan potensi penjualan di lapangan.

Mari kita buktikan potensi kuntungan bakso berikut ini dengan simulasi secara manual.

Simulasi Manual:

KlasifikasiBiaya-BiayaPer BulanPer Tahun
AsetGerobak
500.000

Mangkuk 6 buah
300.000

Sendok Garpu
100.000

Panci 3 Buah
400.000

Kompor
350.000

Tabung Gas
250.000

Kursi Plastik
300.000

Spanduk
200.000
OperasionalSewa Tempat10.000.000

Listrik dan Air150.000

Isi gas 3 kg35.000
Biaya ProduksiBakso@4000

Mie@1000

Bumbu@500

Kecap dan Saus@500

Total Biaya Rp12.00018.000.000
Penjualan100 / porsi @12.000 x 30 hari36.000.000

Margin18.000.000

Total Modal Awal sebesar Rp30.585.000

Analisa:

Dari analisa di atas kita dapat menyimpulkan MODAL pertama saat berbisnis sebesar Rp 30.585.000. Bulan selanjutnya hanya Rp 18.185.000

Penjualan bulan pertama mendapatkan laba kotor (bruto) sebesar Rp 36.000.000  dan laba bersih (Netto) sebesar Rp 18.000.000 

Artinya untuk bisa melunasi Modal Awal kita membutuhkan waktu selama  bulan 3 bulan. Dengan bonus berupa aset sebesar Rp 2.700.000

Dari analisa tersebut juga
Keuntungan: Dalam satu bulan netto sebesar Rp.18.000.000. Dalam satu tahun Netto yang kita dapat sebesar Rp 216.000.000.


Analisa Trend Masyarakat

Analisa secara manual sebenarnya merupakan analisa yang mengarah kepada teknis dalam menentukan sebuah margin. Analisa tersebut sangat penting, tetapi sifatnya hanya teknis. 

Untuk menguatkan analisa tersebut diperlukan analisa lainnya, termasuk dalam trend masyarakat di suatu tempat. Analisa tersebut baisanya berhubungan dengan kepuasan dan selera.

Ya, bisnis kuliner sebetulnya bisnis yang hampir sama dengan fashion, selalu ada tantangan dari produk-produk lainnya. Maka analisa tend terhadap bisnis bakso pun harus kita analisa dari tahun ke tahun.

Mengapa analisa ini penting? Anda tentu ingat dengan fenomena batu akik, dan tanaman anturium? kira-kira seperti itu, intinya agar mendapatkan simulasi untuk memastikan, setidaknya bisnis ini bukanlah bisnis yang temporal tapi sebuah bisnis yang tahan lama, bahkan kalau perlu diturunkan kepada generasi seterusnya.

Mari kita lihat trend masyarakat, khususnya Indonesia akan kebutuhan akan konsumsi bakso berikut ini.



Dari data di atas kita dapat mengetahui bahwa bisnis bakso dari tahun 2005-2015 mengalami peningkatan. Sekarang mari kita lihat lebih spesifikasi lagi. Masih menggunakan google trend ternyata topik baso diurutan paling tinggi adalah tofik bakso-food.

2. Pengaruh Cuaca

Sekilaspun kita tentunya faham, cuaca dan iklim sangat berpengaruh kepada makanan, terutama jenis olahan. Dahulu orang Eropa datang ke wilayah nusantara hanya untuk mencari rempah-rempah guna menghangatkan tubuhnya, sebab iklim di eropa cenderung dingin.

Sementara di daerah Afrika, air merupakan kebutuhan yang sangat krusial di sana iklimnya panas. Di negara kita jumlah kadar hujan dan masa kemarau cenderung seimbang , jadi wajar jika berbagai jenis makan di negara kita lebih bervariatif. Namun memang ada yang terpengaruh oleh cuaca, ada yang tidak. 

Penjual es tentu tak akan mendapatkan keuntungan yang signifikan jika musim hujan. Begitupun di saat panas sangat terik, apakah anda mau meminum wedang jahe? 

Namun hal ini tidak dengan makanan bakso? Saat hujan bakso terasa nikmat, pun saat cuaca terik. Basko juga bisa dihidangkan pada siang hari sampai malam hari. Jadi orang percaya bahwa bisnis bakso adalah bisnis yang tidak terpengaruh dengan adanya cuaca. 


3. Menjadi Sarana Pergaulan


Sekilas tampak aneh, kok ada hubungannya antara bakso dan pergaulan. Faktanya memang bakso bisa menjadi ajang pergaulan. Tunggu dulu, ini memang tidak semuanya. Hanya para pebisnis bakso modern saja yang bisa menjangkau kondisi ini.

Para pebisnis bakso modern, biasanya akan membuat gerai bakso yang cukup nyaman, sehingga secara tidak langsung memberikan ruang untuk bersantai. Mirip dengan cafĂ© hanya menunya ya bakso. 

Gerai bakso seperti ini biasanya sangat digemari terutama kaula muda, keluarga, bahkan relasi bisnis. 

Memanjakan Pasangan dan Keluarga

Mari sejenak nostalgia, apakah anda pernah mengajak pasangan anda untuk mentraktir makan bakso. Bagi pasangan muda-mudi, mentraktir bakso termasuk “jurus ampuh” untuk menggaet pasangan anda. Tentunya wajar, sebab tak dapat dipungkiri bahwa hampir kebanyakan wanita adalah pecinta bakso. 

Lain lagi saat anda telah berkeluarga, menikmati bakso bersama anak dan istri termasuk kewajiban dalam memberikan kenyamanan kepada keluarga. Memang tidak hanya bakso, tetapi restaurant, bisokop juga menjadi tujuan dari relaksasi keluarga.

Relasi Bisnis

Percaya atau tidak ternyata menyantap bakso bisa menguatkan relasi bisnis. Di tempat bakso, anda tidak perlu membawa setumpuk map dan berkas-berkas. Tetapi cukup mengobrol , saling tukar pikiran, hingga akhirnya deal suatu proyek.

Lho apa nyambungnya bisnis dengan menyantap bakso? Di tempat bakso kan banyak kuah, nanti kotor. Tunggu dulu, apakah anda percaya jika deal bisnis bisa saja terjadi di kolam pemancingan, lapangan golf, atau bar. 

Itu semua sebenarnya tak ada hubungannya dengan relasi bisnis, tetapi kenyataannya bisa kok. 

Artinya jika penataan dan pengelolaan tempat bisnis kita dikelola dengan maksimal, akan menjadikan konsumen menjadi nyaman. Jadi perhitungkan untuk mendesain ulang gerai bakso anda. Tidak usah yang mahal yang penting nyaman.

4. Cepat pelayanan, tetapi Aman

Beberapa produk makanan seringkali menjadi alasan untuk menjadi pilihan bisnis anda dari segi kecepatan. Mengapa, karena kecepatan produksi atau hidangan mempengaruhi kualitas pelayanan dan tentu saja keuntungan.

Simulasinya begini. Ada dua jenis makanan yaitu bakso dan nasi goreng. Mana yang lebih cepat dan aman.

Menu bakso, proses untuk menjajakan lumayan cepat tetapi  tidak terlalu praktis, karena menggunakan mangkuk yang harus dicuci.

Sementara nasi goreng, penyajiannya dari awal (menggoreng) menjadikan prosesnya lebih lama, dan membutuhkan wadah juga sehingga ada proses pencucian, sehingga besar kemungkinan akan menjadi terlama.

Analisa ini bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada konsumen. Jadi bagaiman agar teknis di lapangan usaha anda lancar dan sukses berikut tipsnya. 

Tips Pelayanan

Usahakan sebelum membuka gerai bakso anda, segenap karyawan dikondisikan untuk selalu brefing untuk langkah apa yang akan dikerakan hari itu. Berikut rinciannya.

Setiap karyawan diharuskan berpakaian seragam yang rapih 

Jangan lupa untuk berdoa bersama.

Berikan motivasi kepada karyawan untuk selalu menyambut konsumen dengan tersenyuman. Ini penting karena konsumen sangat menginginkan kenyamanan. 

Segenap karyawan diharuskan tanggap terhadap permintaan konsumen, baik pesanan, pesanan tambahan, ataupun saat pembayaran. 

Sediakan daftar menu dan form isian agar konsumen dapat mudah untuk melakukan pemesanan.

Jangan membeda-bedakan konsumen tetapi layani sesuai dengan prosedur seperti no antrian, dan pemesanan.

Selalu menyediakan uang receh untuk kembalian.

Selalu ucapkan terima kasih karena telah datang ke gerai bakso anda, sehingga konsumen benar-benar dilayani dengan baik.

Kebersihan

Dalam berbisnis makanan, kebersihan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatiakn. Beberapa yang harus diperhatikan yakni:

Kebersihan makanan, seringkali anda melihat beberapa makanan yang sangat urgen untuk selalu diawasi kebersihannya, termasuk dalam hidangan bakso seperti salad, mie, dan, bakso. Semua bahan tersebut harus benar-benar dicuci dengan baik. Jangan sampai saat dihidangkan terdapat hal yang memalukan seperti ada ulat di salad, mie dan bakso yang basi. Jadi perhatikan kualitas kebersihan tersebut.

Selain itu, perhatikan pula cara penyimpanan bakso. Anda tentu pernah melihat penjual bakso yang memajang mie dan bakso di gerobak dengan penyekat kaca yang tanpa dibersihkan. Ini sangat penting, simpanlah mie dan bakso di tempat yang benar-benar bersih, sehingga konsumen percaya akan kualitas kesehatan dari makanan hidangan kita.

Kebersihan tempat, diusahakan setiap kali gerai bakso dibuka, ruangan harus selalu dibersihkan. Tidak cukup hanya sekali, apalagi jika musim hujan, telapak alas kaki seringkali menyebabkan ruangan menjadi kurang kondusif, maka tugas bagian kebersiahanlah yang harus selalu on time di sana.

Kebersihan pelayanan, ini menyangkut pelayan itu sendiri dan ketersediaan alat kebersihan. Pelayanan tentu harus memakai pakaian bersih. Jangan mengambil makanan dengan tangan kosong, usahakan menggunakan sarung tangan. Selalu bersihkan meja bekas konsumen sebelumnya, sediakan juga tisu untuk konsumen. Sehingga ada konsumen baru kondisi meja sudah siap ditempati.

5. Kunci Rahasia Sukses Bakso 

Urusan lidah memang tak bisa sembarangan. Saya sepakat dengan mengutip sebuah iklan bahwa “lidah tak bisa berbohong”. Artinya jika kita ingin sukses dengan jualan bakso, maka RASA lah yang harus menjadi pemenang.

Bayangkan dalam sebuah lokasi, berapa banyak tukang bakso dari mulai yang memakai gerobak sampai gerai bakso modern. Itu semua adalah saingan. Maka jangan ragu untuk senantiasa mecari menu andalan bakso anda.

Sebaiknya anda jujur dalam urusan rasa pada resep bakso anda. Jika memang resep bakso anda dirasa kalah dengan saingan anda, anda harus jujur. Lalu berusahalah menjadi yang terbaik. Hanya sikap terbuka dan mau mengakui kekuatan lawan yang akan menjadikan kita tumbuh menjadi pebisnis yang kuat.

Jadi, Jangan ragu mengeluarkan sejumlah dana untuk mengikuti pelatihan seputar resep dan pengembangan bakso.  Kembangkan terus kemahiran anda, dan pelajari apa saja termasuk dalam hal yang terkecil, seperti urusan bumbu. Apa kekuatan dari bahan utama menu bakso, seperti:
Bulatan bakso resep rahasianya di pemilihan daging sapi
Pembuatan Mie bakso resep rahasianya di jenis protein tepung (harus terbaik), dan abu protein
Kuah bakso resep rahasianya di bumbu dan penyedap
Kecap asin bakso resep rahasianya di cap anggur
Kecap manis bakso resep rahasianya biasanya merk anggur
Saus bakso resep rahasianya di merk 
Minyak bakso resep rahasianya di minyak wijen, dan kecap ikan

Kemudian resep lainnya adalah adanya jaminan kehalalan tentang produk bakso anda dari MUI (Majelis Ulama Indonesia).

Ini sangat penting, mengingat di negara kita adalah mayoritas muslim. Selain itu factor lain yang mengharuskan kita menyertakan label halal adalah karena masih banyaknya pemilik gerai bakso yang menggunakan minyak babi, terutama di kota-kota besar.

Label halal harus kita dapatkan berdasarkan ujicoba yang dilakukan oleh MUI. Artinya produk telah dilakukan survey dan penyelidikan secara riil, sehingga dihasilkan produk yang halal yang sebenar-benarnya, bukan hanya membuat label halal  tanpa penelitian.

6. Strategy Pemasaran Mudah

Apa yang harus anda lakukan jika anda ingin membuka gerai bakso modern di kota anda? Berikut merupakan tips dan langkah-langkah pemasaran yang bisa kita lakukan. Pada dasarnya, promosi bakso sangat mudah dan murah.

Branding

Apakah branding sangat perlu? 

Mari kita lihat, dua contoh berikut ini: ada dua pedagang bakso yang pertama mereka tidak memberikan label, tapi membuka gerai bakso hanya menamakan mie bakso. 

Sementara gerai bakso lainnya menggunakan merk seperti bakso Krakatau. Mana yang akan lebih dikenal oleh konsumen? Pasti yang nomor dua kan.

Apa manfaatnya? Selain akan dikenal oleh konsumen, juga merk bisa sebagai peta yang mengarah ke gerai bakso anda. 

Kasusnya seperti ini: di sebuah kota A diadakan pembersihan dari pedagang nakal yang mangkal sembarangan. Beberapa kios pun mau tak mau harus angkat kaki dan mencari tempat baru. Bagi pedagang ini tentu merupakan pukulan yang teramat berat, sebab mereka harus berjualan dari awal lagi.

Ini tentunya berbeda dengan orang yang memasang brand pada produknya. Setidaknya pelanggan akan mudah untuk mencari dimana temat yang baru penjual bakso tersebut. Jadi intinya dimanapun anda berada, konsumen setia anda akan mudah mengidentifikasi keberadaan gerai bakso anda. Branding yang kuat akan melekat di benak konsumen, bukan hanya sehari tapi bisa seumur hidup mereka.
Branding bisa menjadikan orang bernostalgia, contohnya suatu hari ada seorang kakek yang datang ke gerai bakso karena mereka merasa ada hubungan emosional dengan gerai bakso tersebut. Ternyata kakek tersebut saat masa mudanya ia sering mentrakstir kekasihnya (kini istrinya)di tempat itu. Walaupun sebenarnya pemilik gerai bakso tak mengetahuinya. Jadi Branding itu sangat sangat penting.

Buatlah branding yang sekiranya mencerminkan produk bakso anda. Filosofi branding yang bagus biasanya akan menciptakan sugesti baik untuk dirinya sebagai pewirasuahawan ataupun bagi orang lain sebagai konsumen. Bahkan ada orang yang membuat branding dengan kata-kata yang tidak lazim seperti penambanhan kata “setan”, “pocong”, “gila” dan lain-lain. Tujuannya yaitu untuk membuat orang-orang merasa penasaran yang akhirnya membeli produk anda.

Harga Pantas atau Diskon

Saya mengatakan harga yang pantas, bukan harga yang murah. Mengapa? Karena saat ini masyarakat telah jeli dalam memilih produk mana yang pantas sesuai dengan harga. Harga yang terlalu murah seringkali menjadi bahan kecurigaan. 

Misalnya di pasaran, harga bakso antara 10 ribu sampai 20 ribu. Namun ada pembeli yang bisa mentarif bakso dengan harga Rp5000 per porsi, bahkan dengan ukuran bakso yang besar. Maka pembeli sudah bisa memprediksi dua alasan: pertama, rasanya kurang enak karena porsi daging yang sedikit hanya tepung sagu, mie yang kurang lezat. Kedua, jangan-jangan bahan yang digunakan tidak sesuai, seperti  mengandung bahan yang tidak halal dan higienis.

Jadi berikanlah harga yang pantas untuk konsumen. Jika anda ingin mencari penarik dalam mempermainkan harga gunakan teknisk Diskon. 
Baca: Fungsi Diskon dalam Penjualan

Promosi [manual, online]

Promosi tidak hanya harus dilakukan oleh produk bakso saja, tapi apapun usahanya promosi sangat penting di lakukan. 

Untuk promosi bakso diusahan lakukan dengan dua metode yaitu manual dan online. Metode manual misalnya dengan jaringan dari mulut ke mulut. 

Metode ini bisa dibuat dengan berbagai variasi seperti  membuat diskon ulang tahun, artinya ia akan memberikan potongan harga kepada siapa saja yang berulang tahun pada hari itu. Diskon semacam ini akan memberikan efek yang sanga positif. Sebab konsumen biasanya akan terharu dan bisa jadi menjadi sebuah kenangan manis bagi dirinya.

Anda juga bisa menvariasikan dengan jenis diskon lainnya seperti diskon keluarga bahagia, diskon meeting perusahaan/instansi, dan sebagainya.

Untuk promosi online akan lebih baik jika kita menggunakan website pribadi dengan layanan pribadi pula. Sehingga kesan brandingnya lebih kuat. Untuk menguatkan produk saya sarankan untuk direview oleh situs terkenal. Rekomendasi tersebut memberikan dua keuntungan. Pertama produk anda akan cepat dikenal oleh konsumen. Kedua, website resmi anda akan banyak mengunjungi. 

Akan lebih bagus lagi jika anda merekrut copywriting untuk bisnis anda. Karena copywriter yang bagus akan mendongkrak brand produk anda berkali lipat.

7. Banyak Cerita Sukses Pebisnis Bakso

Dalam berbisnis tentu harus ada penyemangat. Orang sukses biasanya menjadi idola, maka tak salah jika dalam hal ini marilah kita pelajari beberapa cerita sukses dari beberapa wirausahawan bakso yang sukses dalam kuliner bakso tersebut. 

Kesuksesan mereka biarkan menjadi inspirasi dan semangat kita, agar dalam menjalankan bisnis kita merasa bahwa jika orang lain bisa, tentu kita pun bisa. 

Berikut daftar para pengusahan bakso yang sukses dari www.food.detik.com yang  menjalankan bisnis hingga menjadikan mereka jutawan:
1. Basko Rudal mas to
2. Basko Andara
3. Bakso Lesus
4. Bakso Tenis pak kribo
5. Warung bakso menot Wonogiri
6. Nikki bakso daging
7. Bakso super special pak Diran
8. Warung Apuy Batan
9. Bakso Pak Doyok
10. Bakso Boom
11. Bakso Jawir
12. Bakso Titoti
13. Bakso Galau
14. Bakso Lapangan Tembak Senayan
15. Bakso Sido Mandiri
16. Bakso Seuseupan
17. Bakso Urat Boboho
18. Bakso kabita
19. Kampung bakso
20. Bakso Moncrot
21. Bakso Rudi
22. Bakso Wiji Jaya
23. Bakso Cak Su Kumis
24. Bakso Madame Lily
25. Bakso Klewer
26. Bakso Mas Kumis jarum
27. Bakso kedai
28. Bakso Mas Joni
29. Bakso Aha
30. Bakso Cak Uban
31. Bakso Semar
32. Bakso Boedjangan
33. Bakso Hj Atun Tasikmalaya
34. Bakso Laksana




No comments:

Post a Comment