Terungkap, Kunci Sukses Bisnis Orang Cina

Kawasan Pusat Pertokoan

Bibisnis.com: Terungkap, Kunci Sukses Bisnis Orang Cina -- “Belajarlah Sampai ke Negeri Cina” begitulah bunyi salah satu hadist. Ini adalah keterangan sekaligus pepatah yang memang harus kita amalkan, dan harus kita akui bahwa faktanya saat ini, orang Cina menguasai dunia di berbagai aspek kehidupan terutama di sektor ekonomi dan politik. Cina saat ini merupakan negara raksasa yang mampu menyaingi kedigjayaan AS. 

Negara Cina mampu berkembang dengan pesat, tentu bukan datang dengan begitu saja. Kekuatan suatu negara intinya adalah kekuatan yang datang dari rakyatnya sendiri. Dimana orang Cina selalu mendominasi perekonomian dimanapun ia berada. Orang Cina selalu sukses dalam berekonomi, berwirausaha, atau dalam kegiatan bisnis dimanapun ia berada, meskipun ia tinggal di daerah yang mayoritas adalah pedagang sekalipun. Bisnis orang Cina diakui selalu menjadi magnet bagi dunia bisnis. Lalu mengapa bisa demikian? Jika dicermati ternyata inti dari Kunci kesuksesan dalam Berbisnis orang Cina hanyalah 3 faktor saja. Artikel ini merupakan hasil riset penulis di lapangan selama bergerak dalam bisnis general trading dan vendor perusahaan, dimana penulis selalu berinteraksi dengan pengusaha asal Cina. Berikut kami jabarkan factor-faktor kunci kesuksesannya.

1. Faktor Pendidikan Keluarga

Keunggulan seseorang tentunya bukanlah datang dengan sendirinya, tetapi selalu diawali dari peran keluarga. Keluarga yang mampu menciptakan generasi yang unggul adalah keluarga yang mampu mendidik dengan sebaik-baiknya. Memfasilitasi dan mengajarkan banyak hal sehingga anak menjadi manusia yang bermanfaat.

Mampu Melihat Potensi

Dalam mendidik anak, orang Cina tahu betul potensi yang dimiliki sang anak. Misalnya, jika anak sangat menyukai music. Jika potensinya terlihat sangat mencolok, ia dengan sepenuh hati ia akan mempersiapkan segala kebutuhannya seperti memasukkannya ke kursus music, melengkapi peralatan musik yang digunakannya dan lain-lain. Intinya apapun itu potensinya (bakat) sepanjang memang mencolok dan dapat menjunjang kehidupannya, maka ia akan mendukungnya. Beberapa profesi yang saat ini disukai orang Cina misalnya dokter, artis, pemusik, atlet, pebisnis, pemodal, dan pedagang.

Ulet

Kesuksesan biasanya diperoleh dari hasil keuletan, orang Cina paham akan hal tersebut. Maka peran orang tualah yang biasanya menjadi penyokong secara moral untuk tetap berusaha meskipun kegagalan seringkali menjumpainya. Anak-anak orang Cina tahu betul kesuksesan orang tuanya tidaklah didapat dengan semudah membalikkan telapak tangan. Maka mengapa orang Cina selalu sukses, jawaban salah satunya adalah karena mereka memiliki keuletan, semangat pantang menyerah, dan berani bertahan, dan terus mencoba.

Proses itu Mutlak

Jika kita pergi ke toko Cina, pernah melihat seorang anak kecil langsung memegang bagian kasir? Tentu tidak. Orang Cina tahu betul bahwa menduduki jabatan untuk memegang uang tidaklah sembarangan. Ia harus mengetahui semua hal yang berkaitan dengan dunia usaha. Maka jangan aneh jika, orang tuanya merupakan pemilik toko, maka anaknya tidak lantas memegang kendali perusahaan, tapi mereka harus mengathui semua yang ada di toko tersebut. Jangan aneh jika anaknya belajar memanggul barang, mendata barang, belajar teknis dari pegawai, dan sebagainya. Orang Cina tahu betul bahwa memiliki perusahaan tidaklah mudah diraih, tapi proses tetap harus dilalui. Hal ini bertujuan untuk memahami bahwa memiliki perusahaan itu tidaklah mudah. Perlu pengetahuan, perlu menguasai teknis di lapangan, dan perlu mengetahui semua sistem yang bekerja di suatu perusahaan dengan baik. Jika sudah demikian maka tongkat estapet perusahaan pun akan diberikan, dengan begitu perusahaan akan terus berjalan dengan kokoh.

Jujur

Kejujuran adalah kunci kesuksesan, itu termasuk dalam kunci suksesnya orang Cina. Anda tentu pernah bertransaksi dengan orang Cina. Ia akan memberikan harga dengan terbaiknya, dengan tegas dan tidak bertele-tele. Dan meskipun anda mencari harga ke tempat yang lain pada akhirnya anda akan kembali ke tempat orang Cina tersebut. Mengapa? Karena memang orang Cina dalam memberikan harga selalu dengan perhitungan secara cermat, termasuk dalam menentukan harga dari pesaing-pesaingnya. Jadi jangan anda anggap orang Cina tak tahu harga penjual lainnya. Mereka tahu secara detailnya sehingga dalam menetukan harga orang Cina tak akan bertele-tele atau tawar menawar. Karena memang harga yang diberikan merupakan harga yang terbaik sehingga pada akhirnya pembeli akan kembali dan mengakui bahwa harga tersebut memang harga terbaik.

Menguasai Produk

Orang Cina selalu menguasai produk, maka meskipun ia menjadi pengusaha eceran atau retail. Ia akan mengetahui sebenar-benarnya akan alur distribusi barang tersebut. Sehingga ia akan mendapatkan kunci-kunci dalam menguasai produk seperti akses kepada produsen. Walaupun ia berdagang secara retail, maka ia tetap akan membeli barang dari produsen langsung. Ini berbeda dengan pedagang biasa, jangankan kepada produsen, untuk sampai kepada distributor pun itu sangat sulit. Umumnya para pedagang umum membeli barang hanya pada agen-agen yang ada di kota-kota tertentu. Anda bisa menghitung sendiri berapa keuntungan kita jika bisa langsung memangkas harga dengan langsung mendapatkan akses kepada produsen. 

2. Faktor Komunitas

Orang Cina merupakan para perantau yang ulung yang menempati hampir di seluruh negara di dunia. Mayoritas mereka adalah seorang pedagang, maka ikatan komunitas pun mau-tidak mau menjadikan ikatannya sangat kuat. Mereka selalu mengadakan pertemuan dan tentu saja termasuk dalam ikatan bisnis, saling tolong yang menjadikan antar satu pengusaha dengan yang lainnya tidak menjadi saingan, tetapi ikatan kuat termasuk dalam penentuan harga. Inilah kunci sukses dari berbisnis orang Cina yang sebetulnya. Jika anda mencari suatu barang dan membandingkan harga dari semua harga yang ada pasti tak akan bisa melebihi harga dari orang Cina. Peranan komunitas itulah yang bisa mengunci harga, dan arena komunitas yang kuat itulah, harga yang ada dipasaran tidak akan hancur. Di beberapa kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung mungkin akan terjadi perbedaan harga, tapi pada intinya jika ditambah dengan ongkos kirim, harganya akan tetap sama juga.

Mengapa dalam suatu kota, harga akan cenderung sama? Hal ini dikarenakan memang sumber utamanya dari satu perusahaan. Perusahaan utama tersebut tidak akan membocorkan harga, kalaupun ia menjual kepada perusahaan selain komunitasnya, harganya tentu akan berubah, menjadi harga eceran biasa.

3. Dukungan Negaranya

Kunci sukses yang paling utama adalah dukungan dari negaranya sendiri, yaitu negara Cina. Kita tahu bahwa harga di Cina itu sangat murah. Maka itu tentu menjadi keuntungan bagi orang Cina di perantauan, ia akan mengimpor dari saudara di negara asalnya. Persamaan dan persaudaraan tersebut menjadikan orang Cina diperantauan sangat mudah untuk menginpor dari tanah kelahirannya. Ini berbeda dengan orang pribumi. Untuk melakukan impor ke negara Cina tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Berbagai kendala mungkin akan dihadapi seperti factor bahasa, perbedaan kultur yang menyebabkan kepercayaan, dan hal teknis lainnya.

Itulah kunci sukses berbisnis orang Cina. Mudah-mudahan bisa bermanfaat dan bisa dijadikan bahan ajar bagi kita bahwa apapun itu, dalam berbisnis mutlak harus kita pelajari. Berguru kepada orang yang sukses, berguru kepada siapapun tanpa pandang bulu, selalu membuka pikiran dan hati dengan nilai-nilai positif  untuk bisa menjadi semua manusia yang unggul dan bermanfaat.









No comments:

Post a Comment