Resep Cara Membuat Sup Ikan Enak, Sehat, Tanpa Bau Amis

Sup Ikan Patin

Bibisnis.com: -- Resep Rahasia Cara Membuat Sup Ikan Enak, Sehat, Tanpa Bau Amis-- Hallo Bunda, apa kabarnya?  Bagaimana dengan kabar resep hari ini? Saya punya resep baru lho. Jadi ceritanya gini, keluargaku entah mengapa tiba-tiba protes kok di menunya ada daging mulu, bosen katanya. 

Ya, memang sih habisnya aku suka banget dengan yang namanya olahan daging. Namun iseng-iseng, saya punya resep sebagai pengganti daging, yaitu yang berbahan ikan. Selain menu tersebut tetap mengandung protein,  bahan ikan justru lebih bagus, karena sangat rendah kolesterol. Ya, sekalian saja saya buat menu yang benar-benar sehat, ide ku pun langsung muncul pada sup ikan. 

Namun, biasanya dalam membuat sup ikan hasilnya suka bau amis. Tetapi tenang Bunda sebab menuku ini sudah saya praktikkan bareng kakaku dan hasilnya, mmmm… Bunda bisa coba, dijamin tidak amis sama sekali. Oke Bunda, gak akan panjang lebar, langsung saja ke TKP (emangnya kriminal he…). Berikut Resep Cara Membuat Sup Ikan Sehat Tanpa Bau Amis.

Bumbu:

1. Bawang Merah 3 Biji
2. Bawang Putih 5 Biji
3. Tomat 1 biji
4. Daun Seledri 1 tangkai
5. Saun kemangi secukupnya
6. Garam
7. Gula
8. Lada
9. Cabe
10. Bawang Daun

Bahan utama:

Ikan Patin yang sudah dipotong-potong (bisa juga ikan lain)


Bahan Sayuran:

1. Brokoli
2. Jamur
3. Wortel

Cara membuat:

1. Siapkan air dalam panci (secukupnya aja dikira-kira), panaskan sampai mendidih.

2. Keprek bawang putih 3 biji (dua lagi dimasukkannya nanti ya), masukkan ke dalam air di panci yang sudah mendidih tersebut. Tujuannya selain sebagai bumbu penambah cita rasa, juga bawang putih bisa mentralkan bau amis ikan tersebut.

3. Masukkan ikan patin yang sudah dipotong tersebut, (bisa juga Bunda dengan ikan lain, yang disukai). Eit jangan lupa ikan tersebut harus sudah dicuci.

4. Tambahkan irisan bawang merah. Nah disinilah, Bunda juga masukkan bawang putih yang sisanya (2 biji).

5. Kecilkan api, tunggu sampai keluar minyak dari ikan tersebut. Keluar minyak menandakan bahwa kematangan ikan sudah cukup.

6. Masih dalam kondisi api kecil, lalu masukan sayuran dengan urutan: jamur setelah itu wortel. tunggu beberapa saat, sebelum matang sayuran (jamur dan wortel) jangan lupa masukkan brokoli dan irisan tomat. Bahan ini diakhirkan sebab sangat cepat matang. Jadi susunannya harus akhir ya Bun.

7. Masukkan garam, gula, dan lada. Setelah itu Matikan api.

8. Masukkan irisan bawang daun, seledri. Kemudian tutup panci, tunggu beberapa saat.

9. Sop ikan siap disantap. Untuk menambah rasa pedas bisa ditambahkan cabe.

Oke Bunda itulah resep hari ini, Resep Cara Membuat Sup Ikan Sehat Tanpa Bau Amis. Resep ini baru saya praktikkan dan berhasil, namun bagi Bunda yang telah mahir dalam membuat sup ikan, mohon masukannya ya, supaya resep tersebut benar-benar super maknyus... (Biar makannya keluargaku nambah terus). 

Masukannya saya tunggu di kolom komentar ya Bun. Selamat menikmati.

No comments:

Post a Comment