Merasakan Asyiknya Bermain Surfing di Pantai Kuta Bali

Olahraga Surfing selalu digemari
Olahraga Surfing selalu digemari

Merasakan Asyiknya Bermain Surfing di Pantai Kuta Bali -- Keindahan Bali sudah tidak diragukan lagi, hampir setiap daerah mempunyai daya keeksotisan tersendiri dengan gaya kekhasannya. Salah satu andalan wisata pulau Bali adalah keberadaan pantai Kuta, Bali. Daerah ini, merupakan kawasan yang wajib dikunjungi oleh pengunjung, mengingat Pantai Kuta identik dengan ikon Bali.

Pantai kuta sangat terkenal selain karena keindahannya, juga karena kebersihan pantainya. Keelokan ini menjadikan hampir setiap saat tempat ini dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai negara seperti Australia, Amerika, Eropa serta Asia seperti Jepang dan Korea. Umumnya mereka ingin bermain, bersantai sampil menikmati alam, serta tak lupa berolahraga surfing.

Untuk olahraga surfing sendiri, biasanya pihak pantai menyediakan berbagai kebutuhan seperti papan surving atau alat lainnya. Apakah aman? Tentu saja, karena kawasan tersebut senantiasa dijaga oleh lifeguard professional yang ada hampir di seluruh penjuru pantai. Selain pengunjung akan dibekali dengan teknik dasar surfing, di sana juga disediakan kursus cepat, sehingga jika anda belum pernah sekalipun mencoba olahraga ini, dijamin dalam beberapa menit bisa berseluncur memainkan ombak. Seru bukan! 

Rasanya rugi jika anda berkunjung ke pulau Dewata Bali tetapi tidak menyempatkan untuk bermain surfing. Nah kali inipun penulis mencoba untuk memberi bekal jika anda ingin bermain surfing di pantai Kuta, Bali. Saya di sini bukan berarti akan mengurui hanya berbagi pengalaman kursus surfing saat bermain ke pulai Bali. Oke sobat, sudah siap untuk meluncur di papan surfing? Ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Pastikan anda selalu dalam pengawasan lifeguard

2. Sebelum memulai aktifitas pakailah pakaian pantai yang panjang. Mengapa? Untuk anda yang belum terbiasa dengan pantai akan terasa panas. Disarankan sebelumnya menggunakan lotion. 

3. Lakukan pemanasan. Seabab meskipun anda hanya akan berdiri di atas papan surfing, tetapi kekuatan ombak akan menggerus stamina anda. Jadi lakukan pemanasan dengan cara berlari kecil dan pelemasan setiap pergelangan. Kegiatan ini untuk mengurasi resiko cedera seperti keseleo dan lain-lain. Lalu ikat tali pengaman yang menhubungkan antara papan surfing dengan pergelangan kaki anda.

tips dan cara dasar dalam bermain surfing
Persiapan, memasang tali pengaman


4. Pilihlan papan surfing yang paling panjang. Di penyedia papan surfing biasanya terbagi atas tiga jenis yaitu panjang, sedang, dan pendek. Papan yang paling panjang dikhususkan untuk pemula, papan sedang, untuk yang melewati masa beginner, dan papan yang pendek untuk mereka yang telah profesional.

5. Posisikan badan anda di tengah papan, kaki anda harus menyentuh bagian belakang papan seluncur. Sementara tangan tangan memegang bagian sisi papan surfing.

6. Ada tiga hal yang harus anda lakukan yaitu, standby, ready, dan stand up. 

7. Ready dilakukan saat ombak akan datang menghampiri anda. Saat ini anda harus melakukan paddle atau mengayuh tangan anda supaya papan surfing melaju searah dengan arah ombak.

8. Setelah ombak berada di belakang anda dan kayuhan padding anda terasa cepat artinya anda harus ready.

9. Sikap ready yaitu anda memegang papan surfing bagian pinggirnya. Posisinya dekat dengan dada anda, percis seperti anda akan melakukan push up. Maka saat ombak berada tepat di belakng anda lakukan stand up.

tips dan cara dasar dalam bermain surfing
Posisi Standup

10. Stand up adalah posisi berdiri dengan kaki yang satu menginjak bagian bekang. Kaki yang satunya menginjang tengah papan surfing. Sangat penting, jangan sekali-kali anda menginjak papan surfing bagian depan karena akan menyebabkan posisi anda juntai ke depan.

tips dan cara dasar dalam bermain surfing
Asyiknya surfing
tips dan cara dasar dalam bermain surfing
Wow... surfing ria asik

Saat awal latihan pastinya anda gak mungkin langsung bisa berdiri (stand up), tetapi jika dilakukan berulang-ulang dipastikan anda akan mampu melewatinya. Memang agak sulit, terutama untuk proses pencarian ombak dan proses stand up, tetapi jangan khawatir karena selama proses anda akan selalu dibantu oleh lifeguard professional. Lifeguard akan mendampingi terutama dalam hal mencari ombak yang bagus dan melalakukan padding.


Oke sobat itulah tips dan cara dasar dalam bermain surfing. Saya sarankan demi keamanan lakukan latihan surfing dengan meminta bantuan lifeguard. Bagaimanapun juga ombak dan pantai selalu menyimpan seribu misteri yang terselip di atas keindahan dan keeksotisannya. Selamat berlibur panjang, dan selamat menikmati kebahagiaan anda di pantai Bali. 

No comments:

Post a Comment