Inspirasi dari Jimbaran: Restoran Lesehan Terbesar di Bali

Salah satu restoran di Jimbaran Bali

Bibisnis.com-- Inspirasi dari Jimbaran: Restoran Lesehan Terbesar di Bali -- Wilayah Bali selalu menjadi magnet bagi wisatawan di dunia. Ya Bali terkenal karena aktivitas pariwisatanya, dimana masyarakat Bali umumnya mengandalkan sektor ini sebagai mata pencahariannya. Karena sektor tersebut digarap dengan baik, maka hasilnya pun dapat dipastikan lebih maksimal, seperti yang terjadi di Pulau Bali ini. 

Uniknya, di kawasan Bali sama sekali tidak ada lahan industry, semua didatangkan dari wilayah lain di luar Bali. Namun anehnya, semua produk ada di pulau tersebut. Ini tentu suatu kelebihan Bali, dimana di satu sisi ruang lingkungannya tetap asri dan terjaga, di sisi lain semua kebutuhan tetap ada, dan terpenuhi. 

Pulau Bali beskipun mengandalkan sektor pariwisata, bukan berarti tidak maju, justru di antara wilayah lainnya yang ada di Indonesia, Bali termasuk daerah yang memiliki pendapatan terbesar. Inilah inspirasi positif yang harus ditiru daerah lain. Sebab hampir semua wilayah di Bali memiliki tingkat kemajuan yang sama. Sama-sama  mengembangkan sektor pariwisata dengan tema yang berbeda-beda.

Saat saya melangkahkan kaki di Pulau Dewata ini, yang pertama dirasakan adalah keramahan, kesahajaan orang-orang, dan lingkungan yang unik. Hampir semua rumah memiliki ciri khas ukiran Bali. Jalan-jalan tampak lengan karena memang angkutan kota (angkot) tidak diperbolehkan beroperasi. Walhasil dalam waktu seharian saya bisa mengelilingi pulau Bali tanpa bermacet ria.

Semua tempat saya kunjungi, dan memang di pulauini tak bosannya rasa penasaran ini. Di setiap tempat selalu penuh kejutan dengan nuansa keeksotisan yang berbeda-beda. Hampir setiap daerah seolah menawarkan sesuatu yang bisa dinikmati oleh pengunjung seperti tari, kebun binatang, patung, pura, dan lain-lain. Di daerah Kuta dan Sanur, misalnya saya diberi pesona pantai yang indah nan elok. Di wilayah Bedugul dan Tanah lot saya ditawari pesona pegunungan dan keanggunan Pura-nya. Di GWK saya pun dimanjakan dengan patung Garuda Wisnu-nya yang luar biasa megahnya. Sementara di daerah Nusa Dua saya menikmati suasan hotel kelas atas dengan view lautan yang luar biasa. Pun tak ketinggalan di daerah Jimbaran saat saya letih akibat perjalanan, saya dimanjakan dengan aneka masakannya yang beraneka rasa yang mendunia.

Rasa lelah mengunjungi beberapa kota akhirnya terobati sudah. Ya rugi rasanya jika anda berkunjung tak mampir di Jimbaran sebab di sinilah berderet restoran dengan ciri khas yang sangat unik, berdiri memanjang seolah mengitari kawasan tepi pantai dengan konsep lesehan.

Bagi saya, Jimbaran memberikan arti tersendiri, dimana saya menemukan perpaduan suasana antara gaya modern, tradisional yang dibalut kemegahan alam. Di Jimbaran, jika memasuki waktu senja, dan malam hari maka deretan lampu dan deburan ombak menjadikan satu irama menjadikan citarasa masakan yang menjadi kelezatan tersendiri. Sangat sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata. 

Jika anda berkunjung ke Bali silahkan mampir ke kawasan ini, dijamin hasrat makan anda akan bertambah beberapa kali lipat. 

Bagi saya Jimbaran memberikan semacam inspirasi bisnis atau masukan untuk kelak kelangsungan bisnis saya di Pulau Jawa. 

Itulah sobat, Inspirasi yang saya dapatkan, semoga di setiap tempat saya selalu mendapatkan inspirasi positif, sebab dari inspirasi tersebut selalu hadir ide-ide untuk senatiasa meningkatkan kualitas diri untuk selalu hidup maju, penuh semangat, dan pantang menyerah.

No comments:

Post a Comment