Gaji Bulanan Tak Cukup, Ini Solusi dan Tipsnya!

Ilustrasi Tambah Gaji Bulanan 

Gaji Bulanan Tak Cukup, Ini Solusi dan Tipsnya! ---Terkadang saat menekuni karir sebagai karyawan ada satu permasalahan, meskipun ini sebenarnya masalah klasik. Ya itulah Gaji bulanan yang tak cukup. Besarnya harga kebutuhan yang terus-menerus meningkat, menjadikan gaji bulanan anda hanya sampai pertengahan bulan. Selebihnya, anda merasa bingung karena mau tidak mau, suka ataupun tidak suka “urusan perut” keluarga dan dapur harus tetap teratasi. 

Untuk itu, diperlukan strategi dan cara yang jitu agar anda tidak selamanya dalam kungkungan masalah tersebut. Dan diperlukan langkah-langkah nyata agar kehidupan anda menjadi lebih baik.

Berikut merupakan Solusi dan tips yang bisa dijadikan alternatif agar gaji bulanan anda bisa mencukupi.

1. Efektifkan Kebutuhan

Kita sepakat bahwa besar dan kecilnya penghasilan tidaklah menjamin akan cukupnya kebutuhan anda. Maka kuncinya adalah mengefektikan kebutuhan anda. Jauhkanlah anda dari sifat boros karena konsumenisme, menghamburkan uang dengan berbelanja yang tidak penting. 

Membeli sesuatu haruslah berdasarkan fungsi dan kebutuhan. Jika sekiranya tidak begitu dibutuhkan, maka janganlah anda beli. Anda sebagai kepala keluarga tentunya harus bisa meyakinkan pasangan anda bahwa saat ini kita harus mengefektifkan kebutuhan, semuanya demi keutuhan keluarga.

2. Investasi Usaha

Menyambung dari mengefektifkan penghasilan, selain cara di atas anda juga bisa melakukannya dengan cara investasi usaha. Dalam arti anda berinvestasi sebagai pemodal. Bagaimana caranya? Mau tidak mau anda harus berusaha untuk menyisihkan sebagian penghasilan anda sebagai tabungan usaha. Meskipun sedikit-demi sedikit, tak menutup kemungkinan suatu saat dana anda telah terkumpul sehingga bisa melakukan investasi usaha.

Berinvestasi usaha bisa anda lakukan dengan cara yang tidak menguras modal banyak modal. Lalu sesuaikan dengan bidang yang anda kuasai, ingat, untuk berbisnis meskipun orang lain yang mengerjakan tetap saja andalah yang pertama harus menguasainya baik secara teori maupun secara praktis. 

Misalnya jika bidang anda adalah desain, maka tak ada salahnya membuka studio desain. Atau jika bidang yang anda kuasai adalah internet, anda bisa memulainya dengan membuat jasa desain, pembuatan website. Atau anda bisa juga dengan membuat portal dengan para penulis selain anda yakni orang lain yang bekerja secara freelance.

3. Kembangkan Sumber Daya Manusia-nya

Jika anda ingin berkarir di perusahaan, tak ada salahnya anda melakukan upgrade sumber daya manusia anda. Anda bisa melakukannya dengan cara sekolah yang sekiranya akan mendukung karir anda. Dengan demikian bos anda akan melihat potensi anda sehingga besar kemungkinan anda akan diberi kepercayaan untuk naik jabatan. Naik jabatan tentu berbanding lurus dengan penghasilan yang akan anda dapatkan bukan? 

Jika anda keberatan dengan biaya upgrade sekolah, anda bisa juga dengan cara lain seperti kursus, pelatihan, dan sebagainya yang tentunya bisa memangkas waktu dan biaya anda. 

4. Bisnis Sambilan

Solusi riil yang paling efektif untuk menambah penghasilan yaitu dengan berbisnis sambilan. Ada banyak jenis usaha yang bisa anda lakukan baik secara online maupun offline. Kuncinya adalah jangan gengsi untuk jualan. Meskipun anda adalah seorang manager, jangan sungkan menawarkan barang dagangan kepada bawahan dan rekan kerja anda. Anda bisa memulainya dengan bisnis reseler yang tidak begitu membutuhkan modal yang besar . Anda cukup hanya membawa beberapa lembaran catalog produk untuk selanjutnya jika ada pesanan bisa dihubungi sang pemilik produk. 

Jika sekiranya anda tidak punya banyak waktu untuk berjualan, maka anda bisa meminta bantuan kepada istri atau anak anda yang sudah cukup umur untuk menjalankan bisnis anda. Syaratnya jangan memporisir mereka karena bekerja bukan tanggung jawab mereka, tetapi anda. Tugas mereka misalnya hanya sebatas berpromosi melalui jejaring social atau menerima telp dan lain-lain.  

5. Internet Marketing

Selain bisnis di bidang offline, anda juga bisa mengerjakan tambahan pendapatan melalui bisnis internet marketing. Saat ini begitu banyak hal yang bisa menghasilkan uang dari internet. Bisnis internet marketing jika dikerjakan dengan serius dan terbukti bisa menghasilkan. Bahkan tidak hanya sebagai penghasilan tambahan, tetapi juga bisa menjadikan bisnis utama. Anda bisa search di google beberapa nama yang sukses di bidang ini. 

Umumnya jenis bisnis yang biasa dilakukan dari internet marketing adalah affiliasi, dan adsense. Modalnya hanya pengetahuan akan internet seperti website, blog, SEO, dan koneksi internet. Beberapa perusahaan yang sering menjadi mitra dari bisnis ini misalnya google dan amazon dengan affiliasi dan PPC.
  

6. Pindah Kerjaan

Cara terakhir jika gaji bulanan anda tidak cukup adalah dengan pindah kerjaan. Tentunya tidak pindah sembarangan. Perlu kehati-hatian dalam urusan pindah kerjaan. Mengapa? Karena perusahaan baru anda belum tentu lebih baik dari perusahaan yang saat ini anda kerjakan. Jangan sampai anda tergiur untuk pindah kerjaan dengan hanya perbedaan gaji yang lebih, karena bisa saja gaji tersebut hanya sementara. Jangan sampai anda termakan oleh bujuk rayu HRD di suatu perusahaan. 

Ambil contoh kasus, seseoran dengan berani keluar dari perusahaan karena diiming-imingi gaji yang lebih besar. Padahal kebutuhan perusahaan akan suatu karyawan, misalnya hanya untuk proyek 3 bulan. Maka setelah tiga bulan anda akan menganggur. Ingat, mencari pekerjaan itu tidaklah gampang.

Yang pasti saat anda akan memutuskan untuk pindah kerjaan harus dipastikan bahwa perusahaan tersebut adalah perusahaan yang kuat, suasana kerja kondusif, membutuhkan karyawan tetap, dan menunjang karir anda. Sebab apa gunanya gaji besar jika perusahaan tersebut tidak membuat anda nyaman. 

Itulah beberapa tips dan solusi jika anda merasa gaji bulanan anda tidak cukup. Inti dari semua itu adalah bahwa besarnya gaji yang anda terima belum tentu bisa mencukupi kebutuhan anda. Karena sebagai manusia pastinya akan selalu merasa kurang, jika tidak dibatasi dengan cara mengefektifkan keuangan anda. Saran penulis adalah langkah awal adalah mengecek semua keuangan anda dengan teliti, kemudian buat solusi terbaik. Apakah dengan cara menerapkan stategi yang di atas atau tidak sama sekali itu semua tergantung pada diri anda sebagai pengelolanya.



No comments:

Post a Comment