Berapa Kedalaman Pondasi Cakar Ayam untuk Rumah Tingkat 2

Berapa Kedalaman Pondasi Cakar Ayam untuk Rumah Tingkat 2 --Pondasi merupakan dasar dalam pembuatan rumah, keberadaannya sangat penting jadi harus diperhitungkan dengan sangat cermat. Kedalaman pondasi dan bahan-bahan yang digunakan jelas sangat berpengaruh terhadap kekuatan rumah, terlebih jika kita akan membangun rumah dengan 2 lantai. Menurut pepatah membuat rumah lantai 2 sama dengan  “Membeli tanah di Atap Kita” jadi kualitas dan dana pun harus benar-benar diperhatikan termasuk menggunakan pondasi cakar ayam. 
kedalaman pondasi cakar ayam rumah tingkat 2
Contoh desain kedalaman pondasi cakar ayam di belakang rumah perumahan type 36

Jadi, mari kita pelajari dan janganlah diserahkan sepenuhnya kepada tukang, karena ada sebagian dari mereka yang kurang teliti, maklum prinsip ekonomis selalu berjalan. Dengan mengetahui kedalaman pondasi secara umum berarti setidaknya kita tidak akan dibohongi oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Sebab membuat rumah terutama pondasi berhubungan dengan keselamatan jiwa seseorang.

Mengapa perlu menggunakan pondasi cakar ayam? Sebenarnya sangat banyak jenis pondasi yang ada, namun di kawasan Indonesia pondasi ini sangat cocok digunakan, mengingat letak geografis yang bervariatif dan seringnya terjadi gempa, maka pondasi cakar ayam menjadi pilihan utama. Pondasi cakar ayam merupakan pondasi yang sangat cocok untuk berbagai kondisi apakah itu di pegunungan, dataran rendah, pesawahan, bahkan di daerah rawa. Karena itu, masyarakat terutama para developer perumahan sering menggunakan pondasi ini. Pondasi cakar ayam sebenarnya berbeda dengan pondasi tapak, karena ada bagian yang menembus tanah setelah plat dibuat. Tetapi yang umum disebut cakar ayam untuk pembuatan rumah sebenarnya pondasi tapak.

Dalam proses pembuatannya, pondasi cakar ayam dibuat dengan menganyam besi beton untuk plat dan kolom. Untuk rumah tingkat 2 umumnya Plat dibuat sekitar 1m x 1m, (lebih besar tentu lebih baik), dengan besi beton diameter sekitar 10 sampai 12cm (lebih besar lebih baik). Jika kesulitan dalam pembuatannya, janganlah terlalu kehawatir, sebab toko-toko bangunan juga banyak yang menjual pondasi cakar ayam yang telah siap pakai. Namun kelebihannya jika kita membuat sendiri adalah dari segi biaya tentu lebih murah. 

Setelah ayaman pondasi cakar ayam dibuat, maka saatnya menggali tanah untuk peletakan pondasi. Banyak orang yang masih ragu mengenai berapa sebenarnya kedalaman pondasi cakar ayam untuk rumah berlantai 2. Menurut pengalaman dan bertanya kepada tukang, standar kedalaman penggalian untuk pondasi cakar ayam sekitar 1 meter. Lagi-lagi, lebih dalam tentu lebih baik. Jika di sampingnya ada saluran air atau sungai tentu harus lebih dalam lagi. Pondasi harus berada di bawah permukaan saluran air atau sungai, ini dilakukan untuk menghindari kikisan arus air dan kelembaban air yang akan mengikis pondasi. Jadi jika di belakang rumah ada sungai atau berupa tebing, tentu kedalaman 1 meter akan terasa kurang, bisa jadi untuk pondasi di daerah tertentu bisa memakan 4 meter atau lebih tergantung situasi.

Itulah kedalaman pondasi cakar ayam untuk rumah bertingkat 2 pada umumnya. Perlu diketahui artikel ini murni hanya pengalaman saya saat merenovasi rumah. Mengingat membuat pondasi tergantung dari kondisi, Jika ada kekurangan dan keraguan dalam menentukan pondasi sebaiknya bertanya kepada ahli arsitek atau ahli sipil. Semoga rumah impian kita bisa terwujud dengan baik.

1 comment:

  1. Pak. saya punya tembok pagar rumah yg sekarang sudah miring.
    apa bisa dibenahi dengan tanpa bongkar tembk ya?
    Ketinggian 2,5 meter panjangnya 25 M

    ReplyDelete