Cara Agar Diterima Menjadi Karyawan Perusahan Besar


Cara Agar Anda Diterima Menjadi Karyawan Perusahaan Besar


Cara Agar Anda Diterima Menjadi Karyawan Perusahaan Besar -- Beruntunglah bagi anda yang telah diterima di sebuah perusahaan yang besar, karena tangga kesuksesan sedang anda naiki. Namun tak semuanya bisa menikmati kejayaan sebagai karyawan perusahaan. Banyaknya lowongan kerja tak menjamin bahwa setiap pendaftar akan diterima, hanya orang-orang pilihan dan mempunyai keahlian tertentu yang biasanya diburu oleh perusahan-perusahaan tersebut.

Ketika anda dinyatakan lulus oleh universitas anda, maka saat itulah anda akan berhadapan dengan dunia kerja. Ya, dunia yang sebeneranya, sebab di dunia kerja tentu akan sangat berbeda saat anda berada dimasa pendidikan. Keterampilah dan kemampuan anda sebagai siswa atau mahasiswa dipertaruhkan. Apakah anda layak atau tidak bisa dilihat dari indicator penerimaan misalnya perusahaan, instansi BUMN ataupun CPNS.

Maka sebelum anda menulis surat lamaran pekerjaan dan mempostingnya via email kenalilah diri anda sendiri apalah anda telah membekali dengan keterampilan berikut. Umumnya radar perusahaan akan memantau bakat-bakat anda terutama yang memiliki kemampuan di bidang berikut.

1. Terampil dalam membuat Tulisan

Anda harus bertanya, apakah saya menguasai bahasa tulisan? Jika jawabannya ya berarti anda selayaknya untuk bersyukur. 

Dunia tulis menulis dari masa ke masa selalu dibutuhkan oleh perusahaan terutama oleh perusahaan yang bekerja dalam dunia penulisan seperti media masa, periklanan, internet dan lain-lain. Bahkan perusahaan yang notabene tidak berhubungan dengan tulisan tetap membutuhkan ahli-ahli di bidang menulis. Untuk itu, saat anda menulis surat lamaran perhatikan dengan benar, sebab HRD perusahaan dapat mengetahui kemampuan anda hanya dari surat lamaran anda. 

2. Mahir dalam Public Speaking

Suka atau suka jika anda ingin dilirik perusahaan besar, anda harus pandai dalam berbicara (public speaking). Sebab, bicara anda menunjukkan pengetahuan anda. Dengan berbicara juga perusahaan bisa mengambil keuntungan melalui lobi-lobi perusahaan. Untuk itu, asahlah kemahiran public speaking anda sebelum anda memutuskan untuk melamar di sebuah perusahaan. Apalagi jika perusahaan anda bergerak di bidang yang mengutamakan public speaking seperti marketing, konsultan, dan sebagainya 

3. Mahir Berbahasa Inggris

Semakin besar suatu perusahaan, tentu jangkauan bisnisnya tidak hanya di satu negara saja. Tetapi mencengkram hampir di seluruh negara. Jika sudah demikian maka seluruh karywan biasanya dituntut untuk menguasai bahasa Inggris. 

Seiring dengan akan memasuki era MEA, bahkan untuk saat ini hampir dipastikan semua perusahaan membutuhkan para karyawan yang menguasai bahasa Inggris. 

Jadi jika anda merasa kurang dalam menguasai bahasa Inggris, segeralah membekali diri dengan ikut pelatihan atau kursus bahasa Inggris di kota anda. Sebab meskipun anda telah diterima oleh suatu perusahaan, tetap penguasaan bahasa Inggris akan tetap diperlukan, misalnya untuk kepentingan karir anda. Tentunya setelah anda menjadi karyawan ingin merasakan bagaimana naik jabatan bukan? Maka belajarlah mulai dari sekarang.

4. Mengetahui Administrasi

Hampir dipastikan semua perusahaan intinya adalah jualan. Mereka menjula produk baik berupa barang ataupun jasa. Kegiatan tersebut tidak akan berhasil jika tidak didukung oleh administrasi yang benar. Maka jika anda sangat faham dengan dunia admin, anda tidak usah khawatir karena hampir semua perusahaan membutuhkan jasa professional di bidang administrasi. 

Namun bagi anda yang kurang begitu mahir dalam urusan administrasi dan ingin masuk sebagai karyawan dengan posisi administrasi, setidaknya anda harus mengerti dan bisa mempraktikkan hal yang menyangkut administrasi misalnya membuat penawaran, invoice, faktur pajak, surat jalan, kontrabon dan sebagainya. 

5. Menguasai Sofware Desain

Seiring dengan perkembangan dunia online, hampir dipastikan orang selalu membutuhkan jasa-jasa para desain profeional. Apapun itu perusahaannya pasti membutuhkan para desain. Mengapa? Karena sebuah perusahaan bagaimanapun membutuhkan promosi, dan para desainlah yang akan mewujudkan keinginan perusahaan tersebut.

6. Menguasai Pemrograman

Selain desain, pengusaaan lain yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan adalah para ahli di bidang pemrograman. Kita tentu mengetahui bahwa tak semua orang yang menggunakan internet mahir dalam membuat program. Hanya para programmer lah yang mampu membuat tampilan website perusahaan dan memajukan perusahaan dengan cepat. Ingat saat ini jamannya internet marketing. Dimana pemasaran tidak lagi menitik beratkan pada pemasaran secara offline. Pemasaran secara online tentu jangkauananya sangat luas, bahkan bisa menembus batas antar negara. 

Jadi jika anda ingin dibutuhkan oleh perusahaan untuk saat ini segeralah membekali diri anda dengan pengetahuan programernya. Saat ini banyak jasa dan kursus yang memberikan pelatihan programming sampai mahir. Sisihkan dana anda untuk berinvestasi dengan mengikuti pelatihan supaya anda dimudahkan dalam mencari pekerjaan.

Bahkan kalaupun toh anda tidak menjadi karywan, dengan modal pemrograman, yakinlah bahwa anda bisa bertahan dengan menjadi wirausahawan sejati.

Itulah beberapa tips Agar Anda diterima Menjadi Karyawan Perusahan Besar. Mudah-mudah artikel ini bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mencari pekerjaan. Dan mudah-mudahan anda dilirik untuk menjadi bagian dari perusahaan impian anda. Tetap semangat.

No comments:

Post a Comment