Perusahaan Mau Bangkrut, Kenalilah Agar tak Ikut Nganggur

perusahaan bangkrut
Ilustrasi Perusahaan Bangkrut

Perusahaan Mau Bangkrut, Kenalilah Agar tak Ikut Nganggur -- Tak ada seorang pun yang tahu, apa yang akan terjadi dengan esok hari. Hari ini kita senang, besok bisa saja sedih. Hari ini kita jaya karena mampu bekerja di perusahaan besar nan megah, tapi bisa saja esoknya kita tak punya uang sepeser pun. Ya perusahaan bangkrut, dan kita nganggur. 

Begitulah hidup, apapun bisa saja terjadi. Meskipun kita disayang oleh perusahaan tapi tetap tak menjamin bahwa kita akan terus menjadi karyawan. Apa jadinya jika  kita diperlukan oleh perusahaan kalau toh perusahaan tersebut bangkrut. Artinya sama saja dengan kita dipecat, hanya beda caranya. 

Untuk itu, saat menjadi karyawan sifat kewaspadaan harus tetap kita miliki, sebab tak ada yang mampu menjamin kehidupan selain kita sendiri. Ada tanggung jawab yang harus kita penuhi terutama soal nafkah bagi keluarga. 

Maka saat anda menjadi karyawan kenalilah ciri perusahaan yang akan bangkrut agar anda tidak ikut nganggur. Anda bisa mempersiapakan sebelum perusahaan yang anda tempati benar-benar hancur. berikut ini ciri perusahaan akan bangkrut.

1. Perusahaan Melakukan Penghematan

Indikasi awal, yang mungkin akan terasa adalah adanya bentuk penghematan. Atasan anda akan selalu bertanya tujuan anda jika meminta biaya operasional. Jika dirasa tidak begitu memberikan kontribusi yang signifikan, maka permintaan karyawan biasanya akan ditolak. Kucuran dana biasanya akan diarahkan kepada hal-hal yang menyangkut percepatan pendaan perusahaan. Hal itu memang wajar, karena bagaimanapun operasional seperti penggajian, biaya produksi, dan distribusi tak dapat diganggu gugat. 

2. Atasan Anda Tampak Gelisah

Tanggung jawab atas maju dan mundurnya suatu perusahaan tentunya berada di pihak yang mengendalikan perusahaan. Untuk itu, anda bisa mencuri kesempatan untuk memastikan apakah atasan anda benar-benar sedang gelisah akibat rumitnya perusahaan. Keadaan ini biasanya dialami secara masal dimana hampir semua atasan seperti CEO, direktur, manager dan jajarannya. Kegelisahan itu bisa ditaksir sebagai masalah serius yang sukar untuk dihadapi.

3. Penggajian Sering Telat

Kadang kita seringkali jengkel dengan ulah perusahaan dengan gaji yang suka telat. Tapi kita harus sadar apa yang menjadi penyebab gaji itu telat. Jika memang perilaku perusahaan anda tidak wajar itu tandanya perusahaan anda tidak menepati janji. Namun jika perusahaan anda dirasa adalah perusahaan yang selalu memberikan gaji tepat waktu dan disiplin namun tiba-tiba memberikan gaji telat, maka bisa jadi sebagai indikasi bahwa perusahaan tersebut sedang krisis.

Pada kondisi tersebut, memang loyalitas kepada perusahaan dipertaruhkan. Jika memang perusahaan yang menurut anda adalah perusahaan terbaik. Sebaiknya para karyawan berusaha dengan giat untuk berusaha secara bersama-sama untuk memajukan kembali perusahaan tersebut. Ingat, bagaimanapun sebuah perusahaan adalah tempat anda mencari rejeki. Jadi sebelum anda mengambil keputusan terakhir, berjuanglah untuk perusahan sebaik mungkin.

4. Penghasilan perusahaan turun Tajam

Aktivitas perusahaan yang sehat biasanya bisa dikenali dengan kasat mata. Para pekerja selalu sibuk dan waktu benar-benar berharga. Namun sebaliknya, perusahaan yang akan mengalami kebangkrutan biasanya ditandai dengan sepinya aktifitas. Pekerja di bagian pemasaran cenderung stress karena tidak sesuai dengan target yang ditargetkan oleh sang manager. Akibatnya, pendapatan perusahaan menurun tajam. 

Maka saat itulah anda harus waspada, sebab jika Keadaan ini berlangsung terus menerus akan menjadikan perusahaan koleps dan akhirnya bisa saja mengalami kebangkrutan. 

5. Biaya operasional lebih besar dari pendapatan

Sebuah perusahaan tentu dalam aktivitasnya selalu membutuhkan biaya operasional. Biaya ini biasanya menyangkut biaya produksi, biaya distribusi, biaya promosi dan biaya penggajian karyawan. Semua biaya tersebut dapat teratasi jika memang perusahaan mendapatkan pendapatan dari hasil penjualan baik berupa barang ataupun jasa. Jika sesekali mungkin perusahaan masih bisa beroperasi dengan baik, namun jika biaya operasional lebih besar dari pendapatan terjadi hampir tiap bulan, itu berarti perusahaan anda sedang krisis. 

Bagian yang sangat mengetahui dengan pasti akan kondisi pengeluaran dan pendapatan adalah bagian administrasi. Maka tak ada salahnya anda bertanya kepada rekan yang bekerja di bagaian tersebut. Keadaan tersebut biasanya diikuti dengan intstruksi dari atasan supaya kinerja lebih optimal, misalnya dengan menggenjot penjualan, memperbaiki produk dan sebagainya. Namun jika berbagai langkah telah dilakukan dan kondisi tetap sama, maka dipastikan perusahaan anda akan bangkrut. Bersiaplah.

6. Beberapa Karyawan tak diperpanjang kontrak

Fennomena yang terakhir adalah banyaknya karyawan yang tidak diperpanjang kontraknya. Inilah pertanda bahwa perusahaan anda sudah tidak mampu lagi untuk berusaha mempertahankan karyawannya. Sebab, bagi perusahaan, karyawan adalah asset namun sekaligus juga tanggungan. 

Perusahaan yang baik biasanya akan jujur mengenai masalah yang terjadi pada perusahaannya. Bahkan jika memang karywan tersebut masih dibutuhkan, mereka biasanya akan memberikan jaminan bahwa kelak saat perusahaannya sehat, mereka akan memanggil anda kembali. 

Kita memang tak bisa menyalahkan perusahaan, tetapi kita harus sadar bahwa apa yang terjadi terkadang tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Itulah bukti bahwa yang di atas sana mempunyai kehendak. Segala cara bisa kita lakukan, termasuk jika pemimpin perusahaan mati-matian mencoba untuk mempertahankan anda, namun jika keputusan  yang di Atas berkehendak tak seorang pun dapat mengubahnya.

Maka apapun dan dimanapun kita bekerja kita harus selalu waspada, setidaknya ita harus mempunyai tambahan walaupun bentuknya hanya berupa bisnis kecil-kecilan seperti bekerja sambilan dari online, atau apa saja yang sekiranya bisa membantu saat kita diterpa musibah. 
Semoga kita tetap semangat untuk terus berkarya

Resep Cara Membuat Sup Ikan Enak, Sehat, Tanpa Bau Amis

Sup Ikan Patin

Bibisnis.com: -- Resep Rahasia Cara Membuat Sup Ikan Enak, Sehat, Tanpa Bau Amis-- Hallo Bunda, apa kabarnya?  Bagaimana dengan kabar resep hari ini? Saya punya resep baru lho. Jadi ceritanya gini, keluargaku entah mengapa tiba-tiba protes kok di menunya ada daging mulu, bosen katanya. 

Ya, memang sih habisnya aku suka banget dengan yang namanya olahan daging. Namun iseng-iseng, saya punya resep sebagai pengganti daging, yaitu yang berbahan ikan. Selain menu tersebut tetap mengandung protein,  bahan ikan justru lebih bagus, karena sangat rendah kolesterol. Ya, sekalian saja saya buat menu yang benar-benar sehat, ide ku pun langsung muncul pada sup ikan. 

Namun, biasanya dalam membuat sup ikan hasilnya suka bau amis. Tetapi tenang Bunda sebab menuku ini sudah saya praktikkan bareng kakaku dan hasilnya, mmmm… Bunda bisa coba, dijamin tidak amis sama sekali. Oke Bunda, gak akan panjang lebar, langsung saja ke TKP (emangnya kriminal he…). Berikut Resep Cara Membuat Sup Ikan Sehat Tanpa Bau Amis.

Bumbu:

1. Bawang Merah 3 Biji
2. Bawang Putih 5 Biji
3. Tomat 1 biji
4. Daun Seledri 1 tangkai
5. Saun kemangi secukupnya
6. Garam
7. Gula
8. Lada
9. Cabe
10. Bawang Daun

Bahan utama:

Ikan Patin yang sudah dipotong-potong (bisa juga ikan lain)


Bahan Sayuran:

1. Brokoli
2. Jamur
3. Wortel

Cara membuat:

1. Siapkan air dalam panci (secukupnya aja dikira-kira), panaskan sampai mendidih.

2. Keprek bawang putih 3 biji (dua lagi dimasukkannya nanti ya), masukkan ke dalam air di panci yang sudah mendidih tersebut. Tujuannya selain sebagai bumbu penambah cita rasa, juga bawang putih bisa mentralkan bau amis ikan tersebut.

3. Masukkan ikan patin yang sudah dipotong tersebut, (bisa juga Bunda dengan ikan lain, yang disukai). Eit jangan lupa ikan tersebut harus sudah dicuci.

4. Tambahkan irisan bawang merah. Nah disinilah, Bunda juga masukkan bawang putih yang sisanya (2 biji).

5. Kecilkan api, tunggu sampai keluar minyak dari ikan tersebut. Keluar minyak menandakan bahwa kematangan ikan sudah cukup.

6. Masih dalam kondisi api kecil, lalu masukan sayuran dengan urutan: jamur setelah itu wortel. tunggu beberapa saat, sebelum matang sayuran (jamur dan wortel) jangan lupa masukkan brokoli dan irisan tomat. Bahan ini diakhirkan sebab sangat cepat matang. Jadi susunannya harus akhir ya Bun.

7. Masukkan garam, gula, dan lada. Setelah itu Matikan api.

8. Masukkan irisan bawang daun, seledri. Kemudian tutup panci, tunggu beberapa saat.

9. Sop ikan siap disantap. Untuk menambah rasa pedas bisa ditambahkan cabe.

Oke Bunda itulah resep hari ini, Resep Cara Membuat Sup Ikan Sehat Tanpa Bau Amis. Resep ini baru saya praktikkan dan berhasil, namun bagi Bunda yang telah mahir dalam membuat sup ikan, mohon masukannya ya, supaya resep tersebut benar-benar super maknyus... (Biar makannya keluargaku nambah terus). 

Masukannya saya tunggu di kolom komentar ya Bun. Selamat menikmati.

Inspirasi dari Jimbaran: Restoran Lesehan Terbesar di Bali

Salah satu restoran di Jimbaran Bali

Bibisnis.com-- Inspirasi dari Jimbaran: Restoran Lesehan Terbesar di Bali -- Wilayah Bali selalu menjadi magnet bagi wisatawan di dunia. Ya Bali terkenal karena aktivitas pariwisatanya, dimana masyarakat Bali umumnya mengandalkan sektor ini sebagai mata pencahariannya. Karena sektor tersebut digarap dengan baik, maka hasilnya pun dapat dipastikan lebih maksimal, seperti yang terjadi di Pulau Bali ini. 

Uniknya, di kawasan Bali sama sekali tidak ada lahan industry, semua didatangkan dari wilayah lain di luar Bali. Namun anehnya, semua produk ada di pulau tersebut. Ini tentu suatu kelebihan Bali, dimana di satu sisi ruang lingkungannya tetap asri dan terjaga, di sisi lain semua kebutuhan tetap ada, dan terpenuhi. 

Pulau Bali beskipun mengandalkan sektor pariwisata, bukan berarti tidak maju, justru di antara wilayah lainnya yang ada di Indonesia, Bali termasuk daerah yang memiliki pendapatan terbesar. Inilah inspirasi positif yang harus ditiru daerah lain. Sebab hampir semua wilayah di Bali memiliki tingkat kemajuan yang sama. Sama-sama  mengembangkan sektor pariwisata dengan tema yang berbeda-beda.

Saat saya melangkahkan kaki di Pulau Dewata ini, yang pertama dirasakan adalah keramahan, kesahajaan orang-orang, dan lingkungan yang unik. Hampir semua rumah memiliki ciri khas ukiran Bali. Jalan-jalan tampak lengan karena memang angkutan kota (angkot) tidak diperbolehkan beroperasi. Walhasil dalam waktu seharian saya bisa mengelilingi pulau Bali tanpa bermacet ria.

Semua tempat saya kunjungi, dan memang di pulauini tak bosannya rasa penasaran ini. Di setiap tempat selalu penuh kejutan dengan nuansa keeksotisan yang berbeda-beda. Hampir setiap daerah seolah menawarkan sesuatu yang bisa dinikmati oleh pengunjung seperti tari, kebun binatang, patung, pura, dan lain-lain. Di daerah Kuta dan Sanur, misalnya saya diberi pesona pantai yang indah nan elok. Di wilayah Bedugul dan Tanah lot saya ditawari pesona pegunungan dan keanggunan Pura-nya. Di GWK saya pun dimanjakan dengan patung Garuda Wisnu-nya yang luar biasa megahnya. Sementara di daerah Nusa Dua saya menikmati suasan hotel kelas atas dengan view lautan yang luar biasa. Pun tak ketinggalan di daerah Jimbaran saat saya letih akibat perjalanan, saya dimanjakan dengan aneka masakannya yang beraneka rasa yang mendunia.

Rasa lelah mengunjungi beberapa kota akhirnya terobati sudah. Ya rugi rasanya jika anda berkunjung tak mampir di Jimbaran sebab di sinilah berderet restoran dengan ciri khas yang sangat unik, berdiri memanjang seolah mengitari kawasan tepi pantai dengan konsep lesehan.

Bagi saya, Jimbaran memberikan arti tersendiri, dimana saya menemukan perpaduan suasana antara gaya modern, tradisional yang dibalut kemegahan alam. Di Jimbaran, jika memasuki waktu senja, dan malam hari maka deretan lampu dan deburan ombak menjadikan satu irama menjadikan citarasa masakan yang menjadi kelezatan tersendiri. Sangat sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata. 

Jika anda berkunjung ke Bali silahkan mampir ke kawasan ini, dijamin hasrat makan anda akan bertambah beberapa kali lipat. 

Bagi saya Jimbaran memberikan semacam inspirasi bisnis atau masukan untuk kelak kelangsungan bisnis saya di Pulau Jawa. 

Itulah sobat, Inspirasi yang saya dapatkan, semoga di setiap tempat saya selalu mendapatkan inspirasi positif, sebab dari inspirasi tersebut selalu hadir ide-ide untuk senatiasa meningkatkan kualitas diri untuk selalu hidup maju, penuh semangat, dan pantang menyerah.

Fungsi Diskon dalam Penjualan

fungsi diskon dalam penjualan
Ilustrasi Diskon

Bibisnis.com: Fungsi Diskon dalam Penjualan -- Kata diskon pastinya sudah tidak asing lagi bagi kita, apalagi yang hobinya shoping. Kata-kata Diskon menjadi magnet untuk segera melepaskan hasrat berburu barang kesayangan kita. 

Sudah pasti yang paling mendominasi dalam hal berburu Diskon adalah kaum hawa. Bahkan ada anekdot yang beredar luas di masyarakat kalau di keluarga itu fungsinya “Workshop” yang artinya, Papa “work” fungsinya bekerja, sementara Mama “Shop” fungsinya belanja. 

Tapi itu tentu saja hanya berupa obrolan kacang mengisi dialog hiburan. Kenyataannya, kaum pria pun banyak juga yang hobinya shoping.  Pada dasarnya setiap manusia selalu menginginkan sesuatu yang berlebih sepanjang ia mampu. Ya seiring dengan bertambahnya penghasilan yang ia dapatkan. Orang kaya pasti kebutuhannya dan berbelanjanya akan lebih beraneka ragam, dibandingkan dengan orang biasa. Itu sudah menjadi rumus hidup. 

Kembali ke masalah diskon, sebenarnya ada pertanyaan mengapa sebuah perusahaan menerapkan system diskon? Padahal diskon itu merupakan potongan harga. Kalau harga dipotong, pertanyaannya berarti rugi dong?  

Secara artian diskon memang potongan harga, namun hanya diberikan pada momen-momen tertentu yang bertujuan untuk menggaet pembeli. Namun apakan dengan adanya diskon akan menyebabkan rugi? Tentu tidak. Diskon hanyalah sebuah strategi penjualan. Dimanapun penjual pastinya tak akan membiarkan begitu saja terjadi kerugian. Di dunia dagang tak ada rumusnya penjual yang menginginkan kerugian, semuanya harus untung. Kalau bisa untungnya sebesar-besarnya, ya kan?

Nah untuk menerapkan diskon, perusahaan biasaya menerapkan syaratnya sebagai acuan agar tidak rugi. Berikut langkah yang bisa mereka lakukan untuk membuat sebuah diskon atas produk yang akan mereka jual. 

1. Harga jual diperbesar

Untuk menerapakan harga diskon, maka penjual biasanya meng-up terlebih dahulu harga secara catatan. Teknisnya mereka membuka label harga, misalnya pada awalnya harga di label 100 ribu. Maka label harga tersebut dicabut, kemudian dipasang label yang baru dengan harga 130.000. Dengan begitu penjual dapat memeberi diskon 30%, itu berarti anda mendapat potongan harga hanya 39 ribu. Dalam arti, kenyataannya anda hanya mendapat potongan harga sebesar 9 ribu. Dan itu terasa lebih murah dari toko-toko lain, padahal bedanya hanya sedikit. Dengan begitu orang akan berbondong-bondong untuk membeli produk tersebut. Nah lumayan kan?

Lalu bagaimana dengan yang 9 ribu apakah akan menjadi rugi? Jawabannya tidak mungkin, karena setiap toko biasanya menjul margin antara  45-55 persen dari harga beli. Artinya kalau ia menjual 100 ribu, maka ia membeli sekitar 50 ribu.

2. Bersifat Insidental

Syarat member diskon yang selanjutnya adalah harus diberikan incidental agar kesan diskonnya terasa, misalnya pada akhir tahun, atau pada hari raya dan sebagainya. Diskon tidak diberikan sepanjang waktu sebab itu bisa dinamakan penurunan harga. Maka konsumen biasanya tidak berselera untuk membeli. 

Di dunia marketing atau pemasaran diskon sebetulnya memberikan beberapa fungsi tersendiri, bagi keberlangsungan suatu perusahaan. Dengan diskon perusahaan akan mendapatkan keuntungan, branding di mata masyarakat, juga percepatan penjulan, sekaligus menyelamatkan dari kebangkrutan. Mengapa demikian? Untuk lebih jelasnya, simaklah fungsi diskon dalam penjualan berikut ini.

1. Meningkatkan daya Beli

Telah disebutkan sebelumnya, dengan adanya diskon secara tidak langsung akan meningkatkan pendapatan. Sebab meskipun adanya pengurangan margin, tetapi efek diskon mampu meningkatkan kuantitas pengeluaran barang dalam waktu yang relatif singkat. Artinya, semakin cepat pendapatan sebuah perusahaan, maka semakin cepat juga kemajuan sebuah perusahaan. 

2. Kejutan Viral

Pernahkah anda mengalami saat berjalan di sebuah mall, tiba-tiba ada pemberitahuan secara mendadak bahwa toko A mengadakan diskon besar-besaran tetapi hanya saat itu saja? Orang yang mendengar pemberitahuan tersebut sontak akan merasa kaget dan tertarik, sehingga yang pada awalnya mereka hanya akan jalan-jalan mereka pun mau tidak mau membeli barang tersebut. Banyaknya antusias pembeli menyebabkan pembicaraan di kalangan konsumen tentang diskon tersebut. Sehingga secara langsung akan menyebabkan trend viral yang tentu saja akan menguatkan brand produk di masyarakat. 

3. Member Khusus (grosir)

Dalam perdagangan besar (grosir) tentunya kata diskon berbeda dengan harga diskon secara retail (langsung). Mereka yang mendapatkan diskon adalah para pedangan reseller atau eceran untuk dijual kembali kepada konsumen. Jika sebuah perusahaan besar, yang terbiasa menerapkan diskon seperti ini biasanya distributor dan agen-agen nya yang tersebar di seluruh wilayah. Sementara untuk produsen kecil, maka ia akan menerapkan diskon langsung kepada reseller atau pedanga eceran.

Bentuk diskon yang diberikan biasanya berupa kesesuaian dengan jumlah pembelian. Misalnya jika membeli satu tidak mendapatkan diskon, membeli 10 diskon 10%, membeli 30 diskon 30% dan seterusnya. Intinya semakin banyak pembelian maka ia akan medapatkan diskon semakin besar. Dengan begitu pedagang eceran akan mendapatkan keuntungan dari diskon tersebut. 

4. Kesempatan Kepada Perantara

Sistem diskon digunakan juga oleh para perantara atau makelar suatu instansi. Sebuah instansi biasanya memerlukan barang atau jasa untuk memeuhi kebutuhannya. Maka ia pun mengutus vendor untuk membelikan sejumlah barang tersebut sesuai dengan harga di pasaran. Maka untuk mendapatkan untung, makelar pun akan mencari perusahaan yang memberikan diskon. Para makelar ini biasanya akan berusaha mendekati para distributor atau kalau mampu ia akan berusaha untuk bisa sampai kepada produsen. Dengan begitu, margin yang ia dapatkan tentu akan semakin besar.

5. Soluasi Agar tidak Rugi

Selain untuk meningkatkan pendapatan untuk perusahaan, diskon juga berguna untuk menyelamatkan dari kebangkrutan. Bagi sebuah perusahaan, terlalu lama barang menumpuk di gudang itu tentu sudah menjadi kerugian, karena menghambat proses regulasi barang. Apalagi yang dijual misalnya yang berhubungan dengan trend masyarakat yang selalu menuntut pembaharuan. 

Maka perusahaan pun biasanya menerapkan kebijakan “jika dalam setahun pihak perusahaan tidak bisa menjual produk tersebut, pihak perusahaan menjual dengan diskon yang tinggi”. Yang terpenting bagi perusahaan adalah jangan sampai terjadi rugi, artinya barang yang dijual benar-benar harga produksi. Maka jangan aneh jika menjelang tutup buku (sekitar bulan Desember) beberpa perusahaan member diskon sampai 90 persen. Maka di bulan itulah para konsumen biasanya berpesta pora menyambut kedatangan diskon besar-besaran.

Begitulah fungsi dan peran diskon. Intinya dengan diskon perusahaan dapat mendapatkan keuntungan yang besar, dengan diskon pula perusahaan dapat dibantu dari kebangkrutan. Jika anda adalah seorang wirausahawan jangan sepelekan efek diskon. Karena jika kita pelajari dan terapkan dengan benar, diskon mampu menjadikan usaha kita berkembang pesat.

Semoga artikel fungsi dan peran diskon dalam penjualan ini bermanfaat bagi pembaca budiman. Mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan atau tidak sesuai dengan teori. Silahkan anda menambahkan atau memberikan kritik untuk perbaikan tulisan ini dengan memberi saran di kolom komentar. Sebesar atau sekecil apapun aspirasi anda kami ucapkan terima kasih.


Susah Naik Jabatan? Ini Dia Penyebabnya

penyebab susah naik jabatan
Ilustrasi: Susahnya Naik jabatan

Susah Naik Jabatan? Ini Dia Penyebabnya--  Impian dari seorang yang berkarir di sebuah perusahaan tentunya adalah menempati posisi tertentu atau memiliki jabatan. Sebab selain akan mendapatka gaji yang lebih tinggi juga mendapatkan kekuasaan dan berbagai fasilitas. Karena itulah banyak kita jumpai di beberapa perusahaan besar antar karyawan berlomba-lomba membuat terobosan dengan harapan untuk dinaikkan pangkat oleh atasannya. Bahkan persaingan tersebut tak jarang mengarah pada persaingan yang tidak sehat dengan cara sikut menyikut.

Perusahaan yang baik biasanya selalu membuat karyawan dalam kondisi yang kondusif dimana hanya orang-orang yang benar-benar berprestasilah yang akan diangkat untuk menduduki jabatan yang strategis. Namun banyak pula yang merasa bahwa dirinya layak untuk mendapatkan kenaikan jabatan, tetapi kenyataannya orang lain yang dipromosikan. 

Perusahaan yang baik tak serta merta menaikkan jabatan sesorang jika tidak atas suatu musyawarah yang benar-benar diperhitungkan. Sebab, pemilik perusahaan tentunya tak ingin perusahaannya hancur hanya karena orang-orang kepercayaannya tidak memiliki prestasi yang mumpuni. 

Nah jika anda sebagai karyawan merasa sulit untuk naik pangkat alangkah baiknya berinstospeksi diri jangan-jangan ada yang salah dengan dirinya. Berikut hal yang menyebabkan seorang karyawan tidak mendapat kepercayaan naik jabatan di sebuah perusahaan.

1. Tidak Mau Upgrade Sumber Daya

Perusahaan tentu akan sangat senang jika memiliki karyawan yang memiliki kemampuan untuk upgrade pengetahuan. Pengetahuan yang terus diupgrade akan berdampak pada kemajuan perusahaan yakni bisa bersaing dengan perusahaan lain yang sejenis. Untuk itu, karyawan yang memiliki wawasan yang sesuai dengan perkembangan jaman akan dilirik oleh pemilik perusahaan untuk mengemban tugas dengan menempati jabatan tersebut.

Maka seorang karyawan, tidak hanya menguasai bidang yang ia kerjakan. Tetapi nilai plus dari karyawan harus benar-benar diperlihatkan. Untuk mendapatkan nilai tersebut, ada banyak hal yang bisa kita kerjakan seperti melanjutkan sekolah, mengambil pelatihan, kursus keterampilan lainnya. Yang intinya adalah untuk menajuan perusahaan. Jika anda bisa meyakinkan perusahaan dengan ide, konsep, dan tangan anda menuju perusahaan yang maju, maka si bos akan menggandeng tangan anda sebagai isyarat ingin menjunjung martabat anda untuk menduduki jabatan yang ia sediakan.

2. Malu Mengeluarkan Ide

Banyak karyawan yang sebenarnya mempunyai kemampuan dan konsep yang bagus dibandingkan dengan atasannya, namun terkadang mereka merasa minder untuk mengeluarkan pendapat tersebut. Maka itulah poin yang menyebabkan anda susah untuk naik jabatan. Bagaimana mungkin orang tahu bahwa anda adalah mutiara perusahaan, jika anda tidak memberikan yang terbaik untuk perusahaan? Bagaimana perusahaan akan memberikan jabatan yang berbaik bagi anda, jika ide saja hanya digenggang seorang diri. Apalah gunanya ide jika tidak dikeluarkan dan tidak dilaksanakan. 

Maka saat anda dipinta untuk mengeluarkan ide untuk kemajuan perusahaan dalam rapat umum, saatnya anda tampil dengan ide-ide briliannya. Keluarkanlah pendapat dengan logis dan realistis, agar pendapat anda mendapat perhatian dari atasan anda. Janganlah mengeluarkan pendapat yang tidak masuk akal, terlalu muluk, dan tidak sesuai kondisi. Misalnya saat perusahaan ana terpuruk anda malah mengeluarkan ide dengan perluasan perusahaan dengan teknis dan dana yang tidak sedikit. Sebagus apapun ide tersebut jika tidak tepat pada kondisinya, akan menyebabkan pemimpin perusahaan mengabaikannya. Bahkan bisa saja mereka menganggap anda terlalu mengada-ngada. 

3. Tidak Punya Jiwa Pemimpin

Kelemahan lain dari seorang karyawan yang tidak kunjung naik jabatan adalah tidak punya jiwa pemimpin. Jika suatu saat anda diberi kepercayaan untuk memimpin kelompok tim kecil, maka pergunakan dan buktikan bahwa anda adalah karyawan yang bisa memimpin kelompok tersebut. Ingat, menjadi pemimpin bukan dengan cara diktator. Tetapi pemimpin di sini adalah pemimpin yang bisa memanagemen anak buah dengan ilmu dan pengetahuan sehingga yang dipimpin akan timbul semangat etos kerja yang baik, tidak merasa digurui, dan lain sebagainya. Jika anda berhasil dalam memimpin tim kecil, pastinya seiring dengan waktu ada saatnya anda akan mendapatkan kenaikan jabatan dengan mengisi kursi  strategis yang lebih tinggi.

4. Tidak Memiliki Jiwa Terbuka

Orang yang paling berbahaya dalam suatu perusahaan adalah mereka yang tidak memiliki jiwa terbuka. Biasa mereka adalah orang yang merasa bahwa dirinyalah yang terbaik dan mampu mengerjakan tugas dari perusahaan. Padahal zaman terus berkembang, diperlukan sikap yang terbuka untuk selalu menerima nasehat dan pendapat dari orang lain. Tidak memiliki jiwa terbuka menyebabkan ia tak mau pendapat orang lain dan tidak mau belajar. Akibatnya ia akan terpuruk sendirian, dalam nostalgia kejayaannya. Sementara orang lain telah melakukan revolusi dalam dirinya baik dari segi pengetahuan, keterampilan, maupun pergaulan. 

Merasa cukup dengan apa yang diberikan oleh Tuhan tentu sangat baik. Tetapi merasa cukup dengan ilmu yang ada tentu tidak baik. Dalam hal-hal tertentu memang kita tidaklah bisa merasa cukup terutama dalam hal kebaikan. Orang yang merasa cukup ilmu biasanya mereka cenderung egois dan tak mau mengalah. Maka jangan salahkan jika tongkat kenaikan pangkat diberikan kepada orang lain. 

5. Tidak memberikan Kontribusi

Manusia tentu bukanlah robot yang hanya bisa bekerja atas dasar perintah. Apa bedanya dengan computer? Mungkin dalam hal ini mesin lebih baik karena akan bergerak cepat. Tapi anda adalah manusia yang diberi akal dan kemapuan untuk menganalisis dengan baik. Maka saat anda menjadi karyawan berikan sumbangsih terbaik anda untuk kemajuan perusahaan. Sebab para pemimpin yang baik biasanya akan menghargai sekecil apapun kontribusi yang diberikan anak buahnya. 

Jadilah karyawan yang tanggung jawab serta menginginkan kemajuan perusahaan, tidah hanya mempermasalahkan soal gaji yang kecil, pekerjaan yang selalu sibuk, waktu yang kurang. Intinya, selama menjadi karyawan, lakukan kontribusi kepada perusahaan anda.

6. Tidak ada Kesempatan

Jika semua poin telah dilakukan ada kemungkinan, anda belum memiliki kesempatan. Kesempatan di suatu perusahaan memang ada yang secara alami, ada juga yang disengaja karena faktor persaingan yang tidak sehat. Jika anda berada di sebuah perusahaan yang benar-benar sehat, maka anda tinggal bersabar. Percayakah keberuntungan itu pasti akan datang seiring dengan waktu dan kerja keras anda. Namun jika anda berada di posisi perusahaan yang tidak sehat dimana terjadi sikut menyikut, maka anda harus mempertingkan opsi lain.

Itulah beberapa yang harus anda perhatikan dalam meniti karir di perusahaan. Sepanjang ada kesempatan untuk bisa menaiki tangga kesuksesan, perhatikan potensi yang ada di dalam diri anda. Namun jika jalan dihadapan anda ditutupi oleh suatu yang haus akan kekuasaan. Anda bisa mempertingkan opsi lain seperti pindah kerjaan atau berwirausaha. Sebab, bagaimanapun hidup harus berkembang karena memang zaman pun selalu berkembang, termasuk kebutuhan manusia pun selalu bertambah. 

Tapi inti dari semua adalah yakinkan bahwa apapun itu, dalam kondisi apapun tetap harus terus berusaha menjadi pribadi yang lebih baik, berkualitas, dan bermanfaat sebab dimanapun anda berada jika hidup dengan kualitas yang baik akan senantiasa dibutuhkan orang lain. Tetap semangat.



Merasakan Asyiknya Bermain Surfing di Pantai Kuta Bali

Olahraga Surfing selalu digemari
Olahraga Surfing selalu digemari

Merasakan Asyiknya Bermain Surfing di Pantai Kuta Bali -- Keindahan Bali sudah tidak diragukan lagi, hampir setiap daerah mempunyai daya keeksotisan tersendiri dengan gaya kekhasannya. Salah satu andalan wisata pulau Bali adalah keberadaan pantai Kuta, Bali. Daerah ini, merupakan kawasan yang wajib dikunjungi oleh pengunjung, mengingat Pantai Kuta identik dengan ikon Bali.

Pantai kuta sangat terkenal selain karena keindahannya, juga karena kebersihan pantainya. Keelokan ini menjadikan hampir setiap saat tempat ini dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai negara seperti Australia, Amerika, Eropa serta Asia seperti Jepang dan Korea. Umumnya mereka ingin bermain, bersantai sampil menikmati alam, serta tak lupa berolahraga surfing.

Untuk olahraga surfing sendiri, biasanya pihak pantai menyediakan berbagai kebutuhan seperti papan surving atau alat lainnya. Apakah aman? Tentu saja, karena kawasan tersebut senantiasa dijaga oleh lifeguard professional yang ada hampir di seluruh penjuru pantai. Selain pengunjung akan dibekali dengan teknik dasar surfing, di sana juga disediakan kursus cepat, sehingga jika anda belum pernah sekalipun mencoba olahraga ini, dijamin dalam beberapa menit bisa berseluncur memainkan ombak. Seru bukan! 

Rasanya rugi jika anda berkunjung ke pulau Dewata Bali tetapi tidak menyempatkan untuk bermain surfing. Nah kali inipun penulis mencoba untuk memberi bekal jika anda ingin bermain surfing di pantai Kuta, Bali. Saya di sini bukan berarti akan mengurui hanya berbagi pengalaman kursus surfing saat bermain ke pulai Bali. Oke sobat, sudah siap untuk meluncur di papan surfing? Ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Pastikan anda selalu dalam pengawasan lifeguard

2. Sebelum memulai aktifitas pakailah pakaian pantai yang panjang. Mengapa? Untuk anda yang belum terbiasa dengan pantai akan terasa panas. Disarankan sebelumnya menggunakan lotion. 

3. Lakukan pemanasan. Seabab meskipun anda hanya akan berdiri di atas papan surfing, tetapi kekuatan ombak akan menggerus stamina anda. Jadi lakukan pemanasan dengan cara berlari kecil dan pelemasan setiap pergelangan. Kegiatan ini untuk mengurasi resiko cedera seperti keseleo dan lain-lain. Lalu ikat tali pengaman yang menhubungkan antara papan surfing dengan pergelangan kaki anda.

tips dan cara dasar dalam bermain surfing
Persiapan, memasang tali pengaman


4. Pilihlan papan surfing yang paling panjang. Di penyedia papan surfing biasanya terbagi atas tiga jenis yaitu panjang, sedang, dan pendek. Papan yang paling panjang dikhususkan untuk pemula, papan sedang, untuk yang melewati masa beginner, dan papan yang pendek untuk mereka yang telah profesional.

5. Posisikan badan anda di tengah papan, kaki anda harus menyentuh bagian belakang papan seluncur. Sementara tangan tangan memegang bagian sisi papan surfing.

6. Ada tiga hal yang harus anda lakukan yaitu, standby, ready, dan stand up. 

7. Ready dilakukan saat ombak akan datang menghampiri anda. Saat ini anda harus melakukan paddle atau mengayuh tangan anda supaya papan surfing melaju searah dengan arah ombak.

8. Setelah ombak berada di belakang anda dan kayuhan padding anda terasa cepat artinya anda harus ready.

9. Sikap ready yaitu anda memegang papan surfing bagian pinggirnya. Posisinya dekat dengan dada anda, percis seperti anda akan melakukan push up. Maka saat ombak berada tepat di belakng anda lakukan stand up.

tips dan cara dasar dalam bermain surfing
Posisi Standup

10. Stand up adalah posisi berdiri dengan kaki yang satu menginjak bagian bekang. Kaki yang satunya menginjang tengah papan surfing. Sangat penting, jangan sekali-kali anda menginjak papan surfing bagian depan karena akan menyebabkan posisi anda juntai ke depan.

tips dan cara dasar dalam bermain surfing
Asyiknya surfing
tips dan cara dasar dalam bermain surfing
Wow... surfing ria asik

Saat awal latihan pastinya anda gak mungkin langsung bisa berdiri (stand up), tetapi jika dilakukan berulang-ulang dipastikan anda akan mampu melewatinya. Memang agak sulit, terutama untuk proses pencarian ombak dan proses stand up, tetapi jangan khawatir karena selama proses anda akan selalu dibantu oleh lifeguard professional. Lifeguard akan mendampingi terutama dalam hal mencari ombak yang bagus dan melalakukan padding.


Oke sobat itulah tips dan cara dasar dalam bermain surfing. Saya sarankan demi keamanan lakukan latihan surfing dengan meminta bantuan lifeguard. Bagaimanapun juga ombak dan pantai selalu menyimpan seribu misteri yang terselip di atas keindahan dan keeksotisannya. Selamat berlibur panjang, dan selamat menikmati kebahagiaan anda di pantai Bali. 

Cara Membuat Bros Cantik nan Elegan: Karya Sendiri

Cara Membuat Bros Cantik nan Elegan
Bros Cantik dan Elegan Buatan Sendiri

Cara Membuat Bros Cantik nan Elegan: Karya Sendiri -- Bagi wanita bros sangat diperlukan sebagai aksesoris penunjang baik itu untuk kegiatan sehari-hari ataupun acara resmi. Bros seringkali dijadikan hiasan yang bisa mempercantik penampilan, apalagi saat ini banyak sekali wanita yang berhijab tidak pernah lepas mengunakan bros sebagai aksesoris pelengkap dalam keseharian mereka. Ya, bros biasanya berupa hiasan digunakan sebagai perekat dalam mengikat jilbab mereka atau untuk menambah kesan elegan.

Banyak sekali jenis bros yang ada, baik itu yang terbuat dari almunium, besi, ataupun dari kain dan pita. Nah saat ini pun banyak kreasi-kreasi bros yang ternyata bisa dibuat sendiri di rumah. Kalau Bunda-bunda bisa bikin sendiri, kenapa tidak? Dengan kita membuat bros sendiri, rasa puas dan bangga akan kita rasakan manakala hasilnya ternyata sesuai dengan keinginan.

Oke Bunda langsung saja ya, Berikut cara membuat bros cantik dan elegan yang bisa kita lakukan di rumah sendiri. 

Alat yang digunakan: 
1. Benang jahit
2. Jarum jahit
3. Lem tembak

Bahan-bahan
1. Renda warna emas
2. Pita warna warni
3. Mute-mute mutiara
4. Kain planel atau kain perca
5. Peniti bros

Cara membuat 
- Pertama-tama siapkan seperti benang dan jarum jahit, peniti bros, mute, lem tembak, kain perca, renda dan pita warna-warni. Untuk warnanya tergantung keinginan kita, bisa disesuaikan dengan baju atau kerudung yang akan kita gunakan.

- Untuk tahap awal, gunting renda sepanjang 30 cm. Jahit melingkar di bagian ujungnya, bentuklah agar sedikit bergerigi.

- Setelah selesai, lanjutkan dengan membuat bunga dibagian atasnya. Untuk membuat bunga siapkan pita warna sesuai keinginan bentuk melingkar dengan cara dijahit. Panjangnya pita sama dengan panjangnya renda bisa lebih disesuaikan dengan keinginan apakah nanti bunganya ingin bergelombang atau tidak. 

- Setelah pita dan renda selesai dijahit melingkar, kemudian disatukan dengan dijahit kembali tetapi untuk bagian tengahnya biarkan berlubang terlebih dahulu untuk diisi hiasan mute-mute dan bunga kecil.

- Untuk bagian tengahnya bunga kecil bisa menggunakan kain sisa atau kain planel yang di buat melingkar seperti kuncup bunga setelah kuncup bunga selesai kemudian disatukan dengan mute-mute, pasangkan dibagian tengah pada pita dan renda tadi, bisa dipasangkan menggunakan lem tembak atau dijahit kembali. Untuk mempercantik hiasan siapkan mutiara bentuk seperti kalung yang lebih pendek tempelkan di bagian sisi kanan dan kiri pita.

- Setelah semuanya selesai siapkan lem tembak untuk merekatkan peniti bros pada bagian belakang renda, setelah semuanya selesai tunggu sebentar agar lem merekat kuat kemudian broz cantik nan elegan siap di gunakan….

Cara Membuat Bros Cantik nan Elegan
Cara Membuat Bros Cantik nan Elegan
Bros siap digunakan

Oke itulah cara praktis membuat bros cantik nan elegan, semoga menjadi inspirasi bagi anda. Harap diperhatikan, bahwa dalam menjahit harus hati-hati, namun tidak diperlukan keahlian khusus. Yakinlah bahwa semua akan rapi jika kita terus berlatih diri sampai akhirnya bisa membuat bros dengan rapih dan elegan. Selamat mencoba ya….

Menikmati Relaksasi di Taman Ujungberung Bandung

Alun-alun Ujungberung Bandung
Alun-alun Taman Ujungberung Bandung

Menikmati Relaksasi di Taman Ujungberung Bandung -- Marilah kita sejenak melupakan Bandung sebagai kota bisnis, kuliner, dan sejuta karir. Saatnya menikmati indahnya wisata kota Bandung untuk merasakan kedamaian di tengah jantung kota. Ya, relaksasi di Taman Unjungberung Bandung. 

Taman Ujungberung Bandung diapit oleh dua magnet kebanggaan warganya yaitu, Mesjid Raya Ujungberung dan Pasar Tradisional Ujungberung. Letaknya yang tepat di antara jalur kota yang menghubungkan terminal Cicaheum dan bunderan Cibiru, menjadikan daerah tersebut selalu ramai dengan berbagai aktivitas warga asli dan para pendatang untuk sekadar mengais rejeki. Sementara pusat pemerintahannya sendiri, terletak di sebelah utara yang hanya dipisahkan oleh jalan desa yang mengarah ke daerah Cigending hingga ke bebukitan. 

Alun-alun Ujungberung Berdekatan dengan jalan utama kota

Alun-alun Ujungberung sebenarnya telah dibangun jauh dari tahun sebelumnya. Hanya saja, keberadaannya tidak terawat dengan baik. Fungsinya pun tidak begitu jelas, sehingga saat itu keberadaan alun-alun tersebut tidak familiar bagi warganya. Pada siang hari alun-alun tampak sepi aktivitas, hanya pada saat sore dan malam saja tampak beberapa pedagang kaki lima yang mengisi bagian pinggir yang menghadap mesjid raya. Selebihnya alun-alun hanya diisi oleh parkir liar.

Namun kini, setelah dilakukan renovasi oleh pemerintah kota Bandung, pesona alun-alun Ujungberung mulai di rasakan oleh warga sekitarnya. Alun-alun Ujungberung kini “disulap” menjadi sebuah taman modern yang penuh pesona, kenyamanan, keasrian dan yang paling utama adalah kebersihannya.

Taman Ujungberung didesain dengan beraneka ragam fungsi seperti penghijauan, rekreasi, taman bermain anak, kegiatan olahraga dan tentunya fungsi kenegaraan seperti untuk kegiatan upacara bendera.

Hasilnya, hampir setiap saat, kini warga sering berbondong-bondong untuk menikmati fasilitas taman tersebut. Tentunya kalangan yang paling mendominasi adalah para kaula muda. Tetapi banyak juga yang sering terlihat di sana seperti seperti anak sekolah, anak-anak, dan orang tua.

Jika kita teliti, alun-alun Ujungberung sebenarnya terdapat desain yang unik yang mungkin tidak ada di daerah lain selain Bandung. Kontur alun-alun tidak dibuat plat tetapi seperti leveling. Level paling dasar adalah pusat alun-alun, sementara leveling atas berupa tempat yang bisa dijadikan arena pertunjukan. Di bagian inilah ikon alun-alun Ujungberung berdiri dengan megahnya. 

Ikon Alun-alun Ujungberung, kebangga warga Bandung

Dari gaya arsiteknya, sekilas pun kita bisa melihat bahwa antara alun-alun Ujungberung memiliki kedekatan dengan desain alun-alun kota Bandung, jalan Braga, dan Asia Afrika yang terlebih dahulu sukses menjadi pusat wisata kota, yakni di setiap sisinya terdapat bulatan batu. 

Untuk menguatkan kesan taman, sebelum menuju lapangan utama kita bisa mendapati beberapa kolam dan pas bunga dengan desain secara modern. Secara sifat, kolam tentunya tidak hanya berfungsi sebagai pajangan saja, tetapi akan memberikan aroma sejuk, untuk itulah di bagian tengahnya ada aliran air mancur. Gemercik air akan membawa kita pada suasana alami, membuat anda akan betah berlama-lama di sana. 
kolam ikan taman Ujungberung Bandung
Kolam ikan
Taman Hijau Ujungberung Bandung
Taman Hijau Alu-alun Ujungberung

Untuk pas bunga misalnya, dibuat seperti undakan dimana bagian sisinya di bentuk corak persegi yang bisa dijadikan tempat duduk. Sementara bagian tengahnya tumbuh berbagai macam bunga yang indah. Selain itu untuk memudahkan pengunjung, disediakan pula tempat-tempat untuk duduk santai yang terbuat dari tembok. Tempat inilah yang sering dijadikan warga untuk bersantai, ngobrol, membaca buku, bermain music dan lain-lain.

Di antara taman dan  pusat alun-alun dipisahkan oleh dereran bola batu dan tiang-tiang bendera. Jumlah tiang tiang-tiang tersebut cukup banyak, jika diperhatikan sekilas pun imajinasi anda akan diingatkan pada sebuah tempat pertemuan antar negara Asia dan Afrika, ya seperti di gedung Asia Afrika.

Jangan ditanya ramainya tempat utama alun-alun, sebab di tempat inilah warga bisa menikmati alun-alun dengan berbagai aktivitas. Jika pada pagi hari anda akan melihat warga yang menikmatinya dengan cara berolahraga seperti lari pagi, terapis, dan aneka permainan anak-anak seperti jejangkung-an, layang-layang mini, dan lain-lain. Suasana tersebut akan bertambah ramai terutama menjelang malam, apalagi jika menjelang malam Minggu. Keriuhan suasana akan sangat terasa. 

Keindahan alun-alun Ujung berung menjadikan sebagian orang mengabadikannya dengan melakukan selfie. Bagi anda yang punya hobi fotografi dan ingin mencari  angel, anda bisa menempati bagian-bagian leveling yang lebih tinggi. Bahkan anda bisa menggunakan dua gazibu yang terdapat di sisi barat alun-alun. 
Gazibu Taman Ujungberung Bandung
Gazibu Alun-alun Ujungberung di bagian Barat

Dua Gazibu tersebut berbahan dasar kayu memberi kesan perpaduan antara gaya desain modern dan tradisional. Fungsi utamanya yaitu digunakan untuk bercengrama, dan menikmati makanan sambil melihat aktifitas warga yang berada di pusat alun-alun. Dua gazibu tersebut dibuat dengan ketinggian tertentu, dimana bagian depannya dibentuk tangga untuk memudahkan warga yang ingin menaiki tempat tersebut. Sementara bagian bawahnya dipergunakan untuk sanitasi dan kebersihan.

Jangan ditanya soal keamanan, bagi anda yang membawa kendaraan telah disediakan tempat parkir yaitu di bagian barat yang berhadapan dengan mesjid raya. Hanya saja, bagian parkir ini memang tidak terlalu luas dan tak bisa diakses oleh bis. Parkir hanya diperuntukan untuk mobil kecil dan kendaraan motor saja. Untuk menjaga suasana tetap kondusif, di setiap titik biasanya di sediakan tempat pembuangan sampah. Beberapa petugas pun tampak lalu lalang seperti petugas kebersihan dan polisi pamong. Hal ini bertujuan agar suasan taman, aman dan tidak diusik oleh para pedagang kaki lima yang tidak tertib.
Arena bermain Taman Ujungberung Bandung
Arena bermain anak-anak di alun-alun Ujungberung

Namun jika anda ingin berbelanja, jangan khawatir sebab di sebelah timur sebelum pasar tradisional merupakan kawasan yang memang difungsikan untuk pusat perbelanjaan cindera mata. Letaknya tepat di bawah leveling atas dimana terdapat ikon alun-alun. 

Ada banyak barang yang dijual disana seperti aksesoris, pakaian, tas, baju   dan sebagainya. Tempat ini memanjang hingga ke bagian utara, membentuk terowongan. Di tempat inilah anda bisa mencari barang-barang kesukaan anda.

Tempat aksesoris Taman Ujungberung Bandung
Tempat penjualan aksesoris di Taman Ujungberung

Itulah kawasan alun-alun Ujungberung kebanggan warga Ujungberung. Jika anda sedang berada di kawasan Bandung atau sedang weekend menikmati suasana libur panjang, jangan lupa untuk menyempatkan diri berkunjung ke sana (pastinya tak rugi deh…). Dan yang pasti untuk memasuki kawasan tersebut tidak dipungut biaya, alias gratis. 

Bagaimana cara memasuki kawasan tersebut? Ada dua akses bagi warga luar kota, yang bisa anda tempuh jika ingin pergi ke daerah tesebut. Bagi warga yang berada di kawasan Sumedang, Garut, Tasikmalaya bisa melewati akses Cilenyi melewati kawasan bunderan Cibiru, lurus memasuki jalan bypass dan belok kiri diperempatan Gedebage menuju jalan Rumah Sakit. Sementara bagi warga Jakarta bisa melalui akses tol terdekat yakni tol Buahbatu menuju ke arah jalan bypass dengan melewati terusan Buahbatu ke arah kanan. Kemudian lurus perempatan jalan Kiaracondong hingga bertempu perempatan Gedebade, belok kiri melewati jalan Rumah Sakit. Kira-kira setengah kilo, d ari sanalah anda akan langsung menuju lokasi.

Oke, saatnya menikmati liburan panjang anda. Selamat datang di Alun-alun Ujungberung, dan selamat menikmati…..


Gaji Bulanan Tak Cukup, Ini Solusi dan Tipsnya!

Ilustrasi Tambah Gaji Bulanan 

Gaji Bulanan Tak Cukup, Ini Solusi dan Tipsnya! ---Terkadang saat menekuni karir sebagai karyawan ada satu permasalahan, meskipun ini sebenarnya masalah klasik. Ya itulah Gaji bulanan yang tak cukup. Besarnya harga kebutuhan yang terus-menerus meningkat, menjadikan gaji bulanan anda hanya sampai pertengahan bulan. Selebihnya, anda merasa bingung karena mau tidak mau, suka ataupun tidak suka “urusan perut” keluarga dan dapur harus tetap teratasi. 

Untuk itu, diperlukan strategi dan cara yang jitu agar anda tidak selamanya dalam kungkungan masalah tersebut. Dan diperlukan langkah-langkah nyata agar kehidupan anda menjadi lebih baik.

Berikut merupakan Solusi dan tips yang bisa dijadikan alternatif agar gaji bulanan anda bisa mencukupi.

1. Efektifkan Kebutuhan

Kita sepakat bahwa besar dan kecilnya penghasilan tidaklah menjamin akan cukupnya kebutuhan anda. Maka kuncinya adalah mengefektikan kebutuhan anda. Jauhkanlah anda dari sifat boros karena konsumenisme, menghamburkan uang dengan berbelanja yang tidak penting. 

Membeli sesuatu haruslah berdasarkan fungsi dan kebutuhan. Jika sekiranya tidak begitu dibutuhkan, maka janganlah anda beli. Anda sebagai kepala keluarga tentunya harus bisa meyakinkan pasangan anda bahwa saat ini kita harus mengefektifkan kebutuhan, semuanya demi keutuhan keluarga.

2. Investasi Usaha

Menyambung dari mengefektifkan penghasilan, selain cara di atas anda juga bisa melakukannya dengan cara investasi usaha. Dalam arti anda berinvestasi sebagai pemodal. Bagaimana caranya? Mau tidak mau anda harus berusaha untuk menyisihkan sebagian penghasilan anda sebagai tabungan usaha. Meskipun sedikit-demi sedikit, tak menutup kemungkinan suatu saat dana anda telah terkumpul sehingga bisa melakukan investasi usaha.

Berinvestasi usaha bisa anda lakukan dengan cara yang tidak menguras modal banyak modal. Lalu sesuaikan dengan bidang yang anda kuasai, ingat, untuk berbisnis meskipun orang lain yang mengerjakan tetap saja andalah yang pertama harus menguasainya baik secara teori maupun secara praktis. 

Misalnya jika bidang anda adalah desain, maka tak ada salahnya membuka studio desain. Atau jika bidang yang anda kuasai adalah internet, anda bisa memulainya dengan membuat jasa desain, pembuatan website. Atau anda bisa juga dengan membuat portal dengan para penulis selain anda yakni orang lain yang bekerja secara freelance.

3. Kembangkan Sumber Daya Manusia-nya

Jika anda ingin berkarir di perusahaan, tak ada salahnya anda melakukan upgrade sumber daya manusia anda. Anda bisa melakukannya dengan cara sekolah yang sekiranya akan mendukung karir anda. Dengan demikian bos anda akan melihat potensi anda sehingga besar kemungkinan anda akan diberi kepercayaan untuk naik jabatan. Naik jabatan tentu berbanding lurus dengan penghasilan yang akan anda dapatkan bukan? 

Jika anda keberatan dengan biaya upgrade sekolah, anda bisa juga dengan cara lain seperti kursus, pelatihan, dan sebagainya yang tentunya bisa memangkas waktu dan biaya anda. 

4. Bisnis Sambilan

Solusi riil yang paling efektif untuk menambah penghasilan yaitu dengan berbisnis sambilan. Ada banyak jenis usaha yang bisa anda lakukan baik secara online maupun offline. Kuncinya adalah jangan gengsi untuk jualan. Meskipun anda adalah seorang manager, jangan sungkan menawarkan barang dagangan kepada bawahan dan rekan kerja anda. Anda bisa memulainya dengan bisnis reseler yang tidak begitu membutuhkan modal yang besar . Anda cukup hanya membawa beberapa lembaran catalog produk untuk selanjutnya jika ada pesanan bisa dihubungi sang pemilik produk. 

Jika sekiranya anda tidak punya banyak waktu untuk berjualan, maka anda bisa meminta bantuan kepada istri atau anak anda yang sudah cukup umur untuk menjalankan bisnis anda. Syaratnya jangan memporisir mereka karena bekerja bukan tanggung jawab mereka, tetapi anda. Tugas mereka misalnya hanya sebatas berpromosi melalui jejaring social atau menerima telp dan lain-lain.  

5. Internet Marketing

Selain bisnis di bidang offline, anda juga bisa mengerjakan tambahan pendapatan melalui bisnis internet marketing. Saat ini begitu banyak hal yang bisa menghasilkan uang dari internet. Bisnis internet marketing jika dikerjakan dengan serius dan terbukti bisa menghasilkan. Bahkan tidak hanya sebagai penghasilan tambahan, tetapi juga bisa menjadikan bisnis utama. Anda bisa search di google beberapa nama yang sukses di bidang ini. 

Umumnya jenis bisnis yang biasa dilakukan dari internet marketing adalah affiliasi, dan adsense. Modalnya hanya pengetahuan akan internet seperti website, blog, SEO, dan koneksi internet. Beberapa perusahaan yang sering menjadi mitra dari bisnis ini misalnya google dan amazon dengan affiliasi dan PPC.
  

6. Pindah Kerjaan

Cara terakhir jika gaji bulanan anda tidak cukup adalah dengan pindah kerjaan. Tentunya tidak pindah sembarangan. Perlu kehati-hatian dalam urusan pindah kerjaan. Mengapa? Karena perusahaan baru anda belum tentu lebih baik dari perusahaan yang saat ini anda kerjakan. Jangan sampai anda tergiur untuk pindah kerjaan dengan hanya perbedaan gaji yang lebih, karena bisa saja gaji tersebut hanya sementara. Jangan sampai anda termakan oleh bujuk rayu HRD di suatu perusahaan. 

Ambil contoh kasus, seseoran dengan berani keluar dari perusahaan karena diiming-imingi gaji yang lebih besar. Padahal kebutuhan perusahaan akan suatu karyawan, misalnya hanya untuk proyek 3 bulan. Maka setelah tiga bulan anda akan menganggur. Ingat, mencari pekerjaan itu tidaklah gampang.

Yang pasti saat anda akan memutuskan untuk pindah kerjaan harus dipastikan bahwa perusahaan tersebut adalah perusahaan yang kuat, suasana kerja kondusif, membutuhkan karyawan tetap, dan menunjang karir anda. Sebab apa gunanya gaji besar jika perusahaan tersebut tidak membuat anda nyaman. 

Itulah beberapa tips dan solusi jika anda merasa gaji bulanan anda tidak cukup. Inti dari semua itu adalah bahwa besarnya gaji yang anda terima belum tentu bisa mencukupi kebutuhan anda. Karena sebagai manusia pastinya akan selalu merasa kurang, jika tidak dibatasi dengan cara mengefektifkan keuangan anda. Saran penulis adalah langkah awal adalah mengecek semua keuangan anda dengan teliti, kemudian buat solusi terbaik. Apakah dengan cara menerapkan stategi yang di atas atau tidak sama sekali itu semua tergantung pada diri anda sebagai pengelolanya.



Cara Agar Diterima Menjadi Karyawan Perusahan Besar


Cara Agar Anda Diterima Menjadi Karyawan Perusahaan Besar


Cara Agar Anda Diterima Menjadi Karyawan Perusahaan Besar -- Beruntunglah bagi anda yang telah diterima di sebuah perusahaan yang besar, karena tangga kesuksesan sedang anda naiki. Namun tak semuanya bisa menikmati kejayaan sebagai karyawan perusahaan. Banyaknya lowongan kerja tak menjamin bahwa setiap pendaftar akan diterima, hanya orang-orang pilihan dan mempunyai keahlian tertentu yang biasanya diburu oleh perusahan-perusahaan tersebut.

Ketika anda dinyatakan lulus oleh universitas anda, maka saat itulah anda akan berhadapan dengan dunia kerja. Ya, dunia yang sebeneranya, sebab di dunia kerja tentu akan sangat berbeda saat anda berada dimasa pendidikan. Keterampilah dan kemampuan anda sebagai siswa atau mahasiswa dipertaruhkan. Apakah anda layak atau tidak bisa dilihat dari indicator penerimaan misalnya perusahaan, instansi BUMN ataupun CPNS.

Maka sebelum anda menulis surat lamaran pekerjaan dan mempostingnya via email kenalilah diri anda sendiri apalah anda telah membekali dengan keterampilan berikut. Umumnya radar perusahaan akan memantau bakat-bakat anda terutama yang memiliki kemampuan di bidang berikut.

1. Terampil dalam membuat Tulisan

Anda harus bertanya, apakah saya menguasai bahasa tulisan? Jika jawabannya ya berarti anda selayaknya untuk bersyukur. 

Dunia tulis menulis dari masa ke masa selalu dibutuhkan oleh perusahaan terutama oleh perusahaan yang bekerja dalam dunia penulisan seperti media masa, periklanan, internet dan lain-lain. Bahkan perusahaan yang notabene tidak berhubungan dengan tulisan tetap membutuhkan ahli-ahli di bidang menulis. Untuk itu, saat anda menulis surat lamaran perhatikan dengan benar, sebab HRD perusahaan dapat mengetahui kemampuan anda hanya dari surat lamaran anda. 

2. Mahir dalam Public Speaking

Suka atau suka jika anda ingin dilirik perusahaan besar, anda harus pandai dalam berbicara (public speaking). Sebab, bicara anda menunjukkan pengetahuan anda. Dengan berbicara juga perusahaan bisa mengambil keuntungan melalui lobi-lobi perusahaan. Untuk itu, asahlah kemahiran public speaking anda sebelum anda memutuskan untuk melamar di sebuah perusahaan. Apalagi jika perusahaan anda bergerak di bidang yang mengutamakan public speaking seperti marketing, konsultan, dan sebagainya 

3. Mahir Berbahasa Inggris

Semakin besar suatu perusahaan, tentu jangkauan bisnisnya tidak hanya di satu negara saja. Tetapi mencengkram hampir di seluruh negara. Jika sudah demikian maka seluruh karywan biasanya dituntut untuk menguasai bahasa Inggris. 

Seiring dengan akan memasuki era MEA, bahkan untuk saat ini hampir dipastikan semua perusahaan membutuhkan para karyawan yang menguasai bahasa Inggris. 

Jadi jika anda merasa kurang dalam menguasai bahasa Inggris, segeralah membekali diri dengan ikut pelatihan atau kursus bahasa Inggris di kota anda. Sebab meskipun anda telah diterima oleh suatu perusahaan, tetap penguasaan bahasa Inggris akan tetap diperlukan, misalnya untuk kepentingan karir anda. Tentunya setelah anda menjadi karyawan ingin merasakan bagaimana naik jabatan bukan? Maka belajarlah mulai dari sekarang.

4. Mengetahui Administrasi

Hampir dipastikan semua perusahaan intinya adalah jualan. Mereka menjula produk baik berupa barang ataupun jasa. Kegiatan tersebut tidak akan berhasil jika tidak didukung oleh administrasi yang benar. Maka jika anda sangat faham dengan dunia admin, anda tidak usah khawatir karena hampir semua perusahaan membutuhkan jasa professional di bidang administrasi. 

Namun bagi anda yang kurang begitu mahir dalam urusan administrasi dan ingin masuk sebagai karyawan dengan posisi administrasi, setidaknya anda harus mengerti dan bisa mempraktikkan hal yang menyangkut administrasi misalnya membuat penawaran, invoice, faktur pajak, surat jalan, kontrabon dan sebagainya. 

5. Menguasai Sofware Desain

Seiring dengan perkembangan dunia online, hampir dipastikan orang selalu membutuhkan jasa-jasa para desain profeional. Apapun itu perusahaannya pasti membutuhkan para desain. Mengapa? Karena sebuah perusahaan bagaimanapun membutuhkan promosi, dan para desainlah yang akan mewujudkan keinginan perusahaan tersebut.

6. Menguasai Pemrograman

Selain desain, pengusaaan lain yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan adalah para ahli di bidang pemrograman. Kita tentu mengetahui bahwa tak semua orang yang menggunakan internet mahir dalam membuat program. Hanya para programmer lah yang mampu membuat tampilan website perusahaan dan memajukan perusahaan dengan cepat. Ingat saat ini jamannya internet marketing. Dimana pemasaran tidak lagi menitik beratkan pada pemasaran secara offline. Pemasaran secara online tentu jangkauananya sangat luas, bahkan bisa menembus batas antar negara. 

Jadi jika anda ingin dibutuhkan oleh perusahaan untuk saat ini segeralah membekali diri anda dengan pengetahuan programernya. Saat ini banyak jasa dan kursus yang memberikan pelatihan programming sampai mahir. Sisihkan dana anda untuk berinvestasi dengan mengikuti pelatihan supaya anda dimudahkan dalam mencari pekerjaan.

Bahkan kalaupun toh anda tidak menjadi karywan, dengan modal pemrograman, yakinlah bahwa anda bisa bertahan dengan menjadi wirausahawan sejati.

Itulah beberapa tips Agar Anda diterima Menjadi Karyawan Perusahan Besar. Mudah-mudah artikel ini bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mencari pekerjaan. Dan mudah-mudahan anda dilirik untuk menjadi bagian dari perusahaan impian anda. Tetap semangat.

Terungkap, Kunci Sukses Bisnis Orang Cina

Kawasan Pusat Pertokoan

Bibisnis.com: Terungkap, Kunci Sukses Bisnis Orang Cina -- “Belajarlah Sampai ke Negeri Cina” begitulah bunyi salah satu hadist. Ini adalah keterangan sekaligus pepatah yang memang harus kita amalkan, dan harus kita akui bahwa faktanya saat ini, orang Cina menguasai dunia di berbagai aspek kehidupan terutama di sektor ekonomi dan politik. Cina saat ini merupakan negara raksasa yang mampu menyaingi kedigjayaan AS. 

Negara Cina mampu berkembang dengan pesat, tentu bukan datang dengan begitu saja. Kekuatan suatu negara intinya adalah kekuatan yang datang dari rakyatnya sendiri. Dimana orang Cina selalu mendominasi perekonomian dimanapun ia berada. Orang Cina selalu sukses dalam berekonomi, berwirausaha, atau dalam kegiatan bisnis dimanapun ia berada, meskipun ia tinggal di daerah yang mayoritas adalah pedagang sekalipun. Bisnis orang Cina diakui selalu menjadi magnet bagi dunia bisnis. Lalu mengapa bisa demikian? Jika dicermati ternyata inti dari Kunci kesuksesan dalam Berbisnis orang Cina hanyalah 3 faktor saja. Artikel ini merupakan hasil riset penulis di lapangan selama bergerak dalam bisnis general trading dan vendor perusahaan, dimana penulis selalu berinteraksi dengan pengusaha asal Cina. Berikut kami jabarkan factor-faktor kunci kesuksesannya.

1. Faktor Pendidikan Keluarga

Keunggulan seseorang tentunya bukanlah datang dengan sendirinya, tetapi selalu diawali dari peran keluarga. Keluarga yang mampu menciptakan generasi yang unggul adalah keluarga yang mampu mendidik dengan sebaik-baiknya. Memfasilitasi dan mengajarkan banyak hal sehingga anak menjadi manusia yang bermanfaat.

Mampu Melihat Potensi

Dalam mendidik anak, orang Cina tahu betul potensi yang dimiliki sang anak. Misalnya, jika anak sangat menyukai music. Jika potensinya terlihat sangat mencolok, ia dengan sepenuh hati ia akan mempersiapkan segala kebutuhannya seperti memasukkannya ke kursus music, melengkapi peralatan musik yang digunakannya dan lain-lain. Intinya apapun itu potensinya (bakat) sepanjang memang mencolok dan dapat menjunjang kehidupannya, maka ia akan mendukungnya. Beberapa profesi yang saat ini disukai orang Cina misalnya dokter, artis, pemusik, atlet, pebisnis, pemodal, dan pedagang.

Ulet

Kesuksesan biasanya diperoleh dari hasil keuletan, orang Cina paham akan hal tersebut. Maka peran orang tualah yang biasanya menjadi penyokong secara moral untuk tetap berusaha meskipun kegagalan seringkali menjumpainya. Anak-anak orang Cina tahu betul kesuksesan orang tuanya tidaklah didapat dengan semudah membalikkan telapak tangan. Maka mengapa orang Cina selalu sukses, jawaban salah satunya adalah karena mereka memiliki keuletan, semangat pantang menyerah, dan berani bertahan, dan terus mencoba.

Proses itu Mutlak

Jika kita pergi ke toko Cina, pernah melihat seorang anak kecil langsung memegang bagian kasir? Tentu tidak. Orang Cina tahu betul bahwa menduduki jabatan untuk memegang uang tidaklah sembarangan. Ia harus mengetahui semua hal yang berkaitan dengan dunia usaha. Maka jangan aneh jika, orang tuanya merupakan pemilik toko, maka anaknya tidak lantas memegang kendali perusahaan, tapi mereka harus mengathui semua yang ada di toko tersebut. Jangan aneh jika anaknya belajar memanggul barang, mendata barang, belajar teknis dari pegawai, dan sebagainya. Orang Cina tahu betul bahwa memiliki perusahaan tidaklah mudah diraih, tapi proses tetap harus dilalui. Hal ini bertujuan untuk memahami bahwa memiliki perusahaan itu tidaklah mudah. Perlu pengetahuan, perlu menguasai teknis di lapangan, dan perlu mengetahui semua sistem yang bekerja di suatu perusahaan dengan baik. Jika sudah demikian maka tongkat estapet perusahaan pun akan diberikan, dengan begitu perusahaan akan terus berjalan dengan kokoh.

Jujur

Kejujuran adalah kunci kesuksesan, itu termasuk dalam kunci suksesnya orang Cina. Anda tentu pernah bertransaksi dengan orang Cina. Ia akan memberikan harga dengan terbaiknya, dengan tegas dan tidak bertele-tele. Dan meskipun anda mencari harga ke tempat yang lain pada akhirnya anda akan kembali ke tempat orang Cina tersebut. Mengapa? Karena memang orang Cina dalam memberikan harga selalu dengan perhitungan secara cermat, termasuk dalam menentukan harga dari pesaing-pesaingnya. Jadi jangan anda anggap orang Cina tak tahu harga penjual lainnya. Mereka tahu secara detailnya sehingga dalam menetukan harga orang Cina tak akan bertele-tele atau tawar menawar. Karena memang harga yang diberikan merupakan harga yang terbaik sehingga pada akhirnya pembeli akan kembali dan mengakui bahwa harga tersebut memang harga terbaik.

Menguasai Produk

Orang Cina selalu menguasai produk, maka meskipun ia menjadi pengusaha eceran atau retail. Ia akan mengetahui sebenar-benarnya akan alur distribusi barang tersebut. Sehingga ia akan mendapatkan kunci-kunci dalam menguasai produk seperti akses kepada produsen. Walaupun ia berdagang secara retail, maka ia tetap akan membeli barang dari produsen langsung. Ini berbeda dengan pedagang biasa, jangankan kepada produsen, untuk sampai kepada distributor pun itu sangat sulit. Umumnya para pedagang umum membeli barang hanya pada agen-agen yang ada di kota-kota tertentu. Anda bisa menghitung sendiri berapa keuntungan kita jika bisa langsung memangkas harga dengan langsung mendapatkan akses kepada produsen. 

2. Faktor Komunitas

Orang Cina merupakan para perantau yang ulung yang menempati hampir di seluruh negara di dunia. Mayoritas mereka adalah seorang pedagang, maka ikatan komunitas pun mau-tidak mau menjadikan ikatannya sangat kuat. Mereka selalu mengadakan pertemuan dan tentu saja termasuk dalam ikatan bisnis, saling tolong yang menjadikan antar satu pengusaha dengan yang lainnya tidak menjadi saingan, tetapi ikatan kuat termasuk dalam penentuan harga. Inilah kunci sukses dari berbisnis orang Cina yang sebetulnya. Jika anda mencari suatu barang dan membandingkan harga dari semua harga yang ada pasti tak akan bisa melebihi harga dari orang Cina. Peranan komunitas itulah yang bisa mengunci harga, dan arena komunitas yang kuat itulah, harga yang ada dipasaran tidak akan hancur. Di beberapa kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung mungkin akan terjadi perbedaan harga, tapi pada intinya jika ditambah dengan ongkos kirim, harganya akan tetap sama juga.

Mengapa dalam suatu kota, harga akan cenderung sama? Hal ini dikarenakan memang sumber utamanya dari satu perusahaan. Perusahaan utama tersebut tidak akan membocorkan harga, kalaupun ia menjual kepada perusahaan selain komunitasnya, harganya tentu akan berubah, menjadi harga eceran biasa.

3. Dukungan Negaranya

Kunci sukses yang paling utama adalah dukungan dari negaranya sendiri, yaitu negara Cina. Kita tahu bahwa harga di Cina itu sangat murah. Maka itu tentu menjadi keuntungan bagi orang Cina di perantauan, ia akan mengimpor dari saudara di negara asalnya. Persamaan dan persaudaraan tersebut menjadikan orang Cina diperantauan sangat mudah untuk menginpor dari tanah kelahirannya. Ini berbeda dengan orang pribumi. Untuk melakukan impor ke negara Cina tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Berbagai kendala mungkin akan dihadapi seperti factor bahasa, perbedaan kultur yang menyebabkan kepercayaan, dan hal teknis lainnya.

Itulah kunci sukses berbisnis orang Cina. Mudah-mudahan bisa bermanfaat dan bisa dijadikan bahan ajar bagi kita bahwa apapun itu, dalam berbisnis mutlak harus kita pelajari. Berguru kepada orang yang sukses, berguru kepada siapapun tanpa pandang bulu, selalu membuka pikiran dan hati dengan nilai-nilai positif  untuk bisa menjadi semua manusia yang unggul dan bermanfaat.