Lapor Tahunan NPWP atau Denda sampai 1 Juta

Lapor Tahunan NPWP atau Denda sampai 1 Juta

npwp-pribadi-badan

Siapa yang tak kenal NPWP? Ya NPWP kependekan dari Nomor Pokok Wajib Pajak artinya mereka yang mempunyai kartu ini mempunyai sesuatu yang berhubungan dengan pajak. Bentuknya memang mirip seperti KTP, berbentuk kartu. NPWP sebenarnya dibagi menjadi dua, yaitu untuk pribadi dan badan. Bagi masyarakat yang notabene seorang pengusaha pasti membutuhkan NPWP karena kartu ini merupakan syarat utama dalam mendirikan sebuah perusahaan baik dalam pembuatan akta perusahaan ataupun berkas perijinan seperti SIUP, IUP dan lain-lain. NPWP ini disebut dengan NPWP badan karena yang tertera di dalam kartu tersebut atas nama perusahaan seperti PT ataupun CV.

Sementara itu, untuk NPWP yang atas nama perorangan disebut dengan NPWP pribadi. Kartu ini biasanya dibuat untuk berbagai kepentingan seperti yang berurusan dengan pekerjaan, kredit rumah, kredit motor dan lain-lain. 

Memang, dengan mempunyai NPWP kita mempunyai hak akses untuk beberapa keperluan seperti di atas tadi, namun  bagi sebagian orang terkadang sering melupakan akan kewajiban atas kepemilikan NPWP. Akibatnya banyak orang yang berurusan dengan perpajakan termasuk denda.

Bagi pemilik perusahaan, memang keberadaan NPWP seringkali tak bermasalah mengingat seringnya diingatkan oleh petugas pajak akan kewajiban  untuk pelaporan pajak seperti PPN, PPH 21 dan PPH final. Namun bagi yang mempunyai NPWP pribagi terkadang tidak menyadari akan pentingnya laporan pajak terutama laporan tahunan. Bagaimana jika lupa? Tentu saja resikonya adalah adanya Denda. Nah lo…

Jadi bagi anda yang mempunyai NPWP pribadi saat pengajuan KPR atau karena keperluan pekerjaan segeralah laporan tahunan (SPT tahunan). Batas Laporan tahunan itu sendiri dilakukan pada bulan Maret untuk NPWP pribadi dan April untuk NPWP badan. Besarnya denda yang dikenakan bagi mereka yang tak melaporkan NPWP tahunan adalah sebesar Rp 100.000 dan Rp 1.000.000 untuk NPWP badan. Luamayan serem kan.

Sudah tahu kan sekarang? Jadi bagi pemilik nomor NPWP segeralah membuat laporan tahunan supaya terhindar dari resiko denda. Caranya dengan mengisi formulir laporan yang disediakan oleh Kantor pajak terdekat. Atau anda juga bias melakukannya secara online. Tidak lebih dari 30 menit kok, laporan anda pasti selesai. Kecuali bagi pemilik perusahaan, sedikit agak panjang mengingat diharuskan adanya lampiran laporan laba rugi dari suatu perusahaan.

Oke Selamat membuat laporan kawan, jangan lupa disiplin dan selalu membayar pajak tepat pada waktunya.
   

No comments:

Post a Comment