Pentingnya Kualitas Jilid Buku untuk Meningkatkan Produk

Pentingnya Kualitas Jilid Buku untuk Meningkatkan Produk


Dalam dunia penerbitan buku atau usaha fotocopy keterampilan menjilid buku merupakan jurus pertama yang harus benar-benar dikuasai. Menjilid buku atau jilid sendiri adalah proses untuk menyatukan lembaran-lembaran kertas yang telah disusun  menjadi kumpulan yang disatukan dengan lem (Buku). Sekilas kegiatan ini tampak gampang namun dalam praktiknya seringkali kita menemukan kegagalan yang berakibat pada kerugian, karena anda harus melalui proses dari awal yaitu proses mencetak.  

Menjilid buku termasuk dalam tahap finishing dari sebuah buku, meskpun begitu, proses ini tidak bisa dianggap sepele, karena kesalahan atau kurang pengalaman dalam melakukan penjilidan akan mengakibatkan produk anda mengalami kegagalan tak lepas apakah produk buku anda akan dijual atau anda sebagai penerima jasa penjilidan. Lalu bagaimana Tips supaya bisa menjilid buku dengan benar? Berikut beberapa langkah yang bisa anda terapkan.

1. Menguasai Teknik lipat buku


Sebelum akan melakukan penjilidan kenali terlebih dahulu ukuran kertas yang akan dijilid. Misalnya ukuran buku A5 sebanyak 100 lembar. Maka anda akan lebih menghemat waktu pencetakan dengan menggunakan kertas A4 untuk diprint. Selanjutnya dipotong dua, maka akan menghasilkan kertas ukuran A5. Jika halaman kurang dari 80 halaman, maka anda bisa menggunakan dengan sistem lipat atau dikenal dengan booklet. Ada banyak software yang bisa mendukung untuk melakukan proses lipat misalnya dengan adobe indesign, corel dan lain-lain.  


2. Mengenal bahan dan alat


Untuk menjilid buku, tukang jilid biasanya menggunakan 2 jenis bahan lem seperti yang berbasis air (water based) ada juga yang menggunakan jenis lem padat atau lem panas (hotmelt). Kekurangan jenis water base adalah lem tersebut tidak tahan terhadap tekanan. Misalnya saat anda membuka sebuah buku seringkali kita menjumpai buku yang mudah lepas. Kelebihannya adalah lebih ekonomis dari segi biaya.

Yang kedua, adalah jenis lem padat atau lem panas. Lem ini dikenal dengan hotmelt karena hanya akan mencair jika dipanaskan terlebih dahulu. Lem jenis ini biasanya banyak digunakan oleh para percetakan dan tukang fotocopy yang ingin menginginkan kualitas jilid yang baik. Anda bisa melihatnya contoh buku yang dipajang di toko buku semuanya menggunakan jilid dengan bahan lem padat atau hotmelt. (Baca : Tempat Jual Lem Jilid Buku / Hotmelt )



Lem Jilid Buku / hotmelt

Lem padat atau hotmelt biasanya dipasang pada mesin jilid baik yang berukuran besar maupun yang berukuran kecil ( saat ini banyak mesin jilid manual yang sudah menggunakan jenis lem padat). Lem ini hanya membutuhkan beberapa detik untuk bisa kembali mengeras dan punggung buku seperti direkat oleh cor-an lem. Para perajin jilid ini dengan alatnya bisa menghasilkan beratus buku hanya dalam beberapa menit.

3. Terus berlatih 


Langkah terakhir adalah selalu berlatih berbagai teknik menjilid baik dengan menggunakan bahan yang berbasis water base maupun yang berbasis water base. Karena menjilid buku adalah salah satu proses seni dalam mempercantik sebuah tampilan buku. Semakin banyak berlatih semakin baik kualitas dari sebuah buku.

Demikian tips dalam menjilid sebuah buku yang berkualitas semoga dapat menambah pengetahuan anda dalam menjilid buku dan menjadikan pelancar dalam berusaha anda... 


No comments:

Post a Comment