Hati-Hati, Blog Terkena Google Sandbok!

Bagi blogger, sebaiknya berhati-hati dalam mengelola blog kesayangan anda. Sebab google sandbox bisa saya menghantui anda. Ini adalah pengalaman saya sendiri dengan maksud curhat dan semoga menjadi pelajaran bagi anda agar tidak seperti yang saya alami. 

Ceritanya, sudah beberapa hari ini saya heran dengan pengunjung blog saya yang tiba-tiba menghilang, padahal dalam setiap harinya selalu ada, meskipun gak banyak. Namun gejala ini terasa agak ganjil, mengingat berkurangnya secara tidak wajar. Saya pun mencoba menelusuri artikel saya dengan cara mengetikkan setiap judul di seach google, dan hasilnya artikel saya berada di halaman yang sangat jauh. Sebagai blogger newbie tentu tak mau dong artikelnya gak ada yang membaca. Buat apa membuat artikel kalau tidak ada yang membaca kan. 

Setelah mengetahui adanya ketidakwajaran tersebut, saya pun mencoba mengeceknya di google pinalty, dan ternyata mimpi buruk saya ternyata datang juga. Website saya terkena google sandbox. Wuih pusingnya. Bagaimana tidak mumet, bagi saya menulis artikel itu penuh perjuangan karena ya maklumlah masih bloger pemula yang sulit mendapat inspirasi. Dan setelah terkumpul beberapa puluh artikel lantas blognya kena hukuman. Anda bisa membayangkan bagaimana gondoknya saya (:

Lalu apa itu google sandbox? Google sandbox secara arti terdiri dari dua kata, dari bahasa Inggris yaitu "sand" yang artinya pasir, dan "box" yang berarti kotak (lebih jelasnya baca di wikipedia. Jadi google sandbox berarti pasir kotak, yaitu suatu kondisi dimana website atau blog kini dimasukkan ke dalam parir kotak atau kotak pasir atau pasir hisap yang akan menenggelamkan artikel bahkan blog kita di mesin pencarian google. Ini adalah suatu bentuk hukuman dari google kepada pemilik blog yang melakukan kesalahan dalam mengelola blognya seperti kesalahan dalam menulis artikel (artikel copas), kesalahan dari SEO baik onpage maupun offpage yang tidak sesuai dengan kebijakan google.

Saya sendiri sangat heran karena terus terang dalam membuat artikel tidak pernah melakukan kopas, melakukan optimasi berlebihan. Namun apa daya, sang pemilik google tetap menghukum google saya. Yah ibaratnya gak ada maling yang mengaku. Mungkin saya melakukan kesalahan yang tidak saya sadari. Maka dari itu sambil terus menganalisis apa kesalahan saya, dengan sabar :) saat ini saya sedang mencoba untuk memulihkan kembali blog saya. Mudah-mudahan beberapa hari ke depan blog saya terlepas dari jeratan sandbox google. Jika blog saya bisa keluar dari hukuman google saya pasti akan memberitahukannya kepada sobat pembaca. Itu janji saya sobat, sebab saya tak mau membuat artikel solusi yang belum pernah saya praktikkan. Sekali lagi, saya mohon doa dari teman-teman agar bisa memberikan solusi atau saran agar saya bisa terlepas dari masalah ini.

No comments:

Post a Comment