3 Sektor Bisnis Ini Tidak Ada Matinya

3 Sektor Bisnis Ini Tidak Ada Matinya--  Tak dapat dipungkiri, manusia selalu membutuhkan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan ekonominya. Berbagai cara pun dilakukan mulai menjadi buruh, jasa, bisnis, dan pegawai. Tetapi inti dari semua itu adalah uang untuk bisa memenuhi kebutuhan hidupnya, atau gaya hidupnya yang terus meningkat dari tahun ke tahun.  Saat ini, dengan kondisi yang tidak menentu, tentu saja mencari lapangan pekerjaan sangat sulit. Kita tidak bisa hanya mengandalkan selembar ijazah dari sebuah perguruan ternama, mengingat banyaknya saingan, maka tidak ada salahnya kita memanfaatkan segala potensi dengan berupaya menjadi seorang pebisnis. 


Menjadi pebisnis memang memerlukan kerja keras, keuletan, dan yang paling utama adalah kesabaran. Sebab tantangan yang dihadapi tentu tidaklah mudah, berbeda dengan menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) yang cenderung lebih santai (kebanyakan). Bagi pebisnis, cara mencari uang tentu harus dipikirkan dengan sekasama, sebab jika tidak ada strategi yang jitu bukan hanya modal anda yang akan habis, tetapi mental juga akan menjadikan anda “kalah” dalam persaingan.

Salah satu cara dalam menentukan kesuksesan dalam berbisnis adalah memilih jenis usaha yang akan kita jalankan. Sebab, seorang pebisnis tentu tidak hanya menginginkan keutungan sesaat tetapi keuntungan yang panjang, bahkan kalau bisa diturunkan kepada generasi seterusnya. Oleh karena itu, marilah kita akan membahas beberapa sektor bisnis yang tidak ada matinya.

1.    Berbisnis Kategori Pakaian

Sektor usaha yang pertaman yaitu pakaian. Sejak ribuan tahun yang lalu binis di sektor ini tak pernah ada matinya, mengingat pakaian adalah kebutuhan utama manusia. Rasanya saat ini tak mungkin ada orang yang tidak memerlukan pakaian. Pakaian mutlak harus ada, sebab itulah yang membedakan manusia dengan bukan manusia. Bagaimana jadinya jika manusia tidak berpakaian? Tentu ada bisa menilainya sendiri.

Saat ini pakaian menjadi trend di masyarakat dan bisa menentukan status seseorang. Berbagai perusahaan pun mulai membuat berbagai style dan corak yang beraneka ragam dengan bahan yang berbeda pula dari mulai yang murah sampai yang berharga selangit. Beberapa jenis usaha dengan kategori pakaian misalnya, pakaian anak, pakaian gaul, kaos distro, pakaian muslim, pakaian renang, pakaian seragam, dan sebagainya.

Bisnis pakaian termasuk hal yang patut untuk diperhitungkan, hanya saja bisnis pakaian memang selain gak ada habisnya, bisnis ini juga banyak pesaingnya. Tetapi sepanjang kita mempunyai “harga” dan kreativitas,

2.    Berbisnis Kategori Makanan

Siapa sih orang yang tidak memerlukan makanan? Siapapun orangnya, dari golongan apa, pasti memerlukan makanan? Bisnis makanan secara kasat mata pun dapat kita prediksi bahwa jenis usaha ini adalah usaha yang selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Kita bisa lihat dimanapun daerahnya warung makan atau restoran selalu ada.

Bisnis makanan akan lebih menguntungkan lagi jika bisa membuat kreatifitas dengan membuat menu yang segar dan disesuaikan dengan kondisi zaman. Jika anda ingin referensi, anda bisa melihat beberapa pengusaha yang sukses menjadi milyuner hanya dengan kreasi makanan yang sebetulnya makanan tersebut telah ada sejak dahulu. Misanya brownis, pisang molen, kripik, bubur ayam. Di Jawa Barat, makanan tersebut dengan sentuhan dan kreativitas mampu mendongkrak penghasilan dengan menjadi beribu kali lipat, sehingga makanan tersebut menjadikan pengusahanya menjadi seorang milyuner.

3.    Berbisnis Kategori Perumahan

Bisnis perumahan dimanapun pasti diminati mengingat kebutuhan akan tempat tinggal adalah salah satu kepentingan yang utama. Bahkan bisnis perumahan (property) hampir di setiap negara selalu menunjukkan peningkatan. Bisnis perumahan selalu menguntungkan sebab nilai jual tanah dan bangunan yang cenderung naik menjadikan bisnis kategori ini bisa menjadi pilihan bagi anda yang ingin terjun ke dunia usaha. Namun tetap pembelajaran dan modal menjadi mutlah harus anda kuasai Karena dibutuhkan keterampilan dan pengetahuan terutama dalam pengurusan surat-surat administrasi dan legalitas agar tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari. Umumnya orang yang terjun dalam bisnis ini adalah pengusaha yang telah sukses dalam usahanya yang lain lalu mengembangkan dalam sektor properti karena mempunyai modal yang cukup besar.

Itulah sobat beberapa kategori bisnis yang tidak ada matinya, anda bisa memilih dari kategori manakah yang akan dijadikan lapangan usaha anda. Tetapi tetap strategi, pengetahuan, dan pembelajaran dari proses bisnis harus anda pikirkan. Lakukan berbisnis dengan tanggung jawab yang tinggi, disiplin dan tentu saja tidak kenal menyerah. Salam bibisnis…

No comments:

Post a Comment