Tips Sukses Usaha Berbisnis Anak Sekolahan

Berbisnis Anak Sekolahan -- Tidak ada alasan bagi siapapun untuk memulai berbisnis, termasuk pelajar atau anak sekolah. Lihatlah orang Tiongkok, rata-rata berhasil dalam berbisnis karena memang sejak kecil mereka diajarkan bagaimana berbisnis. Keterampilan berbisnis tidak saja muncul secara tiba-tiba, tetapi ada proses dan pembelajaran sehingga menjadikan pebisnis sukses yang handal. Jika anda seorang siswa dan ingin mencoba untuk memulai bisnis, maka keputusan anda benar-benar hebat. Artinya, usia anda yang masih remaja merupakan modal yang sangat besar untuk meraih cita-cita anda. Tidak banyak anak di usia remaja yang telah memikirkan untuk menjadi seorang pebisnis. Memang banyak alasan mengapa kita ingin memulai bisnis: ada yang memang ingin mencoba berbisnis, karena kebutuhan ekonomi, ingin menerapkan ilmu yang dipelajari, dan banyak lagi. Tetapi marilah kita lupakan alasan mengapa anda ingin memulai bisnis sejak remaja. Jika ingin memulainya, mari kita berbicara bagaimana memulai bisnis. 

Berbisnis dengan Tidak Meninggalkan Tugas sebagai Anak Sekolahan


Jika anda telah berniat untuk memulai berbisnis, maka langkah yang harus segera anda lakukan adalah segera memulainya. Memulai bukan berarti langsung berjualan tanpa strategi tetapi memulai bisa dengan mencari dan membuat pertimbangan untuk segera merealisasikan bisnis anda. Yang harus diingat, adalah beradaan anda yang merupakan seorang anak sekolahan. Artinya, secara otomatis anda mempunyai modal pemasaran yaitu lingkungan sekolah. Coba anda renungkan dan pikirkan jika anda menjadi seorang anak sekolahan, apa yang dibutuhkan sebagaimana seorang pelajar sekolah?. Nah, jawaban itu tentu harus diselaraskan dengan kondisi anda, artinya sebagaimana kewajiban seorang pelajar adalah belajar. Jadi tugas anda adalah mencari peluang usaha yang memang tidak mengganggu belajar anda. Belajar adalah kewajiban yang utama, karena saya tidak merekomendasikan untuk berbisnis dengan meninggalkan tugas utama anda seorang pelajar. Mengapa? Sebab ilmu dari sekolah tersebut kelak akan menjadi modal utama untuk tujuan anda apakah menjadi seorang pebisnis ataupun professional lainnya. Tetapi, jika anda adalah seorang pelajar dan juga seorang pebisnis, maka anda adalah seorang yang luar biasa. 

Beberapa Tips Bisnis bagi Anak Sekolahan


Jika anda sulit untuk menentukan bisnis apa yang cocok untuk seorang anak sekolahan, ada baiknya mencoba bisnis berikut ini. 

1.    Menjadi Anak Sekolahan yang Jago Adsense

Adsense google adalah bisnis internet marketing dengan cara menjadi partner google dalam penayangan iklan. Bisnis adsesne sangat cocok bagi anda yang merupakan anak sekolahan. Mengapa? Karena modal utama dalam berbisnis adsense adalah keterampilan anda dalam menulis artikel. Ya istilah kerennya, belajar menulis, sambil mempromosikan, kemudian dapat uang. Alasan lain adsense direkomendasikan karena daya nalar dan daya serapnya seorang pelajar sangat baik dalam menyerap dan mengembangkan ilmu pengetahuan yang dipelajarinya, maka ilmu-ilmu tersebut alangkah baiknya jika diamalkan dengan cara dikaji dan dipublikasikan. 

Lalu bagaimana memulainya? Kata kunci untuk anda pelajari dari bisnis ini adalah Bloger, SEO, dan Adsense. Untuk itu pelajarilah semua teknis tentang ketiga kata kunci tersebut. Anda bisa mencarinya di internet banyak tutorial untuk menjadi pebisnis adsense yang sukses.

2.    Bisnis Arisan Buku di sekolah

Peluang bisnis yang kedua adalah arisan buku. Alasan dari bisnis ini untuk bisa anda pikirkan karena buku adalah kebutuhan anda sebagaimana seorang anak sekolah. Maka dengan berbisnis arisan buku, secara otomatis anda telah menanamkan kepada diri anda dan teman-teman betapa pentingnya sebuah buku. Kita bisa memulainya dengan membuat komunitas seperti komunitas pecinta buku, komunitas penulis remaja, komunitas pebisnis remaja, dan lain-lain. Komunitas tersebut tentu membutuhkan buku panduan, dan diskusi pengembangan dengan berbagai sumber bacaan. Dari peluang itu, anda bisa menjadi seorang pengelola binsis dengan cara arisan buku. Teknisnya sama dengan arisan pada umumnya. Hanya, saat ada pemenang dari arisan tersebut, dia akan memperoleh buku yang dia inginkan.

3.    Bisnis Jual Pulsa untuk teman sekolah

Tips usaha bisnis yang terakhir adalah menjual pulsa. Melihat fenomena zaman saat ini rasanya semua siswa sekolah pasti mempunyai handphon untuk keperluan komunikasinya maka ini menjadi  peluang usaha anda, mengapa? Karena menjual pulsa sangat praktis dan tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Modal anda adalah handphon anda dan sedikit pulsa untuk ditransfer kepada teman anda. Selain itu pemasaran dari jual pulsa dilingkungan sekolah tentunya lebih mudah karena anda tinggal mempromosikan kepada teman anda perihal bisnis anda dengan cara ramah, dan lakukan pendekatan. Dalam hal ini anda harus menjadi seorang siswa yang supel dan pandai bergaul dengan teman-teman anda. Dalam sebuah sekolah umumnya mempunyai 400 siswa dari kelas satu sampai kelas tiga, ini tentu merupakan modal yang sangat bagus karena untuk menjaring konsumen dalam jumlah tersebut jika berbisnis di masyarakat umum tentu sangat sulit. Jadi, pertimbangkan hal tersebut.

Itulah beberapa Tips Usaha Berbisnis ala Anak Sekolahan yang bisa anda lakukan dengan prinsip tidak mengganggu sekolah anda sebagai mana kewajiban seorang pelajar yaitu menuntut ilmu. Semoga artikel ini menjadi inspirasi bisnis.

No comments:

Post a Comment