Manfaat Lelang atau Tender bagi Perusahaan Pemula

Manfaat Lelang Tender bagi Perusahaan Pemula-- Dalam menjalankan usahanya sebuah perusahaan biasanya melakukan berbagai upaya agar neraca penghasilannya senantiasa terus meningkat dari waktu ke waktu. Kunci-kunci pembuka keuntungan umumnya melalui pendapatan dari penjualan secara langsung (retail) dan tidak langsung. Perusahaan retail atau perusahaan yang mengutamakan penjualan secara langsung misalnya dengan menyediakan barang atau jasa dengan langsung menawarkan kepada konsumen. Jenis perusahaan ini bisanya mempunyai outlet, showroom, atau toko. Posisi perusahaan retail pun biasanya berdiri sebagai produsen, distributor, agen, ataupun pengecer.  Namun, dalam praktiknya dalam penjualan tersebut seringkali terkendala dengan kecepatan pendapatan, penyebabnya misalnya banyaknya karywan yang harus digaji, kondisi ekonomi yang tak menentu, daya beli  masyarakat yang kecil menyebabkan perusahaan susah untuk berkembang, bahkan bisa jadi mengalami kebangkrutan. Maka disinilah perlunya suatu penunjang dengan penjualan secara tidak langsung, salah satunya dengan mengikuti tender atau lelang barang dan jasa

Lelang atau tender adalah sistem jual beli yang dilakukan suatu pihak dengan cara mengundang vendor (penjual atau penyedia) untuk mempresentasikan harga dan kualitas yang dibutuhkan. Harga dan kualitas yang terbaiklan, nantinya yang akan menjadi pemenang. Lelang atau sistem tender sangat digemari terutama oleh perusahaan-perusahaan, mengingat jumlah nominal dan durasi kontrak dalam suatu lelang sangat besar dan bervariasi. 

Lalu siapa yang mengadakan lelang atau tender? Sebetulnya siapapun bisa mengadakan suatu lelang, namun umumnya penyedia lelang atau tender adalah pemerintah. Untuk mengadakan suatu lelang (jenis lelang tertentu), maka pihak lelang biasanya akan mengumumkan iklan lelang melalui berbagai media seperti Koran ataupun situs. 

Manfaat Lelang atau Tender bagi perusahaan Pemula


1.    Sistem Lelang atau tender sangat Efektif

Perbedaan penjualan pada umumnya (retail) dengan sistem lelang adalah dari segi keefektifan. Misalnya ada sebuah perusahaan yang akan mengadakan lelang Alat Tulis Kantor (ATK) sebesar 200 juta dengan kontrak satu tahun. Artinya jika perusahaan tersebut memenangkan tender, maka ia akan mendapatkan penjulan barang kepada instansi tersebut sebesar 200 juta setiap bulannya. Nah cukup menggiurkan bukan? Jika sebuah perusahaan mendapatkan tender seperti itu, sepertinya pendapatan perusahaan akan mengalir setiap bulannya. Bandingkan dengan penjualan secara langsung, untuk mendapatkan penjulan dengan nominal tersebut dibutuhkan energy yang sangat besar, kecuali bagi perusahaan yang memang sudah besar dan kuat, memang penjualan dengan nominal seperti itu sudah terbiasa.

2.    Tender Mendidik Tertib Administrasi

Dengan mengikuti tender atau lelang, maka suatu perusahaan diharuskan tertib administrasi, karena sayarat utama dari suatu lelang adalah legalitas perusahaan dan tertib administrasi terutama dalam hal perpajakan. Jika sebuah perusaan ingin membuka kran keuntungan dengan system tender, maka sebaiknya lengkapi dokumen legalitasnya dengan baik seperti akta perusahaan, domisili perusahaan, SIUP, TDP, IUP, NPWP dan lain-lain. Pastikan juga perusaan tersebut untuk selalu membayar dan lapor pajak karena Baik SPT bulanan maupun SPT tahunan selalu dijadikan persyaratan dalam sebuah tender. Jangan harap bisa mengikuti tender jika kita tidak tertib administrasi.

3.    Tender/lelang membuka Wawasan dan pengetahuan

Jika perusahaan kita akan mengikuti tender, maka kita harus siap untuk selalu memuka wawasan dan pengetahuan akan berbagai hal terutama yang berkaitan dengan informasi harga-harga. Untuk mendapatkan harga terbaik dalam suatu tender tentu tak semudah membalikkan telapak tangan. Asumsinya adalah kita akan bersaing dengan perusahaan peserta tender lainnya dengan harga termurah tapi berkualitas. Menentukan harga termurah dan berkualitas tetapi tetap mempunyai margin keuntungan itu adalah sesuatu yang sulit. Caranya adalah pelajari harga pasar, kemudian kita carilah beberapa penyedia barang dan jasa yang sekiranya bisa memberikan harga di bawah standar dengan kualitas terbaik, lalu perkuat komitmen kita dengan relasi tersebut.

Itulah beberapa manfaat lelang atau tender dari suatu barang atau jasa bagi perusahaan. Perusahaan yang maju adalah perusahaan yang selalu membuka pintu-pintu rezeki dan mampu beradaptasi, mampu memanfaatkan peluang untuk bisa mencapai kesuksesan, tentunya dengan cara yang halal, bersih dari upaya tindakan kotor seperti suap dan korupsi.

2 comments:

  1. jika menang lelang yg jelas ada penghasilan tetap sampai kontrak selesai yamas

    ReplyDelete
  2. betul sekali, harga murah dan berkualitas adalah modal nya... lebih mantap lagi itu bisa menutupi penjualan retail....

    ReplyDelete