Tips Usaha Rental Mobil Aman Menguntungkan

Tips Usaha Rental Mobil Aman Menguntungkan--  Rental mobil merupakan salah satu usaha yang saat ini menjadi alternatif bagi para pengguna Jasa kendaraan mobil. Orang memilih menyewa mobil umumnya beralasan ingin lebih nyaman dan santai. Sebab dengan menyewa, pengguna secara bebas bisa menentukan rute perjalanan layaknya mempunyai mobil sendiri. Konsumen Rental mobil umumnya adalah keluarga dan komunitas yang ingin melakukan perjalanan bersama-sama dengan tujuan tertentu misalnya rekreasi, mudik, wisata religi, dan sebagainya. Permintaan rental mobil pun jauh semakin tinggi manakala bertepatan dengan hari-hari tertentu misalnya weekand dan hari raya. Selain itu faktor harga juga menjadi pilihan mengingat jika dibandingkan dengan menggunakan kendaraan umum, harganya tidak jauh berbeda asal dengan asumsi penumpangnya cukup banyak. Dengan asumsi tersebut dapat dikatakan usaha ini sangat menguntungkan.

Bagi anda yang mempunyai beberapa jenis kendaran, tidak ada salahnya menjadi lebih produktif dengan menjadikan mobil anda sebagai sumber penghasilan. Bisa dibayangkan berapa penghasilan yang didapat jika setiap hari rental mobil yang kita jalankan mendapatkan order. 


Tips Usaha Rental Mobil Agar Aman dan Menguntungkan



1.    Asuransikan mobil yang dijadikan usaha rental

Sebelum memulai menjalankan bisnis sewa rental mobil, hal yang harus dilakukan adalah mengasuransikan kendaraan anda. Dengan adanya asuransi setidaknya kendaraan anda akan dicover jika terjadi sesuatu misalnya kehilangan, kerusakan, dan perampokan. Memang dengan diasuransikan berarti kita mengeluarkan biaya bulanan, tetapi itu jauh lebih aman dan menguntungkan daripada tidak sama sekali. Asuransikanlah kendaraan anda kepada perusahaan asuransi yang terpercaya.


2.    Buat paket harga rental mobil

Untuk lebih memudahkan dan guna meningkatkan keuntungan, ada baiknya dibuat menu harga berupa paket-paket, misalnya paket satu hari, tiga hari, satu minggu, satu bulan yang tentunya tak lupa untuk melampirkan perjanjian jika ada kerusakan, konsumen harus menanggung jika terjadi kerusakan atau kecacatan. Dengan begitu kehati-hati dalam menggunakan kendaraan rental mobil kita senantiasa dilakukan.


3.    Promosikan usaha rental mobil anda

Mulailah mempromosikan usaha rental mobil anda. Misalnya dengan memberitahu kenalan, saudara, atau teman yang akan melakukan perjalanan jauh. Keuntungan promosi kepada teman kita adalah sedikitnya ada rasa aman saat merentalkan mobil kita. Selain itu, anda juga bisa melakukan promosi melalui media sosial, diutamakan yang kita kenal terlebih dahulu. Jika ada konsumen, maka jangan lupa untuk meminta identitas penyewa untuk arsip. 


4.    Sediakan Paket Sopir untuk setiap rental mobil

Penting juga untuk menyediakan paket sopir dimana kita telah menyediakan rental yang lengkap dengan sopirnya tujuannya adalah untuk keamanan dan kontroling yang lebih aman. Sopir yang kita sediakan harus benar-benar professional dan mempunyai kecakapan dalam bersosialisasi. Sopir yang supel akan membuat konsumen menjadi lebih nyaman dan ada kecenderungan untuk menjadi pelanggan setia kita. Lengkapi pula sopir tersebut dengan nomor kontak yang penting seperti kepolisian, rumah sakit, angkutan derek dan lain-lain. Tujuannya apabila terjadi sesuatu, sopir bisa melakukan respon cepat sebagai upaya penanggulangan keamanan dari bisnis rental mobil kita.


5.    Cek Kendaraan Rental Mobil Berkala

Luangkan waktu untuk selalu mengecek kesehatan kendaraan. Lakukan service dan ganti onderdil dengan yang original supaya potensi yang menimbulkan kecelakaan dapat diminimalisir. Beberapa onderdil yang harus diperhatikan misalnya kualitas rem, ban, dan oli. Pengecekan dapat dilakukan saat setiap konsumen akan menggunakan dan mengembalikan kendaraan. Selain itu jangan lupa juga untuk melihat dan memperhatikan dokumen kendaraan yang berkaitan dengan pembayaran pajak atau perpanjangan, jangan sampai kendaraan yang kita disewakan berurusan dengan kepolisian.


6.    Lengkapi mobil rental anda dengan GPRS

Untuk lebih memudahkan dalam memonitoring kendaraan, sebaiknya lengkapi mobil rental kita dengan alat GPRS. GPRS sendiri adalah alat pendeteksi keberadaan kendaraan dengan berbasis online dimana cara kerjanya menggunakan satelit. Sebaiknya gunakan dua GPRS. Satu GPRS untuk monitor sopir dalam menentukan arah jalan, dan satu lagi untuk kontrol kendaraan dan kitalah yang memonitornya. Dengan begitu, setiap saat kita bisa mengetahui posisi kendaraan kita.

Itulah Tips Usaha Rental Mobil agar Aman dan Menguntungkan. Semoga tips ini menjadi acuan dan menjadi modal usaha rental mobil anda menjadi sukses. Mohon maaf jika ada kesalahan, anda bisa melengkapi artikel ini dengan cara berkomentar yang baik di kolom komentar.

1 comment:

  1. Semoga sukses dan jaya selalu usaha anda, salam.... maaf link-nya terhapus secara otomatis oleh sistem kami

    ReplyDelete