Tips Usaha Jualan Surabi Unik

Tips Usaha Jualan Surabi Unik-- Artikel ini saya tulis setelah kemarin sempat jalan-jalan dan menikmati jajanan surabi unik dan sempat ngobrol-ngobrol dengan pemilik warungnya. Menurutnya ia telah menjalankan bisnis surabi sudah cukup lama dan mungkin hampir sama dengan umur saya. Dari hasil jualan surabi, dengan tersenyum bangga ia telah bisa menyekolahkan anak-anaknya. Bisnis surabi meskipun kecil modalnya tetapi lumayan dari segi untung.
Tips Usaha Jualan Surabi Unik

Di tempat saya (Jawa Barat) banyak penjual surabi ditemukan baik di kampung-kampung atau pinggiran jalan kota. Umumnya mereka berjualan pada pagi hari ataupun malam hari. Surabi lebih enak dikonsumsi sebagai penyeimbang cuaca dingin sehingga jangan salah jika anda berkunjung ke kedai surabi banyak orang yang menikmati suasana pagi sambil jajan surabi. Dari hasil pengamatan pula ke beberapa daerah selain di Bandung, saya rasa penjual makanan surabi masih sangat jarang, dan mungkin sama sekali tidak ada. Sebagai contoh, saya berkunjung ke daerah Depok, saat itu ada sebuah warung surabi yang sedang dibangun. Saya tak melihat ada penjual surabi lain di sana selain warung tersebut yang tengah masa pembangunan. Beberapa hari setelah selesai dibangun, warung tersebut ternyata ramai dikunjungi dan surabinya laris manis. Bahkan sampai saat ini, menurut saudara saya warung itu semakin maju dan berkembang. 

Melihat konsep yang diterapkan oleh penjual surabi yang di kota Depok, dengan cepat saya melihat ada kemiripan dengan konsep yang ada di Bandung. Yakni suasana kafee lesehan tetapi tidak eksklusif sehingga menjadi daya tarik tersendiri. Tempat penjual surabi tidak terlalu luas tetapi cukup nyaman. Tidak ada kesan mahal dan memang tidak mahal. Sehingga tempat itu menjadi tongkrongan yang asyik untuk sekedar mengobrol sambil menimati surabi. Yang membuat saya menarik benang merah dengan surabi Bandung adalah dari segi menu. Menu surabinya di Depok mempunyai kemiripan dengan menyuguhkan aneka rasa yang dipadukan dengan bahan rasa seperi keju, strawbei, nangka, dan lain-lain. Dari sini saya dapat berkesimpulan bahwa memang bisnis surabi sangat menjanjikan.

Jika anda akan mencoba menjual surabi, maka langkah pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan pengamatan pasar, dan kecenderungan budaya masyarakat setempat untuk menentukan posisi warung. Warung surabi sangat cocok apabila dekat dengan fasilitas umum seperti sekolah SMA atau universitas. Tak perlu membeli lahan yang sangat mahal, di pinggir jalan juga jadi, asal tempatnya refresentatif dan nyaman. Selanjutnya adalah bereksperimen dengan resep. Anda bisa mencoba berbagai macam surabi yang ada. Ada baiknya cobalah membeli sampel dari beberapa warung surabi yang telah terkenal. Di Bandung, khususnya di jalan Setiabudhi ada banyak penjual surabi dengan rasa juara. Dengan demikian anda bisa mengetahui sejauhmana rasa surabi tersebut. Lebih baik lagi jika anda menemukan resep baru yang lebih mantap dan unik. Anda bisa membuka kedai surabi di tempat lain yang mungkin belum ada pesaing, dan menjanjikan.

Itu mungkin sobat tips yang bisa saya berikan, semoga menjadi inspirasi dan bisa membangkit semangat dalam berwirausaha. Jika ada pertanyaan atau tambahan silahkan kita berdiskusi melalui kolom komentar yang telah saya sediakan.

No comments:

Post a Comment