Tips Berjualan Jus Buah

Tips Berjualan Jus Buah: Bagi anda yang ingin membuka usaha jus buah, ada baiknya membaca artikel tips ini. Jus buah termasuk salah satu usaha yang saat ini sangat digemari. Salah satu alasan membeli jus buah adalah untuk kesehatan dan penyegaran. 

Alasan kesehatan, karena umumnya orang mempunyai tujuan tertentu guna menunjang kesehatannya, misalnya untuk kebugaran tubuh, menyembuhkan penyakit, terapi, termasuk kecantikan. Sebagaimana kita ketahui bahwa di dalah buah-buahan terkandung banyak zat-zat yang sangat berguna seperti vitamin, protein, dan sebagainya.


Alasan yang kedua yaitu penyegaran, dengan meminum jus buah akan membuat badan kita segar dan bersemangat. Untuk itu berikut merupakan tips untuk anda yang ingin menjadi penjual jus buah.

  1. Persiapkan modal untuk menyewa tempat, membeli buah, membeli peratan dan perlengkapan.
  2. Pilihlah tempat yang representatip dan nyaman. Utamakan di pinggir jalan utama yang paling bersih, mempunyai akses air yang cukup, dekat dengan sarana umum, misalnya universitas, SMA, SMP, perkantoran dan lain-lain. Pertimbangkan perilaku masyarakat setempat, umumnya yang membeli jusa adalah orang yang mengerti arti penting kesehatan, meskipun orang biasa pun banyak yang menyukai jus buah.
  3. Belilah jenis buah yang masih segar yang tidak terkontaminasi oleh pengawet. Saya sarankan untuk membeli jenis buah lokal, karena buah lokal tidak mempunyai banyak alasan memakai pengawet. Berbeda dengan buah impor yang memerlukan waktu pengiriman yang cukup lama, umumnya mereka memberi pengawet seperti memberi lapisan lilin pada kulitnya.
  4. Belilah jenis buah dipasar induk. Pasar induk adalah tempat datangnya barang/buah-buahan dari petani untuk disalurkan kepada para pedagang eceran atau toko-toko. Itu berarti buah-buahan masih segar, lalu simpanlah di lemari pendingin.
  5. Beli peralatan membuat jus seperti blender, rak penyimpan buah-buahan (rak diusahakan yang terbut dari kaca, untuk menujukkan kepada pembeli bahwa buah yang kita jual berkualitas), alat pengupas kulit buah, alat mencongkel (untuk jenis buah tertentu misalna nanas), cup plastic, alat press pengemas cup jus, sedotan, pelaralatan listrik, susu, gula, es batu yang berkualitas dan sebagainya.
  6. Buatlah daftar harga jus, agar menarik pergunakan software pembuat daftar menu.
  7. Buatlah daftar manfaat dari setiap buah yang dibuat jus, terutama manfaat dari segi kesehatan. Anda bisa membuatnya dalam sebuah x banner dan simpan di depan kedai anda agar pembaca bisa mempertimbangkan pilihan jenis buah yang sesuai dengan kebutuhan pengunjung.
  8. Buatlah papan promosi seperti dengan membuat spanduk yang ditempelkan didinding kedai anda dengan background buah-buahan yang segar. Sebaiknya gunakan spanduk yang berbahan dasar plexi dengan system digital printing untuk memaksimalkan kualitas gambar. Anda bisa membuatnya dengan menggunakan software corel draw atau photoshop.
Oke sobat itulah sedikit tips dalam berjualan jus buah. Semoga bermanfaat dan tetap bersemangat untuk berwirausaha.

No comments:

Post a Comment