Sektor Bisnis ini Beroperasi 24 jam

Untuk meningkatkan layanan dan produktivitas beberapa perusahaan sering melakukan kegiatan selama 24 jam. Banyak alasan perusahaan menerapkan sistem 24 jam. Ada yang berusaha di bidang produksi ada juga yang berusaha di sektor penjualan. Dalam penjualan layanan 24 jam termasuk layanan yang paling full. Lananan ini artinya pembeli dapat menghampiri kapanpun dan konsumen siap kapan saja menyediakan barang. 

Sementara di sektor produksi alasan utama menerapkan sistem 24 jam adalah untuk memaksimalkan hasil produksi. Karyawan yang bekerja di perusahaan yang menerapkan sistem full time biasanya terdiri dari beberapa ship tidak serta merta tidak ada istirahatnya, mereka bergiliran agar tetap bekerja sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan. 

Berikut merupakan beberapa sektor usaha yang sering menerapkan sistem 24 jam.

1.    Swalayan

Seiring dengan banyaknya saingan, kini para pengusaha swalayan banyak yang menerapkan layanan 24 jam. Fenomena tersebut sempat menjamur di berbagai tempat terutama di kawasan yang termasuk ramai oleh aktivitas malam. Aktivitas 24 jam memang diberlakukan bukan tanpa alasan, tetapi pengusaha biasanya sering menangkap peluang konsumen yang selalu kesulitan untuk membeli sesuatu di tengah malam. Tetapi layanan swalayan ini akhir-akhir ini banyak yang tidak beroperasi disebabkan banyaknya resiko terutama dari aksi perampokan. 

2.    Pom Bensin

Pom bensin adalah layanan penyediaan bahan bakar untuk kendaraan bermotor seperti jenis premium, pertamax dan solar. Aktivitas transfortasi yang selalu ramai membuat pom bensin menerapkan sistem 24 jam. Apa jadinya kalau pom bensin menerapkan jam kantor? Tentu sangat berbahaya mengingat kendaraan selalu setiap saat memerlukan bahan energi.

transporatasi beroperasi 24 jam

3.    ATM

ATM (Anjungan Tunai Mandiri) adalah layanan dari bank untuk bisa mengambil sejumlah uang dengan menggunakan kartu. Aktivitas ATM umumnya menerapakan sistem 24 jam untuk memenuhi kebutuhan dana konsumen yang tak terduga.

4.    Terminal

Terminal termasuk kawasan yang beroperasi selama 24 jam. Maka tak aneh jika di kawasan ini selalu ramai oleh pengunjung. Aktivitas di terminal bahkan bisa berubah semakin sibuk terutama di hari tertentu seperti menjelang mudik ataupun menjelang akhir minggu. 

5.    Pabrik

Umumnya pabrik besar biasanya menerapkan sistem kerja 24 jam hal tersebut bertujuan untuk mengefektifkan mesin pabrik agar selalu berproduksi. Hal ini bertujuan agar hasil maksimal dan biaya operasi menjadi murah. Jam kerja dibagi menjadi beberapa bagian seperti pagi sampai sore, Sore sampai tengah malam, dan tengah malam sampai pagi. Umumnya karyawan akan di rolling biasanya selama per minggu.

No comments:

Post a Comment