Pentingnya Asuransi Bagi Perusahaan

Pentingnya Asuransi Bagi Perusahaan-- Ada satu hal yang mungkin sering dilupakan oleh seorang pengusaha atau pebisnis dikala perusahaannya mengalami perkembangan. Ya adalah asuransi. Asuransi adalah sistem yang dibuat sebagai upaya untuk mengkover resiko yang terjadi dengan cara membayar sejumlah dana kepada perusahaan penyedia asuransi. 


Mengapa asuransi sangat penting?

Setiap perusahaan tentu ada yang namanya resiko baik atas ulah sendiri atau pun yang tidak disengaja. Jika ingin perusahaan kita tetap kokoh, maka segala sesuatu yang berhubungan dengan resiko harus diminimalisir dengan baik, termasuk dalam hal atas ketidaksengajaan. Resiko itulah dapat kita kover dengan adanya asuransi.Resiko yang ditanggung oleh perusahaan asuransi umumnya yang atas diluar kehendak seperti kebakaran, kecelakaan, kematian dan sebagainya.

Asuransi diibaratkan adalah tameng yang akan mengkover atas segala resiko yang mungkin akan terjadi di kemudian hari. Dengan adanya asuransi, beberapa hal yang terjadi diluar kehendak kita setidaknya mendapat jaminan dan penggantian. Asuransi diibaratkan seorang satpam yang selalu bertugas untuk mengamankan rumah kita. Memang tidak semuanya dapat dikover tetapi setidaknya banyak aset atau sumberdaya yang diminimalisir jika sesuatu terjadi di kemudian hari.

Apa yang harus dilakukan dengan Asuransi?

Ada banyak perusahaan asuransi yang menawarkan berbagai jenis asuransi mulai dari asuransi jiwa, kebakaran, kerusakan, kehilangan, dan sebagainya. Yang perlu kita lakukan adalah marilah kita pelajari berbagai bentuk asuransi agar kita benar-benar faham dengan sistem asuransi yang akan kita jalankan. Mempelajari asuransi sangat penting mengingat saat ini banyak pula perusahaan yang menawarkan asuransi yang ujung-ujungnya tidak sesuai dengan yang kita kehendaki.
(baca: Jenis-jenis Asuransi di Indonesia)

Setelah perusahaan anda mempercayaakan covered kepada perusahaan asuransi, maka selanjutnya adalah anda harus membayar premi (setoran yang harus dibayar setiap bulan) kepada perusahaan suransi. Apakah rugi membayar asuransi? Bagaimana jika tidak terjadi masalah dengan perusahaan ada? Maka anda sebetulnya tetap mempunyai keuntungan, sebab lebih baik tidak terjadi sesuatu daripada terjadi resiko yang membuat anda harus mengganti dengan asuransi. Sebagai contoh apabila seorang karyawan mengalami kecelakaan kerja, maka ia akan mendapat cover dengan adanya asuransi. Bagaimana jika tidak terjadi kecelakaan? Hal itu lebih untung lagi, karena anda mempunyai karyawan yang sehat dengan sumberdaya yang bisa anda manfaatkan. 

No comments:

Post a Comment