Memancing, antara Hobi dan Bisnis

Memancing, antara Hobi dan Bisnis--  Fenomena memancing akhir-akhir ini memang sedang ngetrend dan memiliki keunikan tersendiri. Aktivitas masyarakat yang sibuk membuat sebagian orang berusaha menenangkan diri dengan memancing. Menurut para pemancing mania, kegemaran memancing merupakan wujud dari pemenuhan kebutuhan akan ketenangan diri, sehingga aktivitas ini menjadi hobi tersendiri. Tak aneh jika kita melihat banyak sekali pemancing yang rela menghabiskan waktu dan materi untuk sekali mancing. Sebenarnya, kegiatan memancing tidak hanya di kolam pemancingan, banyak alternativ  yang  bisa dijadikan tempat memancing misalnya sungai, danau, ataupun laut. Bahkan memancing di laut mungkin akan memberikan sensasi petualangan tersendiri. Kita bisa melihatnya seperti tayangan di televisi, ya meskipun membutuhkan modal yang tidak sedikit. Tetapi jika anda memang mempunyai modal yang cukup tidak ada salahnya memancing di laut biar lebih joss!


Berbicara memancing, ada tiga unsur penting dalam aktivitas tersebut yakni pemancing, pengedia pemancingan, dan yang dipancing. Ketiga unsur tersebut tentu tak jauh dari lingkungan hobi dan bisnis.


Pertama, banyak alasan orang-orang rela berlama-lama duduk sambil memancing, selain hobi ternyata memancing juga dapat menjadi ajang sosialisasi antar sema pemancing.  Bagi pebisnis, mungkin memancing mempunyai tujuan tertentu misalnya menguatkan relasi bisnis, menggolkan tender, dan lain-lain. Nah bagi anda yang ingin memancing silahkan pilih tujuan dari memancing itu sendiri. Ada baiknya disamping menyalurkan hobi, ada tujuan yang lain yang sekiranya dapat memberikan masukan yang positif.


Kedua, bagi pengelola pancing jelas membuka arena pemancingan merupakan langkah bisnis yang sangat jitu. Sebab arena pancing termasuk salah satu lahan bisnis yang sangat menjanjikan. Dalam satu hari saja bisa mengeruk keuntungan jutaan rupiah, tentu saja jika ia mampu mempromosikan arenanya sehingga menjadi ramai dan meriah. Pemilik arena pancing bisanya menerapkan tarif per jam. Untuk menarik minat para pemancing, selain tempat lengkap dengan tempat duduk, dan saung agar tidak kepanasan, pemilik arena pancing biasanya membuat terobosan dengan berbagai cara supaya terkesan meriah seperti ditambah dengan alunan musik. Dengan begitu, pemancing betah berlama-lama.
Memancing, antara Hobi dan Bisnis


Ketiga yang dipancing tentu saja ikan, umumnya jenis ikan mas. Pemilik arena pemancingan biasanya menyediakan berbagai paket seperti kilo gebrus, dan Kilo angkat. Kilo angkat adalam model pembelian ikan dengan cara peserta memancing terlebih dahulu, kemudian diangkat dan dikilo. Harga itulah yang nanti harus dibayar oleh pemacing. Sementara kilo gebrus adalah adalah sistem pembelian dimana setiap anggota yang membeli ikan (misalnya perkilo) kemudian ikan dari peserta tersebut dilepaskan dan nanti siapa yang memancing ikan yang terbanyak dialah yang mendapatkan untung. Silahkan anda pilih yang mana.


Umumnya para pemancing tidak mempermasalahkan sistem arena pancing, mengingat tujuan utama dari mereka buka sekedar mendapatkan ikan tetapi lebih dari sekedar menyalurkan hobi, dan berkumpul bercengkrama dengan teman-teman. Pemancingan saat ini termasuk arena sosialisasi baik antar individu maupun grup seperti halnya perkumpulan-perkumpulan lainnya.

No comments:

Post a Comment