Melindungi Bisnis Online Anda dari Tukang Copas

Melindungi Bisnis Online Anda dari Tukang Copas-- Suksesnya bisnis online ditunjang oleh wesite yang sehat dan kaya akan ilmu pengetahuan. Website sebagai rumah atau tempat promosi produk, tentunya harus bersih dan tidak menimbulkan masalah dengan tidak melakukan menjiplak atau copas (copy paste). Kesehatan website itulah yang akan menjadikan pemenang di mesin pencari, terutama perusahaan bisnis online yang bergerak di bidang informasi berita dan pengetahuan. Beberapa contoh misalnya situs portal, yang mana kita ketahui sumber pengahasilannya dari kegiatan iklan online. 


Bagi perusahaan portal besar, menulis berpuluh artikel yang original tanpa copas bisa saja sangat mudah karena banyaknya staf pencari berita baik di lapangan maupun dari hasil analisis para pakar. Namun bagi pebisnis yang masih serba sendiri (misalnya bloger), membuat artikel tentu sangat menguras waktu dan pikiran. Mereka membangun websitenya dengan kerja keras dari nol dan mungkin menguras pikiran untuk bisa mengupdate artikel original setiap hari. Sementara membuat artikel yang original bukanlah sesuatu yang gampang perlu analisa dan mungkin ide-ide yang segar.
Dapat dibayangkan bagaimana kita memeras keringat untuk menulis artikel dan melakukan update konten setiap hari. Namun setelah itu, tulisan mereka dibajak dengan tidak bertanggung jawab. Celakanya tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab tersebut adalah tukang copas yang professional. Mereka menguasai SEO dan berbagai trik sehingga bisa saja artikel kita yang menjadi sumber penghasilan (adsense) tenggelam di search engine. Ini jelas mematikan usaha orang lain. Entah apa yang menjadi tujuan mereka?

Sebagaimana kita ketahui bahwa salah satu kesehatan dari sebuah website adalah dengan konten yang dibutuhkan, menarik, dan original, sehingga website kita disenangi oleh mesin pencari. Robot mesin pencari umumnya mencari artikel yang sehat bukan copas (copy paste). Namun kiranya saat ini kita sedikit agak lega, sebab telah tersedianya layanan guna menghancurkan tukang copas, misalnya dengan penggunaan Copyscape dan DMCA. Kedua layanan ini berguna untuk mencari dan menghukum tukang copas dari website kita. Layanan ini sangat membantu dalam mengusir para copas yang membandel. Untuk itu, kiranya apabila kita bergelut dalam bisnis online, mau tidak mau harus menguasai berbagai sumberdaya tidak hanya guna meningkatkan pengunjung ke website kita tapi juga melindunginya dari berbagai ancaman. Layanan Copyscape dan DMCA tebukti ampuh dalam menenggelamkan tukang pencuri konten. Semoga dengan adanya layanan tersebut tukang copas segera berpikir seribu kali dan artikel sebagai hasil karya intelektual senantiasa terlindungi.

Tukang Copas di Dunia Nyata

Sebenarnya tukang copas, tidak hanya terjadi di dunia online. Anehnya tukang copas umumnya dilakukan oleh orang yang berkecimpung di bidang pendidikan misalnya pelajar, mahasiswa dan mungkin saja para ahli (aksi plagiat profesional). Kita bisa melihat, banyak sekali oknum pelajar yang mengerjakan tugasnya dengan mengambil data dari internet dengan tidak mengindahkan kaidah penulisan yang benar. Untuk itu, mudah-mudahan hal ini menjadi perhatian pagi para guru dan dosen untuk senantiasa melek internet guna meluruskan anak didiknya dari aksi copas. Guru harus menjadi pelindung bagi anak didiknya dengan menerapkan disiplin diri untuk senantiasa menulis dan mengerjakan soal dengan kemampuan mereka. Internet hanyalah dijadikan sumber informasi, sumber inspirasi yang menyegarkan. Membuat pembaca menjadi lebih maju, mempunyai daya pikir positif, berjiwa terbuka sekaligus bertanggung jawab untuk senantiasa membuat karya sendiri dan selalu menghormati karya orang lain.

No comments:

Post a Comment