6 Langkah Memulai Bisnis Undangan Pernikahan

Langkah Memulai Bisnis Undangan Pernikahan-- Salah satu bisnis percetakan yang cukup menjanjikan adalah bisnis kartu undangan pernikahan. Bisnis Kartu Undangan atau jasa pembuatan kartu undangan termasuk bisnis yang unggul, mengingat hampir setiap minggu, selalu saja ada peluang dengan banyaknya terjadi pernikahan. Yang harus kita pahami bahwa orang yang akan menikah berarti ia telah siap untuk mengeluarkan uang, bisa dibilang pernikahan adalah pesta kebahagiaan, jadi umumnya orang yang akan menikah tidak terlalu mempermasalahkan harga, yang penting kepuasan mereka.

Keutangan yang lainnya dari bisnis undangan pernikahan adalah sifatnya yang tidak eceran. Besar kemungkinan dalam sekali order kita akan mendapatkan margin yang lumayan. Apalagi yang menikah orang yang tajir, maka keuntungan pun bisa dipastikan berlihat-lipat. Bisnis undangan cocok dilakukan dimana saja, tidak harus di pinggir jalan yang penting adalah kualitas dan kepuasan konsumen. Lalu apa yang harus dilakukan jika anda ingin memulai bisnis undangan pernikahan? Berikut kami berikan langkah-langkahnya.


1.    Pelajari bentuk undangan

Saat anda berniat untuk berbisnis undangan, maka langkah awal adalah kenali dan pelajari berbagai bentuk undangan. Anda bisa membuat kliasifikasi berdasarkan harga: murah, sedang, dan eksklusif. Undangan pernikahan umumnya tidak hanya berbentuk lembaran tetapi ada berbagai pemanis seperti adanya tulisan emboss, foil, ataupun potongan kertas yang bervariasi. Untuk yang lebih eksklusif biasanya berupa hard cover atau ada juga undangan yang memadukan antara produk cetakan dengan kerajinan tangan.  


2.    Pelajari teknik desain

Jika anda telah mengetahui berbagai jenis atau bentuk undangan, maka langkah selanjutnya adalah gunakan kemampuan anda terutama teknik desain. Diusahakan anda bisa mengimbangi bentuk undangan orang lain, selajutnya buatlah berbagai desain dengan khas anda tentunya harus lebih unik, bagus, elegan dan sebagainya. Intinya ada harus bisa mengalahkan pesaing-pesaing anda terutama dalam hal desain. Umumnya konsumen akan merasa senang apabila kita bisa merekayasa bahan yang diberikan oleh konsumen menjadi undangan yang bagus. Teknik desain yang sempuran akan menjadikan anda pemenang dalam persaingan bisnis ini.


3.    Buat Dummy (contoh undangan yang telah jadi, kalau bisa berbagai variasi undangan)

Setelah anda membuat desain, maka langkah selanjutnya adalah buat dummy undangan dan pajang ditempat yang strategis di toko anda. Membuat dummy undangan sangat penting sebagai katalog produk atau portofolio anda. Buatlah Dummy undangan dengan sebaik-baknya karena itulah yang nanti menjadi daya jual dan menunjukkan kualitas dari hasil produksi anda. 

(Baca Juga: Pentingnya Kualitas Jilid Buku)


4.    Buat promosi

Setelah anda membuat Dummy Undangan, maka selanjutnya adalah melakukan promosi. Promosi bisa dilakukan dengan pembuatan spanduk di depan toko anda, membuat kartu nama, membuat website, facebook, dan bekerja sama dengan salon atau WO (Wedding Organisation). Anda juga bisa melakukan promosi dari mulut ke mulut dengan cara memberitahu teman atau saudara yang akan menikah. Berikan potongan harga agar teman anda senang.

( Baca : Kiat Sukses Berbisnis Wedding Organizer)


5.    Pelajari jenis bahan

Mempelajari bahan sebenarnya harus dilakukan saat anda ingin berniat membuka usaha percetakan undangan. Ada banyak kertas yang biasa digunakan dari mulai gramasi yang kecil sampai yang tebal sekalipun. Umumnya undangan menggunakan kertas art cartoon atau mate paper tergantung kebutuhan. Selain mengenal bahan kertas, diharuskan juga mengetahui ukuran cetak dan ukuran potong. Ukuran kertas umumnya berupa plano kemudian dipotong-potong sesuai dengan ukuran cetak. Perhitungan yang salah dari pembelian bahan bisa saja menyebabkan pebisnis merugi. 


6.    Perkuat jaringan kepada pusat percetakan

Hal yang terakhir saat anda akan membuat usaha undangan pernikahan adalah memperkuat jaringan ke percetakan untuk proses cetak. Anda bisa bertanya seputar mesin cetak, teknis pewarnaan yang support dengan mesin cetak, dan beberapa ukuran mesin, plate  yang sesuai dengan ukuran cetakan. Menggunakan mesin cetak dan Plate cetak sangat mempengaruhi akan kualitas dan margin. Jika anda benar-benar menguasai berbagai mesin cetak, maka akan sangat terasa untung ruginya dari menggunakan salah satu mesin cetak. Pergunakan mesin cetak sesuai dengan kebutuhan dan budget anda sehingga usaha anda tidak merugi.

Itualah langkah-langkah dalam memulai bisnis undangan pernikahan. Selamat berjuang, selalu berusaha untuk belajar dan perkaya diri anda dengan pengetahuan baik dalam hal desain grafis, promosi dan tentunya dunia cetak mencetak.

No comments:

Post a Comment