Lahan Pemasaran Bisnis Bunga

Lahan Pemasaran Bisnis Bunga-- Bunga identik dengan kesan romantis dan cinta, itulah yang membuat bunga seringkali digunakan oleh sebagian orang dalam mengungkapkan perasaannya. Bunga tentu saja banyak manfaatnya tidak hanya sebatas itu, banya manfaat dari setangkai bunga baik jika ditanam di pekarangan ataupun dijadikan hiasan dalam interior rumah. Mengingat banyaknya manfaat dari setangkai bunga banyak wirausahawan yang menekuni bisnis bunga. Para pebisnis ini biasanya membudidayakan bunga di tempat yang berudara dingin dan tidak hanya sebatas bunga tapi biasanya dengan menjual aneka tanaman yang biasa ditanam di pekarangan atau taman-taman. Kendala yang biasa dialami dalam pebisnis ini adalah pemasaran. Untuk itu, berikut kami berikan beberapa lahan pemasaran dari bisnis bunga yang bisa dilakukan guna meningkatkan omset penjualan anda. 

Lahan Pemasaran Bisnis Bunga

a.    Developer Perumahan

Seperti yang kita ketahui developer adalah perusahaan yang membuat sebuah perumahan yang didalamnya memerlukan berbagai kebutuhan akan tanaman di taman-tamannya, salah satunya adalah bunga. Menanam bunga yang indah membuat perumahan tersebut akan menjadi daya tarik tersendiri. Anda bisa mengajukan kepada beberapa developer sebagai pemasok bunga dan kebutuhan tanaman hias lainnya. Jika anda mampu menggaet 5 depelover sebagai rekanan, maka dapat dipastikan keuntungan anda akan meningkat drastis.

b.    Wisudaan

Pada hari-hari tertentu, harga setangkai bunga akan melonjak. Pada hari wisudaan anda bisa menyebar beberapa marketing di setiap penjuru universitas. Keluarga atau orang spesial biasanya akan membeli bunga untuk wisudawan sebagai ungkapan cinta dan kebahagiaan akan kelulusan tersebut. Melihat peluang tersebut, ada baiknya jauh-jauh hari anda harus mempunyai daftar hari wisuda setiap universitas agar anda tidak kehilangan momen yang menguntungkan tersebut. 

c.    Sebagai Ungkapan

Keterampilan dalam menyusun bunga juga akan menjadi penghasilan yang lumayan dengan membuat cenderamata bunga sebagai ungkapan. Misalnya ungkapan rasa syukur atas kenaikan jabatan, opening hause, dan prestasi baik dari pribadi kepada pribadi, pribadi kepada instansi, ataupun antar semasa instansi. Selain itu, bunga juga sering dibuat untuk ungkapan rasa belasungkawa seperti adanya kematian. Rangkaian bunga sebagai ungkapan, biasanya dibuat dalam ukuran besar dengan membentuk nama dan ungkapan yang dihiasai seluruhnya oleh bunga. Cenderamata ini biasanya bertarif diatas rata-rata mengingat dibutuhkan keterampilan dan kreativitas dalam merangkai bunga.

d.    Hiasan interior rumah

Bagi penghobi bunga. Bunga juga menjadi lahan permintaan untuk menghiasi rumahnya dengan bunga-bunga. Bunga-bunga yang digunakan tentu saja jenis bunga yang sesuai dengan kesukaannya. Anda bisa menawaran berbagai katalog bunga kepada pemilik bunga melalui berbagai promosi seperti melalui brosur dan promosi online. Tidak menutup kemungkinan kelak akan banyak konsumen langganan anda, jadi perlakukanlah konsumen dengan berbagai diskon sebagai upaya untuk melanggengkan hubungan bisnis anda.   
 

e.    Wedding organizer

Langkah cerdas lainnya yang bisa kita lakukan dalam pemasaran bisnis bunga adalah dengan membuat kerjasama dengan wedding organistion (WO). Sebagaimana kita ketahui bahwa WO selalu membutuhkan bunga sebagai hiasan dalam resepsi pernikahan. Lakukan kerjasama dengan beberapa WO dan berikan diskon karena biasanya mereka memesan bunga secara paket terutama bagai WO yang sering menyelenggarakan pernikahan orang kaya. 

f.    Dipasarkan seperti biasa

Lankah terakhir adalah pemasaran seperti biasa yakni memasok kepada penjual bunga eceran atau pemasok ke pasar bunga. Pemasaran ini bisa dilakukan dengan anda sendiri ataupun menggunakan jasa marketing. Menjadi pemasok bunga untuk pasar bunga tentunya memiliki kelebihan dan kekuarangan. Kelebihannya adalah dapat memperpanjang pemasaran dihari-hari dimana tak ada order bunga dari pihak-pihak tertentu. Meskipun kebutuhan bunga tak sebanyak permintaan langsung, tetapi pemasaran ini tetap harus dilakukan. Sedangkan kelemahannya adalah anda harus memberikan diskon yang lumayan besar mengingat mereka juga memasarkan kembali dan tentunya ingin memiliki margin keuntungan.

Itulah Lahan Pemasaran Bisnis Bunga yang bisa diakukan bagi yang ingin menekuninya. Agar pendapatan anda lebih maksimal, mungkin disamping cara di atas, perlu pula berbagai teknik pemasaran yang lebih kreatif dan inoatif intinya adalah berusaha meningkatkan penjualan agar perkembangan usaha anda terus mengalami peningkatan. 

No comments:

Post a Comment