Kiat Bisnis Broker Marketing Properti Freelance

Kiat Bisnis Broker Marketing Properti Freelance-- Bisnis properti memang tak ada habisnya. Kita bisa melihat perkembangan investasi properti dari tahun ke tahun terus melonjak dengan cepat. Perkembangan bisnis properti terus meningkat hampir di seluruh dunia. Para developer seolah bersaing untuk mencari tempat stategis untuk menjadi bahan bisnis sehingga keuntungannya akan berlipat-lipat. Kebutuhan tempat tinggal yang nyaman, eksklusif, dan mewah menjadikan nilai investasi yang awalnya kecil menjadi berlipat-lipat setelah adannya promosi dan iklan dari sang developer. Pertanyaannya apakah dalam pemasaran property tersebut semudah membalikkan telapak tangan? Jawabannya tentu tidak. Dalam praktikknya, sebuah perusahaan developer membutuhkan banyak tenaga marketing agar bisnisnya cepat berkembang. Fenomena tersebut tentu harus dijadikan modal dasar bagi para broker atau marketing untuk menjadi partner dalam mencapai penjualan. 

Maka apa yang harus dilakukan oleh seorang broker atau marketing untuk menjadi partner dari sebuah perusahaan property? 


Kiat Bisnis Broker Marketing Properti freelance:


1.    Upgrade sumberdaya tentang bisnis broker atau marketing properti

Sebelum bergabung atau menjadi broker freelance dari sebuah perusahaan property sebaiknya pelajari terlebih dahulu hal-hal yang berkaitan dengan pengetahuan akan sebuah properti misalnya tentang status dokumen-dokumen, instansi berwenang yang berhubungan dengan perkembangan property, system kredit bank, denah, upaya jangka panjang, dan nilai investasi dari sebuah property. Penguasaan sumberdaya mutlak harus dimiliki bahkan diharuskan untuk selalau update informasi baik itu berupa kebijakan ataupun informasi secara umum. 

2.    Buat website Profesional broker properti anda

Untuk mendukung pemasaran, Broker dan marketing freelance diharuskan membuat website profesional. Gunakan niche property sebagai website domain agar pengunjung lebih mudah menemukan website kita. Broker atau marketing freelance sebenarnya harus bisa membuat dan developing website dengan sendiri, karena akan menghemat biaya. Namun bila anda tidak memiliki sumberdaya untuk membuat webite bisa mengunakan jasa pembuatan website. Tetapi langkah itu hanya akan banyak membuang dana. Maka seorang broker atau marketing properti diharuskan untuk mengerti dan mampu mengoperasikan website dengan baik. 

Website yang dibuat seharusnya jauh hari sebelumnya, hal tersebut untuk menaikan trafick  di beberapa search engine. Usia website di mesin pencari, misalnya google, sangat berpengaruh terhadap kekuatan kata kunci anda di dalam mesin pencari. Selain itu, guna mengalahkan pesaing anda, lakukanah update artikel minimal satu kali dalam sehari. Update yang dimaksud adalah memposting artikel baru bukan memperbaharui website atau mengedit artikel. Dengan begitu mesin google akan senang dan akan selalu merayapi website anda.

3.    Pelajari SEO, agar broker properti anda menjadi juara dalam marketing

Setelah membuat website dan update artikel lakukan optimasi dan selalu pelajari tentang teknik SEO. Teknik SEO sendiri adalah cara yang dilakukan webmaster untuk menjadi juara di mesin pencarian. Umumnya teknik seo ada dua macam yaitu seo onpage dan seo offpage. Seo onpage adalah teknik alam mengembangkan atau menyusun kata kunci dalam sebuah artikel sehingga menjadi mudah dirayapi mesin pencari google. Sementara seooffpage adalah cara untuk mendongkrak website dengan cara mencari backling atau link yang mengarah pada situs properti kita.

4.    Buat proposal kerjasama marketing broker properti

Jika website kita mampu bersaing dengan webste yang se-tema dengan kita, langkah selanjutnya adalah membuat proposal kerjasama. Proposal kerjasama tersebut diharuskan semenarik mungkin. Anda bisa menggunakan beberapa software desain agar proposal anda terlihat profesional. Ceritakan juga tentang keberadaan website kita dalam mesin pencari google. Kirimkan proposal tersebut ke beberapa perusahaan developer, jangan mau hanya bekerjasama dengan satu perusahaan, posisi anda adakah sebagai agen properti yang menampung banyak perusahaan properti kecuali jika ada perusahaan yang menawarkan kerjasama yang menarik, anda mungkin bisa berpikir ulang untung melakukan kerjasama dengan satu perusahaan. 

5.    Bantu dengan Promosi broker properti lainnya

Selain promosi dengan menggunakan website, anda juga bisa mengoptimalkan email dengan cara mengirimkan email kepada setiap orang yang sekiranya mampu untuk membeli sebuah properti gunakan webmail personal sehingga terkesan anda tidak mengirim spam. Selain email, anda juga bisa menggunakan berbagai media seperti brosur dan spanduk dengan menyisipkan no telp anda sehingga pembaca yang tertarik akan menghubungi anda. 

6.    Tingkatkan terus marketing penjualan  

Setelah ke-5 langkah di atas telah dilakukan. Sebaiknya yang harus anda lakukan adalah semakin gencar dalam melakukan promosi lainnya. Anda bisa dengan memakai berbagai jenis layanan iklan baik di surat kabar atau media elektronik lainnya. Tetapi jangan lupa website kita jangan sampai dilupakan justru harus terus diupdate. Lakukan terus dan seagresif mungkin. Disinilah anda akan diuji kegigihan anda dalam melakukan pemasaran karena dalam praktiknya tidaklah semudah yang kita kira, anda akan berhasil jika konsisten dan mempunyai loyalitas yang tinggi terhadap dunia properti.

Demikian Kiat Bisnis Broker atau Marketing Properti Freelance semoga bermanfaat dan bisa menjadikan usaha anda semakin maju dan menjadi jembatan anda dalam menuju kesuksesan karir anda. Selamat bergabung dalam dunia bisnis dan selamat bekerja. Mohon maaf jika artikel ini masih terdapat kekurangan, anda bisa menambahkan komentar jika dirasa masih terdapat kekurangan.

2 comments:

  1. Artikel yang sangat menarik. Terima kasih informasi yang sudah diberikan.
    Saya juga mempunyai link berita terkini yang mungkin bermanfaat.
    Silahkan kunjungi Warta Warga

    ReplyDelete
  2. Sama-sama Mas semoga sukses juga ya...

    ReplyDelete