Jenis-jenis Asuransi yang Cocok untuk Perusahaan


Jenis-jenis Asuransi yang Cocok untuk Perusahaan-- Untuk mendukung kinerja perusahaan, ada baiknya seorang pebisnis mempunyai pengetahuan akan jenis asuransi. (Baca: Pentingnya Asuransi bagi Perusahaan). Mempelajari asuransi sangat wajib agar tidak terjadi kesalahan atau ketidakpuasan saat terjadi claim (pembayaran asuransi), bahkan bisa saja terjadi kerugian dengan mengikuti asuransi yang tidak jelas keberadaannya. Ada baiknya anda mengetahui trek record, atau pengalaman perusahaan asuransi, jangan sampai tergoda dengan iming-iming dana yang besar. Oke berikut adalah beberapa jenis asuransi yang bisa dilakukan oleh pengusaha dalam mengelola sebuah perusahaan khususnya di Indonesia.

1.    Asusansi jiwa dan Kesehatan

Asuransi jiwa adalah asuransi yang menjamin penggantian jika ada pihak tertanggung meninggal dunia atau masa pensiun. Dengan adanya asuransi tersebut, maka pihak keluarga yang ditinggal berhak mendapatkan sejumlah dana. Sementara asuransi kesehatan adalah asuransi yang didapatkan jika berkaitan dengan masakah kesehatan. Karyawan yang sakit akan ditanggung oleh perusahaan asuransi dan bukan oleh perusahaan, selain karyawan asuransi ini juga menjamin kesehatan anggota karyawan seperti isti dan anak-anak.

2.    Asuransi Kerugian

Asuransi kebakaran adalah asuransi yang menjamin jika terjadi berbagai kerugian seperti kebakaran, gempa bumi, dan lain-lain. Anda bisa mempertimbangkan apakah perusahaan anda sangat rentan terjadi kebakaran, atau tempat usaha anda di daerah yang rentan dengan bencana alam. Beberapa perusahaan seperti pabrik kertas, kosmetik atau plastik sangat  dianjurkan untuk mengikuti asuransi ini.  

3.    Asuransi kehilangan

Asuransi kehilangan adalah asuransi yang menjadimin penggantian jika terjadi kehilangan. Perusahaan besar cenderung rentan terjadi kehilangan produk. Hal ini bisa terjadi karena ketidaksengajaan ataupun kehilangan akibat karyawan yang tidak bertanggung jawab. 

4.    Asuransi Kecelakaan

Asuransi kecelakaan adalah asuransi yang menjamin penggantian akibat adanya kecelakaan. Kerugian dari kecelakaan bisa terjadi dan berakibat terhadap karyawan ataupun terhadap barang perusahaan. Bagi perusahaan, asuransi ini sangat perlu diterapkan mengingat asuransi ini dapat meningkatkan loyalitas karyawan. Dengan adanya asuransi ini karyawan akan lebih optimal bekerja sebab setidaknya ada ketenangan daripada bekerja yang tidak menerapkan asuransi kecelakaan. 

Itulah beberapa asuransi yang bisa diikuti oleh perusahaan. Pebisnis bisa menyesuaikan jenis asuransi yang utama jika masih terkendala dengan masalah dana. Bagi perusahaan besar dan kuat, ada baiknya menerapkan semua asuransi tersebut sebagai upaya menjamin semua pihak. Perusahaan tidak hanya egois dengan mengamankan aset perusahaan sendiri, tetapi sang pengushan juga memerhatikan karywannya sebagai aset perusahaan. Perusahaan yang telah menerapkan asuransi adalah perusahaan profesional yang mengerti akan terjadinya resiko yang mungkin saja terjadi di kemudian hari.

No comments:

Post a Comment