Jajanan kampung Yang Melahirkan Jutawan


Jika berbicara Jajanan kampung, seringkali kita teringat akan sebuah nostalgia dengan masa kecil. Ya, saya sendiri hidup menghabiskan masa kecil di kampung, menghirup udara kampung dan yang pasti makan jajanan kampung. Ngomong-ngomong tentang jajanan kampung, saat ini banyak jajanan kampung yang tiba-tiba negetren dan menjadi primadona hingga menjadikan pebisnis jutawan.

Mengapa Jajanan Kampung sering menjadi makanan Pavorit?  Pertama, secara umum saya yakin, orang kaya yang sekarang hidup di ibukota hampir 90% berasal dari kampung. Coba bayangkan dalam setahun berapa juta orang kampung migrasi ke ibukota. Saat ini para pejabat, bos perusahaan, karyawan, dan penghuni ibu kota, saya yakin kebanyakan dari mereka punya cerita sendiri dari kampungnya, alias berasal dari kampung. Mungkin itulah yang menyebabkan jajanan kampung berikut ini menjadi laris manis.

Alasan yang kedua adalah makanan tersebut biasanya mengalami modifikasi baik secara resep maupun dalam hal penyajian. Ada kalanya pebisnis menambah suasana kampung, ada juga pebisnis yang memadukan dengan resep modern, atau resep barat sehingga menjadi rasa baru tetapi tetap tidak melenyapkan ciri khas kampungnya. Dengan begitu makanan tersebut mampu beradaptasi dan mungkin bisa mengalahkan makanan modern.

Berikut adalah contoh beberapa jajanan kampung yang menghasilkan pebisnis menjadi seorang jutawan.

1.    Keripik

Jajanan kampung pertama yang melahirkan jutawan adalah keripik. Keripik adalah jajanan kampung yang terbut dari bahan singkong atau ubi. Singkong dan ubi banyak tumbuh subur di negara kita yang notabenenya merupakan kawasan tropis. Orang tua zaman dulu membuat kripik dengan tujuan agar makanan itu bisa tahan lama. Setelah diolah, beberapa bagian ada yang langsung dikonsumsi dan sebagaian lagi disimpan untuk kebutuhan sewaktu-waktu: misalnya dijadikan suguhan ketika ada tamu, suguhan saat hari raya, dan lain-lain. 

Keripik, ini akhir-akhi ini menjadi primadona terutama setelah adanya inovasi rasa, seperti yang heboh di Bandung. Ciri khas rasa pedas dan berlevel membuat penasaran setiap orang terutama kaum remaja. Jika berkunjung ke Bandung jangan lupa membeli jajanan tersebut untuk oleh-oleh. Keripik sempat merajai aneka cemilan yang ada. Setelah itu, lahir pula lahirlah brand-brand keripik lainnya…

2.    Surabi

Siapa yang tak kenal dengan jajanan surabi. Makanan yang terbuat dari tepung tersebut kini menjadi incaran kaum remaja. Surabi tradisional biasanya berbentuk polos tanpa campuran apa-apa. Di beberapa daerah ada juga yang ditambah dengan oncom ataupun telor. 

Inovasi pun yang dibuat oleh anak-anak Bandung dengan membuat surabi aneka rasa: rasa keju, pisang, duren, dan lain-lain. Menu surabi pun dipadukan dengan menu lainnya yang berkesan jajanan masyarakat, tetapi ada kesan kafe-nya. Walhasil, tempat surabi ini ramai dikunjungi terutama saat menjelang liburan. Perpaduan rasa yang unik membuat nama surabi menjadi mengangkasa di dunia kuliner. Jika penasaran,  anda bisa berkunjung ke daerah Setiabudhi, Bandung. Di sana terdapat kafe-kafe yang menyediakan makanan khas surabi dengan harga yang relative murah, enak, dan sangat mengesankan.

3.    Bubur Ayam

Setiap pagi, seringkali kita melihat tukang bubur ayam yang mangkal. Ya, karena bubur ayam sangat erat kaitannya dengan sarapan pagi atau makanan orang sakit. Bubur ayam terbuat dari beras yang digodok sampai membentuk bubur kemudian diberi tambahan seperti ayam suir-suir, cakue, bumbu dan lain-lain. Terdapat beberapa khas bubur ayam misalnya bubur ayam khas Cirebon, Cianjur, Bandung dan lain-lain. 

Lagi-lagi bubur ayam mampu menjadikan sang pebisnis menjadi jutawan setelah adanya inovasi. Di Bandung terdapat bubur ayam yang unik, yaitu tidak tumpah meskipun piring bubur tersebut dibalikkan. Keunkan tersebut, membuat bubur tersebut menjadi buah bibir sehingga menjadikan nama bubur ayam melejit.

4.    Sate

Wah makanan ini tentu sudah tidak asing lagi di masyarakat Indonesia. Sebagaimana namanya, sate berbahan dasar daging yang diiris dan ditusuk-tusuk, kemudian dibakar. Umumnya daging yang disate adalah gading kambing, ayam dan sapi. Ada beberapa jenis sate yang khas di negeri ini. 

Umumnya pebisnis sate juga adalah seorang jutawan, karena hasil dari sate dalam sehari saja sudah mengeruk jutaan rupiah, apalagi sate yang sudah mempunyai nama. 

Itulah Beberapa jajanan kampung yang jika diolah dapat menghasilan jutaan rupiah. Bagi para pebisnis jangan remehkan jajanan kampong sebab terbukti jajanan kampung mampu bersaing dengan jajanan modern.

No comments:

Post a Comment