4 Investasi yang Sangat Aman dan Menguntungkan

4 Investasi yang Sangat Aman dan Menguntungkan-- Berbisnis tidak harus menjual produk barang atau jasa. Banyak peluang yang bisa kita ciptakan hingga memenuhi pundi-pundi kekayaan kita, salah satunya dengan investasi. Investasi termasuk salah satu strategi dalam meraih kesuksesan dalam melakukan kegiatan ekonomi anda. Tetapi anda harus hati-hati karena tidak semua jenis investasi aman untuk diikuti. Pelajarilah investasi, dan pilih investasi yang sekiranya aman dan menguntungkan. Konsep yang paling utama dalam berinvestasi adalah aman dan menguntungkan. Karena siapa yang mau berinvestasi jika tidak aman dan siapa pula yang mau investasi jika tidak menguntungkan.

Perlu pula kita cermati bahwa di kalangan masyarakat sempat beredar kasus investasi bodong yang membuat beberapa orang harus kehilangan sejumlah uang yang tidak sedikit. Biasanya para investor tersebut merasa tertarik dengan janji-janji dari system investasi yang menawarkan keuntungan yang sangat besar jika kita ikut melakukan investasi di perusahaannya. Maka patutlah kita waspada sehingga uang kita aman dan tetap menghasilkan.

Umumnya beberapa kasus penipuan investasi adalah karena ketidaktahuan dan ingin mendapatkan untuk dengan cepat sehingga bukannya untung, malah rugi yang didapat.

Bisnis investasi merupakan bisnis yang perlu kecermatan dan pengetahuan. Investasi yang menghasilkan uang dengan cepat umumnya mengandung resiko yang sangat besar yang bisa jadi menimbulkan kebangkrutan pada diri investor. Kecermatan akan pengelolaan uang yang tepat, dapat menjadikan keuntungan yang sangat besar bagi investor. 

Berikut merupakan investasi yang cenderung aman dan menguntungkan bagi masyarakat.

1.    Tanah

Sudah tahu kan bahwa nilai tanah cenderung naik, dari tahun ke tahun tanah tak pernah turun kecuali tanah yang terindikasi rawan bencana. Keuntungan dari investasi tanah memang cenderung lamban dan agak lama sebagai mana hukum investasi bahwa jika kenaikan nilai lama, maka nilai investasinya cenderung aman. Apakah tanah sangat aman? Rasanya tak ada sesuatu yang benar-benar aman, maka keamanan itu harus kita minimalisir misalnya dengan membeli tanah yang bersertifikat SHM (Sertifikat Hak Milik). Cek ke badan pertanahan jika benar, berarti anda bisa membeli tanah tersebut karena memang aman. 

Apakah ada cara agar nilai investasi ini cepat naik? Tentu saja ada. Berikut beberapa tips membeli investasi tanah agar nilai jualnya cepat naik.
  • Belilah tanah di lokasi yang strategis misalnya mempunyai akses bagus, sumber air bagus, dekat dengan pusat perkotaan dan pusat perdagangan.
  • Kalau bisa, belilah tanah yang dekat dengan akses jalan atau di depan jalan, tetapi jangan terlalu dekat ke jalan. Tanah yang strategis adalah tanah yang di dekat jalan tetapi mempunyai jarak yang sesuai dengan aturan pembangunan jalan sesuai dengan undang-undang (baca: Jarak Aman dalam Membangun Bangunan di Pinggir Jalan). Hal ini untuk menghindari penggusuran akibat pelebaran jalan.
  • Lakukan survei ke kelurahan atau ke dinas tata letak kota, dan temukan daerah yang termasuk rencana pembangunan. Misalnya rencana pembangunan jalan tol, pembangungan universitas dan fasilitas umum yang nantinya dapat meningkatkan investasi anda. Lalu belilah tanah di sekitar atau di tempat tersebut. Semisal, kita mempunyai pengetahuan akan rencana pemerintah bahwa akan ada rencana pemerintah untuk membuat jalan tol yang akan melalui hutan A, dan rencana tersebut benar-benar sudah ditandatangani oleh pemerintah. Maka langkah kita adalah membeli tanah yang sekiranya akan dijadikan jalur tol tersebut. Umumnya pihak desa akan mengetahui jalur patok tersebut, maka anda bisa bertanya kepada petugas desa. Tanah di hutan yang sangat murah itu akan menjadi naik berpuluh-puluh kali lipat hanya dalam waktu yang sangat singkat saat dibeli oleh pemerintah saat proses pengerjaan jalan tol dilaksanakan.

2.    Emas

Emas adalah logam mulia yang nilai tukarnya cenderung naik. Emas sangat layak bagi anda yang ingin menjadikan emas sebagai lahan investasi. Membeli emas selalau untung namun kenaikan dari investasi emas juga cenderung lambat, yakni membutuhkan waktu minimal satu tahun agar nilai investasinya bisa terasa oleh kita. Tetapi nilai tukar yang lambat tidak akan terasa karena emas-emas tersebut dapat dipergunakan sebagai perhiasan.

Apakah investasi emas  tidak ada resikonya? Emas tetap memiliki resiko, resiko pertama adalah jika kita menyimpannya di rumah atau sering dipakai, beresiko adanya tindak kejahatan seperti jambret atau maling. Langkah yang paling aman dalam melakukan investasi emas adalah dengan menyimpannya di bank.


3.    Deposito

Deposito termasuk investasi yang sangat aman. Deposito sendiri yaitu melakukan investasi dengan cara menyimpan uang di bank dan bisa dicairkan dengan tengat waktu yang telah ditentukan. Bunga investasi deposito sangat tinggi dan bisa menjadikan keuntungan saat kelak pencairan. Namun kelemahannya, anda tidak bisa mengabil uang tersebut jika belum waktu masa ambil. Jadi sebelum anda akan ikut melakukan bisnis investasi jenis ini, ada baiknya pelajari dan gunakan uang di luar kebutuhan sehari-hari (uang aman) sehingga kebutuhan hidup anda tidak terganggu.

4.    Kos-kosan atau kontrakan

Kos-kosan termasuk jenis investasi yang sangat aman dan nilainya cenderung naik. Bahkan resiko dari investasi ini sangat kecil. Hal yang membuat investasi ini sangat menuntungkan adalah adanya kombinasi investasi tanah dan usaha. Sehingga anda akan mempunyai keuntungan double dari bisnis investasi ini. Sebagaiman kita ketahui bahwa tanah pasti nilai jualnya akan selalu naik di samping itu anda juga mempunyai keuntungan dari penyewaan tempat kos. Belum lagi setiap tahun biaya kos-kosan dinaikkan pula. Investasi kos-kosan sangat menggiurkan bagi para pemilik modal untuk membuat investasi jenis ini. Bahkan beberapa selebriti pun sering melakukan investasi jenis ini. 

Apakah investasi ada kekurangannya? Ya, investasi jenis ini membutuhkan modal yang tidak sedikit. Bisnis kos-kosan biasanya dilakukan oleh juragan atau bos tanah mengingat sangat sulit mendapatkan tempat yang strategis dengan harga yang murah. Kos-kosan jika ingin menjanjikan adalah kos-kosan yang berlokasi di tempat yang strategis seperti dekat dengan universitas, sekolah, pabrik dan sarana umum lainnya. Tentu di daerah tersebut harga tanah juga akan melambung tinggi. Jadi bagi anda yang ingin melakukan investasi kos-kosan sebaiknya persiapkan modal yang cukup besar.

Itulah 4 dari investasi yang cenderung aman dan menguntungkan dilakukan oleh masyarakat. Namun tetap jika kita akan melakukan investasi, saran yang paling bijak adalah pelajari dan perhitungkan dengan masak sisi untung ruginya. Jika memang itu memang benar-benar menguntungan, silahkan anda lakukan investasi tersebut, tetapi jika tidak masuk logika anda maka sebaiknya jangan melakukan bisnis investasi. Semua keputusana ada di tangan anda sebagai pelaku bisnis.

No comments:

Post a Comment