Inspirasi di Pasar Kaget Gasibu, Bandung

Inspirasi di Pasar Kaget Gasibu, Bandung-- Siapapun pasti pernah berkunjung ke Pasa Kaget, bukan berarti pasar yang membuat kita kaget, tapi pasar kaget yang dimaksud adalah pasar yang hanya ada pada saat tertentu, misalnya hari Minggu seperti yang saya lihat pasar kaget Gasibu Bandung. Para pedagang pasar kaget umumnya memanfaatkan momen masyarakat untuk berolahraga sambil belanja. Maka letak dari pasar kaget misalnya selalu berdekatan dengan tempat-tempat untuk berolahraga seperti alun-alun kota, lapangan olahraga, dan sebagainya. Pasar kaget Gasibu terletak di sebrang lapangan gasibu, atau depan gedung Telkom. Jika di hari biasa, tempat tersebut adalah taman kota yang sering digunakan arena nongkrong anak muda.
Inspirasi Pasar Kaget Gasibu, Bandung


Pasar kaget Gasibu termasuk kawasan yang sangat representative, tempatnya luas dan bersih. Kawasan tersebut dikelilingi oleh beberapa gedung-gedung yang mempunya halaman cukup luas, sehingga banyak yang dimanfaatkan oleh tukang parkir sebagai tempat penitipan kendaraan terutama jenis kendaraan bermotor. Tetapi karena aktifitas masyakarat banyak yang lalau lalang antara lapangan olahraga dan pasar, maka di bagian jalan utama seringkali menyebabkan kemacetan. Jika anda akan bepergian di Minggu pagi sebaiknya jangan melewati kawasan tersebut jika tidak ingin terjebak macet.

Saat saya memasuki area pasar kaget, terdapat gapura yang terbuat dari balon besar yang di simpan di sisi kiri dan kanan. Jadi sekilas tampak ada dua gerbang saat akan memasuki kawasan. Meskipun begitu di bagian itupun sebenarnya telah banyak pedagang kaki lima yang mangkal. 

Memasuki kawasan, saya melihat banyak sekali berbagai kebutuhan dijual seperti pakaian, sandal, sepatu, makanan, sayuran dan lain-lain dengan harga yang murah. Menurut salah seorang penjual jeans, bahwa jika berdagang di sana jangan mentarif harga yang tinggi, karena kecenderungan orang yang datang membawa bekal seadanya. Menurutnya, hal ini guna mempertajam penjualan, sebab di pasar kaget penjualan sangat cepat laku asal syaratnya ya itu murah. Tentu para pedagang pun menyesuaikan mana yang ia jual di pasar kaget dan mana yang tidak.

Di pasar kaget, lapak penjualan berupa tenda-tenda terpal kecil, tetapi tidak semua pedagang di sana adalah pedagang kecil. Banyak para pedagang yang mempunyai toko sendiri ataupun yang biasa berjualan di mall ternyata menjual barang juga di pasar tersebut. Ada juga penjual yang biasanya online, di hari minggu ia pun berjualan offline. Jika anda ingin bekerja sama, maka pedagang tersebut sangat welcome, umumnya mereka menyetujui dan memang telah terbiasa jika ada pengunjung yang menawarkan reseller. 

Secara umum, penjual di pasar kaget terdiri dari 2 lapak. Lapak pertama berupa tenda yang seragang, mungkin berasal dari pengiklan, tetapi ada juga lapak yang terbuat dari terpal biasa dengan penyangga besi atau bamboo. Lapak-lapak tersebut awalnya gratis untuk umum yang berprinsif siapa yang terlebih dulu maka dia berhak jualan di tempat tersebut. Tetapi ketika saya berkunjung ke sana, tampaknya para pedang telah terbiasa menempati lapaknya masing-masing. Jadi jika anda ingin berjualan, maka harus mencari lapak yang belum pernah dipakai orang. Artinya anda harus melakukan survei untuk melihat apakah tempat tersebut memang belum dipakai. Saya sendiri kurang begitu tahu sistem penempatan di pasar tersebut secara jelas.

Pasar kaget Gasibu memang telah terkenal dan sangat ramai. Jika anda berkunjung ke daerah Bandung pada Minggu pagi hari, coba sisihkan waktu anda untuk sekedar belanja. Sebab hampir semua kebutuhan disana pasti tersedia. Selamat berbelanja…

No comments:

Post a Comment