Inspirasi Bisnis Sentra Usaha Sepatu Cibaduyut

Inspirasi Bisnis Sentra Usaha Sepatu Cibaduyut-- Rasanya, berbicara tentang sepatu, tak lengkap jika tidak menyertakan referensi sentra usaha sepatu di kawasan Cibaduyut. Untuk itu, saya berusaha menelusuri kawasan sepatu yang terkenal di Jawa Barat dan termasuk kawasan yang selalu ramai dikunjungi itu. Semoga artikel ini menjadi inspirasi bisnis yang ingin berkecimpung dalam bisnis sepatu, atau bagi penyuka koleksi sepatu mudah-mudahan menjadi alternatif daerah yang bisa anda kunjungi untuk sekedar berbelanja sepatu. 

Inspirasi Bisnis Sentra Usaha Sepatu Cibaduyut
Ilustrasi

Sebagai mana kita ketahui dalam dunia fashion, sepatu termasuk hal yang sering diperhatikan selain baju dan celana. Sepatu tidak hanya sebagai pelengap pakaian, tetapi bisa menjadi jati diri, cerminan diri atau mungkin bisa menambah kepercayaan saat berada dalam kondisi tertentu. Sepatu bahkan menjadi kelengkapan resmi dalam kehidupan seperti sepatu sekolah, sepatu kerja, dan sebagainya. Hal inilah yang membuat sebagian orang berusaha menjadikan sepatu sebagai lahan bisnis. Bagaimana tidak, jika kita bisa memainkan kualitas dan pemasaran, banyak orang yang menjadi jutawan karena sepatunya yang selalu diburu. Harganya pun bisa selangit. Intinya adalah sepatu termasuk lahan bisnis yang bisa memberikan inspirasi untuk menjadi sumber pendapatan kita.

Kawasan Cibaduyut termasuk daerah yang strategis, letaknya yang berdekatan dengan terminal Leuwi Panjang membuat kawasan ini mudah ditelusuri oleh pengunjung dari luar daerah Jawa ataupun dari mancanegara. Saking dengatnya dengan pusat terminal kota Bandung Lewi Panjang, jika anda akan memasuki Daerah Cibaduyut sebenarnya tidak perlu menggunakan angkutan umum, anda bisa menggunakan jasa becak, atau dengan jalan kaki saja, sebab hanya membutuhkan beberapa menit saja, maka anda akan melihat patung kebanggaan warga Cibaduyut. Ya patung sepasang sepatu sebagai pertanda memasuki kawasan sentra sepatu Cibaduyut.

Dari sanalah anda akan melihat kawasan pertokoan sepatu dengan beraneka ragam jenis sepatu dari berbagai merek dan ukuran, untuk berbagai usia baik wanita maupun pria. Anda layaknya sedang memasuki hutan sepatu mengingat begitu banyak jenis sepatu yang bisa anda temukan di kawasan ini. Deretan pertokoan memanjang kira-kira 1,5 kilometer berjejer dari mulai penjual emperan sampai kawasan mall lengkap sudah, semuanya memajang produk utamanya yaitu sepatu. Harga sepatu bervariasi dari yang paling murah sampai yang lumayan mahal terdapat di sana. Untuk yang termurah biasa berupa sepatu sekolah atau sandal. Sedangkan untuk yang agak mahal adalah jenis sepatu eksklusif. Semua bisa anda dapatkan baik secara eceran ataupun grosir. Jika anda ingin membuka usaha sepatu, atau reseller sepatu maka anda bisa mengajukan menjadi partner dalam menjual sepatu. Ramainya pengunjung yang ingin membeli sepatu, membuat kawasan Cibaduyut termasuk kawasan yang padat lalu lintas. Melihat banyaknya pengunjung juga bisa dipastikan pebisnis sepatu di kawasan ini dapat merup untung yang sangat besar.

Sepatu yang banyak menjadi sorotan sewaktu berkunjung ke sana adalah jenis sepatu kulit yang sering dipergunakan oleh orang kantoran, biasa disebut pantofel – termasuk saya. Saya sendiri sangat menyukai jenis sepatu ini untuk keperluan kerja. Dimata saya, sepatu pantofel ini terlihat elegan dan mempunyai daya tarik tersendiri. Warnanya hitam mengkilat terutama jika memakai semir akan menambah kepercayaan terutama saat berjalan. Sebagai pengguna sepatu pantofel, tentu sekilas pun saya mengetahui bahwa sepatu  dari kawasan Cibaduyut termasuk sepatu yang mempunyai kualitas yang tidak perlu diragukan lagi. Bahkan beberapa pembesar Negara pun banyak yang memesan dan menggunakan jenis sepatu dari kawasan ini.

Setelah berkeliling cukup lama dan menemukan beberapa sepatu kesukaan, akhirnya saya mengakhiri pejalanan yang mencerahkan ini. Saya sangat bahagia melihat perkembangan sepatu buatan anak negeri. Sepatu Cibaduyut menjadi kebanggan warga Bandung bahkan warga Indonesia. Saya juga sangat bahagia karena Indonesia mempunyai produk yang bisa bersaing dengan produk luar, mudah-mudahan pebisnis ini menjadi inspirasi kepada kita untuk terus berkarya memajukan bangsa dengan produk-produk yang berkualitas.

No comments:

Post a Comment