Cara Berbisnis Batagor plus Resepnya

Cara Berbisnis Batagor plus Resepnya-- Salah satu makanan kesuakaan saya adalah batagor. Penjual batagor sering kita jumpai dimanapun. Itulah menunjukkan batagor termasuk jajanan yang sangat digemari. Batagor sangat enak terutama jika dimakan panas, pastinya akan menambah selera mood anda, terutama jika anda sedang bekerja. Bagi saya, batagor adalah makanan yang sangat setia terutama saat membuat artikel, saking sukanya sampai-sampai saya bisa membuat sendiri, ya membuat resep sendiri. Anda ingin membuat batagor? Atau sekalian mau berbisnis batagor. Baiklah, akan saya berikan semua resep dan tips dalam memulai usaha anda, Ya inilah cara berbisnis batagor.



Inilah Cara Berbisnis Batagor plus Resep:

 

1.    Melihat Peluang untuk Bisnis Batagor

Saat akan melakukan bisnis, maka hal yang paling utama adalah melihat peluang yang menyangkut lingkungan dan tempat. Apakah dilingkungan tersebut cocok untuk berjualan? Misalnya dekat dengan penduduk yang ramai. Karena tidak semuanya penduduk bagus untuk berjualan yak kan? Buat apa berjualan tetapi kebanyakan komplek tersebut ditinggal pemiliknya. Pilihlah komplek atau kampung-kampung yang ramai. Selain itu, adanya bangunan fasilitas umum juga menunjukkan banyaknya aktivitas seperti sekolahan, unversitas, pasar dan lain-lain.

Peluang lain yang harus diketahui adalah nilai strategis. Sebaiknya pilihlah tempat yang dekat dengan pertigaan jalan, dan pilih juga alur jalan untuk pulang (Alur untuk pergi, biasanya orang belum berniat untuk jajan. Secara mental dia lebih menyiapkan diri untuk aktivitasnya). Jika anda telah mempunyai tempat yang strategis, maka anda bisa memulai untuk menyewanya, diusahakan yang ada aliran listrik dan pasokan air yang cukup.

Oke sudah siap? Jika anda telah yakin dengan peluang bisnis anda, maka selanjutnya adalah mempersiapkan untuk membeli barang.

2.    Barang yang harus dipersiapkan untuk bisnis batagor

Dalam memulai usaha batagor ada beberapa peralatan yang harus anda beli. Saya asumsikan anda akan berjualan dengan menggunakan gerobak. Maka peralatan yang pertama buat atau beli adalah gerobak. Modal yang biasa anda keluarkan untuk membeli gerobak di tempat saya sekitar 3 jutaan. Selanjutnya belilah peraltan lainnya yaitu kompor plus gas elpiji, baskom 3 buah, toples besar 2 buah, pemotong, dan bangku duduk pajang.
Berikut adalah estimasi harga
No    Barang    Estimasi Harga
1    Gerobak Full    Rp. 3.000.000
2.   Kompor            Rp.    300.000
3    Elpiji + slang    Rp.    120.000
4    Wajan                Rp.      50.000
4    Baskom             Rp.      20.000
5    Toples                Rp.      15.000
6    Pemotong            Rp.      10.000
7    Sendok               Rp.        2.000
8    Garpu                 Rp.        2.000

3.    Bahan dan Resep batagor

Dalam membuat batagor, anda harus membeli atau mempersiapkan bahan-bahan seperti terigu, tahu, bawang selengkapnya dalam tabel di bawah ini
Bahan utama:
Minyak Goreng   
Tepung Terigu
Tepung Sagu           
Tahu (rendam dalam garam agar berasa)           
Bawang Daun
Putih
Daging: Tongkol/ ikan lele/ebi  (pilih sesuai selera, dihaluskan)

Cara mebuat
Masukkan terigu dan sagu ke dalam baskom secukupnya. Masukkan tambahkan air secukupnya uleni sedikit demi sedikit, kemudian masukkan daging (anda pilih sesuai selera) bawang putih, bawang daun, sambil terus diuleni. Batas ulenan adalah dikira-kira, agar jangan terlalu lembek ataupun terlalu kental, yang penting bahan tersebut menempel ke dalam tahu.

Setelah adonan selesai selanjutnya ambil tahu, kemudian potong-potong sesuai dengan porsi jualan anda, iris bagian tengahnya. Setelah itu masukan adonan yang tadi dan sisipkan diirisan tahu tersebut.
Langkah selanjutnya adalah masukkan minyak goreng ke dalam wajan. Untuk mendapatkan hasil maksimal diusahakan minyak goreng berkualitas dan bisa merendam tahu goreng, sehingga hasilnya maksimal. Angkat jika sudah matang atau sedikit kering.

Bahan Bumbu
Kacang tanah       
Bawang Merah       
Bawang Putih       
Cabai
Air
Garam dan Gula Aren       
Penyedap
   
Cara membuat
Kacang tanah yang telah dikupas kulitnya dan bahan lainnya (kecuali garam, gula dan penyedap) dimasukkan kedalam wajan yang telah diisi dengan minyak. Gorenglah dengan api sedang dan oseng-oseng agar merata, lakukanlah sampai kacang tanah tersebut matang (tandanya agak kecoklatan, tetapi jangan sampai berlebih agar tidak bau gosong). Kemudian tumbuk sampai sedikit halus, anda juga bisa menggunakan blender dengan takaran tertentu. Setelah semua bahan bumbu dihaluskan, maka masukkan ke dalam wajan kembali, tetapi kali ini tidak memakai minyak (sedikit boleh lah). Selanjutnya masukkan air putih dan oseng-oseng. Masukkan gula dan garam secukupnya, tambah juga penyedap rasa agar rasanya maknyos. Angkat dan masukkan ke dalam toples.

Sajian
Potong-potong tahu yang telah digoreng tadi, kemudian potong kecil-kecil anda bisa menggunakan pemotong atau gunting dengan pegangan garpu, masukkan timun yang telah diiris kotak kecil, kemudian guyur dengan bumbu tadi, dan sajikan untuk pelanggan anda.

4. Promosi dalam bisnis batagor      

Selain itu, anda juga diharuskan melakukan promosi dengan cara membuat spanduk di depan gerobak anda, atau tempelkan di gerobak. Jangan lupa sisipkan nomor telpon, siapa tahu anda dapat orderan untuk sajian pernikahan. Lakukan juga promosi mulut ke mulut misalnya dengan membuat isu (menyuruh orang) agar selalu memuji dagangan anda. Biasanya dari promosi tersebut orang akan menjadi penasaran untuk membeli batagor anda

Oke sobat itulah cara berbisnis batagor, semoga menjadi inspirasi yang bermanfaat. Jika ada sesuatau kekuarangan mohon dikoreksi dengan membuat komentar di bawah ini tentunya dengan tidak meninggalkan spam…

No comments:

Post a Comment