Bisnis Yang Cocok Untuk Mahasiswa

Bibisnis kali ini akan membahas tentang bisnis yang cocok untuk mahasiswa. Seorang mahasiswa dituntut untuk bisa hidup mandiri, mengapa? Fase seorang menjadi mahasiswa sangat dekat dengan kelulusan. Artinya jika seorang mahasiswa lulus kuliah, maka ia akan berhadapan dengan dunia kerja atau wirausaha. Anda akan menjadi pegawai atau bisnismen? Itu pilihan anda.
Bisnis  Cocok Untuk Mahasiswa

Mahasiswa yang berpikir, akan senantiasa berusaha dan memahami apa yang harus dilakukan saat ia lulus nanti. Maka alangkah baiknya jika seorang mahasiswa mencoba untuk berusaha atau berbisnis meskipun hanya sebagai selingan saja. Intinya berusaha, mencoba agar mampu menjadi mandiri setidaknya untuk biaya kuliah secara mandiri. 

Baiklah berikut beberapa lahan bisnis yang sangat cocok untuk mahasiswa.

Translater

Bisnis tarslater atau menjadi translate bahasa sangat cocok dilakukan oleh mahasiswa. Mengingat kemampuan bahasa yang dimiliki seorang mahasiswa sangat baik, terutama bagi yang jurusan bahasa Inggris. Artikel bahasa Inggris  saat ini sangat dibutuhkan terutama bagi website dan bloger yang sedang memburu adsense. Bisnis transalater sangat cocok dilakukan oleh mahasiswa sebab selain mendapatkan keuntungan, anda juga menjadi lebih kaya akan pengetahuan. Dalam mentranslat sebuah artikel artinya anda membaca bahkan menganalisis dari isi artikel tersebut.

Desain grafis

Bisnis yang cocok untuk mahasiswa lainnya adalah desain grafis. Mahasiswa umumnya terbiasa dengan penguasaan software grafis. Bagi dunia percetakan dan penerbitan, kebutuhan akan desain sangat diperlukan, bahkan seringkali kekurangan sumberdaya. Melihat kebutuhan yang tinggi ada baiknya seorang mahasiswa memanfaatkan momen tersebut. Anda bisa menwarkan menjadi desainer dengan sistem freelance. Atau lahan lain adalah dengan membuat jasa desain yang diperuntukkan mahasiswa lagi. Banyaknya aktivitas kemahasiswaan mengenai kegiatan ektra kulikuler tentu membutuhkan promosi melalui poster, spanduk, baligho dan lain-lain, kebutuhan itulah harus dimanfaatkan sebagai lahan bisnis anda.


Penulis Buku

Bagi mahasiswa, perihal buku tentu sudah tidak asing. Mahasiswa senang membaca, berteori, bereksperimen, hingga mengerjakan tugas dari dosennya. Materi-materi yang biasa ia kerjakan sebaiknya disusun menjadi sebuah buku. Selanjutnya ajukanlah kepada penerbit untuk diterbitkan, jika berhasil tentu ia akan menjadi penulis dan mempunyai honor dari royaltinya. Menjadi penulis buku sangat cocok untuk dipertimbangkan sebagai bisnis anda.

Reseller

Selain bidang keilmuan dan jasa, anda juga sebagai mahasiswa bisa mencoba peluang usaha menjadi reseller. Reseller adalah menjualkan barang milik orang lain. Lingkungan kampus yang ramai, dan sosialisasi antar mahasiswa merupakan modal yang sangat bagus sebagai prospek bisnis anda. Jadi anda patut mencoba menjadi reseller siapa tahun bakat anda menjadikan diri sebagai marketing yang handal. Beberapa produk yang biasa di resellerkan misalnya kecantikan, sepatu, kue, camilan, baju, dan lain-lain.

Itulah salah satu bisnis yang cocok bagi mahsiswa, sebenarnya semua jenis usaha juga bisa dicoba. Hanya saja saya beranggapan bisnis tersebut cocok karena umumya berhubungan dengan keilmuan. Inti sebenarnya adalah mencoba sebelum terjun ke dunia usaha. Karena keaktifan dikampus biasanya menetukan saat ia terjun ke dunia bisnis. Mahasiswa yang biasa berbisnis di dunia kampus, biasanya tak ada kendala tatkala ia memasuki dunia kerja atau wirausaha.

No comments:

Post a Comment