Belajar Usaha dari Mang Bakso Cuanki

Pelajaran ini saya dapat dari si Mang Bakso Cuanki. Jadi gini, waktu itu entah mengapa cuaca panas banget, jadinya malas mengerjakan apapun. Malas ngetik, malas bikin desain, malas ngedit, pokoknya super malas. Pinginnya tuh ngadem sambil liat televisi  (pengangguran banget yah). Namun tiba-tiba ada suara “teng, teng, teng” dari depan rumah, nah kebetulan (pake bangeeet) ada si Mang Cuanki. Jajan ah….

Mang Beli!! Suaraku pasti terdengar oleh si Mang, sebab tak berapa lama dia pun menghampiri. Dengan tanpa dikomado si Mang lansung membuatkan semangkuk bakso. Iseng-seng, sambil nunggu bakso kelar, saya ngobrol dengannya. Ya seperti biasa dimulai dari pertanyaan asal daerah, walaupun sepintas juga saya tahu bahwa si Mang berasal dari daerah Jawa, karena denger logatnya yang medok itu. 

Mang Cuanki sebenarnya sering lewat dan saya juga sering beli, jadi sebenarnya sudah kenal walaupun hanya sebatas jual-beli saja. Berhubung lagi suntuk nulis artikel, jadi gak ada salahnya sambil jajan, ngobrol-ngobrol yang ujung-ujungnya dengan nada santai saya tanya dia. 
Saya: “Mang kalau dagang, biasanya sampai kapan sih”
Mang bakso; “ Ya sampai habis, gimana sih…he. Ya standarnya sih paling dari jam 11 sampai jam 3-an juga, udah habis. Banyak yang beli jam 12 an di SD, sisanya ya sambil pulang mas”
Saya : “Dasar... pinter juga bikin Ane oon. Wah Mang, lancar terus nih usahanya… bisa kaya nih”
Mang bakso: ”Ah biasa aja… sekarang malah lagi sepi penghasilan juga masih sedikit”
Saya : “Emang berapa Mang kira-kira seharinya?”
Mang Bakso “Ya sekarang cuma 40-50 an. Biasanya sih 70 sampai 100 lah. Bisa lebih dikit kalau lagi banyak rejekinya”
Saya: “O….” dalam hati busyet besar juga penghasilan si Mang Bakso Cuanki ini, kalau dikalikan dalam sebulan bisa menyamai penghasilan pegawai kantoran. Apalagi si Mang dagangannya kan di kampung bisa-bisa lebih besar dari UMR. Luar biasa nih si Mang

Pelajaran bagi saya:

Dari percakapan dengan si Mang Bakso Cuanki saya dapat mengambil hikmah bahwa apapun itu kalau dikerjakan dengan serius pasti akan mendatangkan untung. Bahwa kita harus yakin dengan apa yang kita kerjakan, kadang kita berpikir tolak ukur kesuksesan itu adalah punya ini dan itu dengan segudang prestasi dan menganggap pedagang kecil itu tidak sukes. Tapi ternyata kalau dipikir-pikir penghasilan si Mang Bakso Cuanki ternyata lebih gede daripada penghasilan saya. Mau tau? Gak ah malu…. hehe.

No comments:

Post a Comment