Aneka Kue yang Sedap di Bulan Ramadhan Plus Resepnya

Aneka Kue yang Sedap di Bulan Ramadhan Plus Resepnya-- Bulan puasa telah datang. Eit Gimana puasanya, kuat? Harus dong biar kita banyak pahalanya, puasa itu wajib maka selesaikanlah dengan sesempurna mungkin. Di bulan Ramadhan saatnya kita puasa, tapi saat berbuka puasa tidak ada salahnya kita memanjakan lidah ini dengan kue-kue yang sedap. Kue-kue tersebut akan semakin sedap jika disantap bersama keluarga, semakin menambah suasana Ramadhan. Nikmat yang diberikan Tuhan akan terasa lengkap sudah. Sebetulnya terdapat banyak jenis kue yang bisa disantap, tetapi untuk menyesuaikan dengan situasi Ramadhan maka tentu tidak semua kue bisa pool untuk disantap. Rasa kue yang cocok untuk disantap adalah kue-kue yang manis maklum sebagai pengganti energi kita yang hilang saat berpuasa. Oke berikut kami berikan beberapa kue yang sedap untuk disantap saat buka puasa Ramadhan, semoga resep ini menambah semarak bulan Ramadhan. Bagi anda yang ingin memanfaatkan momen puasa sambil berbisnis, semoga resep ini bisa bermanfaat.

1. Colenak

Colenak makanan khas Jawa Barat ini sangat cocok untuk disajikan dalam berbuka puasa. Bahan dasarnya singkong tape membuat kue ini sangat gampang untuk dibuat. Jika anda ingin selera makanan dengan sistem cocol (celup), ada baiknya anda mempertimbangkan untuk membuat kue ini dijamin keluarga anda akan menyambut dengan gembira. Berikut Resep dari colenak

Bahan:
500 gr tape singkong
10 buah pisang kepok
200 gr kelapa muda (degan, diserut)

Bahan kuah atau saus:
100 gram gula merah disisir halus
200 ml air
1 sendok makan tepung sagu
1 sdt  garam

Cara membuat:
Pertama-tama yang harus anda lakukan adalah bakarlah tape singkong dan pisang kepok hingga setengah matang. Penggunaan bara api diusahakan jangan terlalu besar, kemudian memarkan. Setelah itu bakar kembali sampai kecoklatan. 

Untuk membuat sausnya rebus gula merah bersama air, masukkan tepung sagu beri sedikit garam. Rebus sampai mendidih kemudian tiriskan. Sajikan tape bakar, pisang bakar, dan kelapa muda degan dalam piring yang lumayan besar, siramlah dengan saus atau kuah. Sajikan untuk lima porsi

2. Bika ambon

Siapa sih yang tidak kenal bika ambon. Kue yang satu ini memang sudah familiar di nusantara sebagai aset kuliner yang peru dilestarikan. Bika ambon berasa manis ini mempunya ciri khas terutama teksturnya yang serupa rongga-rongga kecil sedikit kenal sangat pas untuk disantap bersama-sama dan memang kue ini sering disajikan dalam acara hajatan. Namun saat buka puasa pun makanan ini sangat cocok untuk disajikan. Berikut resepnya.

Bahan adonan 1
10 gr ragi instan
15 gam gula pasir
10 gram tepung terigu
60 ml air

Bahan adonan 2
150 gram tepung sagu tapioka
250 gula pasir
5 butir kuning telur
2 butir telur
300 mil santan kental
½ sdt kulit jeruk purut diparut
Vanili secukupnya
Minyak goreng  untuk mengoles
Pewarna kue warna kuning

Cara membuat:
Campur gula pasir dengan air hingga gula larut, masukkan tepung terigu yang sudah diayak bersama ragi instan, lalu diaduk dengan rata, sisihkan. Kocoklah telur dan gula pasir (bahan dua) dengan mixer berkecepatan rendah sampai gula larut. Campuran adonan 1 dengan tepung sagu tapioka yang dilarutkan dengan santan yang direbus bersama garam dan daun pandan. Masukan ke dalam kocokan telur bersama pewarna kuning. Parutan kulit jeruk dan vanili aduk rata. Diamkan adonan selama 3 jam setelah itu tuangkan adonan ke dalam cetakan yang sudah diolesi minyak an dipanaskan. Panggang dalam oven hingga matang dengan api yang kecil dan pintu oven harus terbuka. Jika gelembung sudah berhenti pindahkan oven ke api besar. Untuk 20 potong.


3. Cucur

Kue cucur termasuk jajanan kesauaan waktu kecil. Kue ini berbentuk bundar, sekilas mirip UVO atau piring terbang bedanya UVO belum jelas kebenarannya, kalau kue cucur benar-benar jelas kelezatannya. Kue cucur umumnya berasa manis. Jika hari-hari biasa, makanan ini biasanya sering disantap setelah selesai bekerja baik di sawah atau dikebun. Jika anda ingin membuatnya,  resep kue cucur ini sangat gampang untuk dibuatnya. 

Bahan:
475 cc air
50 gr gula merah
100 gr gula pasir
300 gr tepung beras
50 gr tepung terigu 
Garam secukupnya

Cara Membuat:
Pertama-tama didihkan air di dalam wajan kemudian masukkan gula merah dan gula pasir, aduk hingga merata. Campurkan tepung beras dan tepung terigu aduk sampai licin dan rata sekitar 15 menit. Kemudian istirahatkan adonan selama satu jam.

Panaskah api, ambil adonan denan centong lalu masukkan ke dalam minyak panas dan goreng, siram-siram engan minyak hingga bagian pinggir berbentuk beriting. Tusuklah bagian tengah dengan lidi teruskan menggoreng hingga matang atau berwarna kecoklatan.

4. Martabak

Martabak termasuk kue yang sering diburu saat bulan Ramadhan. Rasa khasnya yang manis membuat kue ini sangat cocok untuk disantap saat buka. Jika anda tidak punya menu untuk buka puasa, ada baiknya mencoba menyisipkan kue martabak ini diantara menu berbuka lainnya. Sayangnya resep untuk martabak ini belum saya kuasai jadi tidak akan dipublish. Saya merekomendasikan untuk membelinya saja.

Itulah Aneka Kue yang Sedap di Bulan Ramadhan Plus Resepnya semoga nanti saat berbuka puasa anda merasakan kebahagiaan saat buka puasa.
  

No comments:

Post a Comment